fbpx

Yang Harus Kamu Tahu Tentang UGRAD AMINEF, Pertukaran Pelajar 1 Semester di Amerika Serikat

Halo, Kawan Rantau!

Kamu berminat untuk melakukan pertukaran pelajar? Yap, dewasa ini banyak sekali para pelajar serta mahasiswa yang melakukan pertukaran pelajar. Hal ini disebabkan oleh keinginan untuk menambah pengalaman baru di negeri orang. Nah, ada kabar baik nih buat kamu, karena American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF), memberikan kesempatan pertukaran pelajar melalui Global Undergraduate Exchange Program (UGRAD).

Apa itu Global Undergraduate Exchange Program?

anakrantau-ugrad-4.jpg
Sumber: english.cw.com.tw

Jadi, Anak Rantau, UGRAD merupakan program pertukaran pelajar selama satu semester di Amerika Serikat (AS).  Program ini hadir atas hasil pendanaan dari Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri AS dan diperuntukkan untuk mahasiswa S1/D4.

Tiap tahunnya, UGRAD memang hadir untuk memberikan kesempatan yang luar biasa bagi seluruh mahasiswa S1 di Indonesia. Tentunya, selain nantinya kamu bisa merasakan berkuliah di Negeri Paman Sam itu, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat, workshop, dan lainnya. Yang pasti, bisa jadi salah satu pengalaman yang enggak akan terlupakan, deh.

Memangnya apa saja sih yang didapat dari beasiswa ini?

anakrantau-ugrad-2.jpg
Sumber: jakartaglobe.com

Nah, kalau kamu diterima dalam program ini, kamu enggak perlu khawatir karena UGRAD termasuk ke dalam beasiswa penuh. Jadi, ada banyak sekali cakupan yang diberikan oleh beasiswa ini, mulai dari biaya perjalanan kamu dari Indonesia ke AS dan sebaliknya, uang perkuliahan, akomodasi—kamua dapat tinggal di asrama universitas yang kamu pilih, tunjangan bulanan, dan juga biaya buku.

Kalau kamu berminat mendaftar, kamu diwajibkan untuk memilih dua mata kuliah yang sama dengan jurusan yang kamu ambil di Indonesia, serta setidaknya satu mata kuliah yang berhubungan dengan kajian AS, seperti sejarah, sastra, seni, atau pemerintahan AS.

Lalu, apa saja persyaratannya?

anakrantau-ugrad-3
Sumber: reuters.tv

Pada dasarnya, tidak ada persyaratan yang sulit kok. Yang pasti, kamu harus merupakan warga negara Indonesia dengan usia lebih dari 18 tahun. Kemudian, kamu sedang menempuh studi di program S1/D4 setidaknya satu semester. Meski demikian, akan lebih baik apabila kamu mendaftar ketika kamu telah berada di semester ketiga atau kelima perkuliahanmu.

Tentunya, yang tak kalah penting adalah, kamu harus mampu menunjukkan potensi kepimpinan melalui prestasi akademik, pengabdian masyarakat, serta kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, kamu juga harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, yakni minimal nilai 500 itu TOEFL ITP atau TOEFL Prediction.

Karena ini merupakan program pertukaran pelajar, maka kamu diwajibkan untuk kembali segera setelah menyelesaikan program tersebut. Oh, ya, kalau kamu sama sekali belum pernah berkunjung ke Amerika Serikat, atau pergi ke luar negeri, maka kesempatan kamu akan menjadi lebih besar, lho!

Masih sempat enggak, sih?

Pendaftaran untuk program ini akan berakhir pada 31 Desember 2019. Yap, kamu masih punya waktu untuk mempersiapkan beberapa dokumen yang diperlukan, seperti surat rekomendasi, fotokopi KTP, serta transkrip akademikmu yang paling baru dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Nah, jadi bagaimana? Apakah kamu tertarik menambah ilmu ke Negeri Paman Sam? Yuk, segera persiapkan dokumen yang kamu butuhkan dan selamat mendaftar.


Ingin mengetahui cerita lain di Los Angeles?