fbpx

Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memutuskan Kuliah di India

Tiap tahunnya, ada lebih dari 30.000 pelajar internasional yang datang ke India. Hal ini menjadi menarik karena negara di Asia Selatan ini terus berbenah dalam hal pendidikan. Pada tahun 2018, sistem pendidikan India menduduki peringkat ke-26 menurut QS Higher Education System Strength Ranking. Jadi, berikut kami ulas hal-hal apa saja yang harus kamu tahu sebelum memutuskan untuk kuliah di India.

Hati-hati saat memilih universitas

Sumber: swarjyamag.com

Poin pertama ini tidak bermaksud menakut-nakutimu kok, Kawan Rantau. Akan tetapi, yang harus diketahui, seluruh sistem pendidikan perguruan tinggi di dunia diatur oleh agensi pusat, University Grants Commission (UGC). Kemudian, seluruh pendidikan teknis dan profesional di India diatur oleh All India Council for Technical Education (AICTE). Sedangkan, untuk pendidikan kedokteran akan diawasi langsung oleh Medical Council of India.

Dengan demikian, kamu harus memilih universitas yang memang sedang berafiliasi dengan agensi pusat tersebut. Apabila tidak, maka dikhawatirkan gelar yang kamu dapatkan tidak dapat diakui dari negara asalmu. Jadi, bagaimanapun, lakukan riset terlebih dahulu mengenai universitas tujuanmu di India.

Destinasi utama di India

Sumber: theconversation.com

Tentu institusi perguruan tinggi di India tersebar di semua bagian negara. Akan tetapi, kebanyakan para pelajar internasional terkumpul di kota-kota besar seperti New Delhi, Pune, Mumbai, Hyderabad, Kolkata, dan juga Bengalor.

Pune dan Bengalor menjadi destinasi utama para pelajar karena temperatur yang lebih bersahabat, merupakan kota metropolitan, dan kualitas pendidikannya yang mumpuni.

Makanan yang beragam dan melimpah

Sumber: anggitaagfianti.blogspot.com

Berhubung makanan-makanan di Indonesia hampir sama dengan di Indonesia, dalam hal berbumbu, maka seharusnya kamu tidak akan terlalu mendapat masalah. Apalagi, makanan-makanan di pinggir jalan juga dapat kamu temukan denan mudah.

Jadi, kamu tak perlu khawatir akan jenis makanan di negara yang satu ini. Lagipula, kapan lagi mencicipi makanan khas India yang pastinya jauh lebih murah daripada yang dijual di restoran India di Indonesia.

Bahasa

Sumber: worlscholarshipforum.com

Apabila kamu khawatir tidak dapat mengikuti perkuliahan dengan baik karena kendala bahasa, maka kamu harus bersyukur. Mengapa? Seluruh pendidikan di India menggunakan bahasa pengantar Inggris. Bahkan, untuk bidang teknik maupun kedokteran. Jadi, kamu tidak perlu khawatir terkendala bahasa. Kamu hanya perlu memperbagus kemampuan berbahasa Inggrismu.

Akan tetapi, ketika kamu berada di luar kampus, mempelejari bahasa lokal sehari-hari akan sangat berguna. Ingatlah, tak semua warga India mampu berbahasa Inggris.

Transportasi

Sumber: orientrailjourneys.com

Mari kita akui bahwa India termasuk negara yang luas. Maka dari itu, kamu harus mengetahui transportasi yang tepat untuk digunakan.

Hampir seluruh kota besar di India memiliki bandara lokal dan terhubung dengan Indian Rail Network. Jadi, kamu bisa memilih di antara kedua jenis transportasi tersebut. Kamu bisa membeli tiketnya secara langsung maupun daring.

Untuk transportasi dalam kampus, kamu bisa menggunakan sepeda. Akan tetapi, banyak juga mahasiswa yang menggunakan sepeda motor. Pilihan ini dapat kamu tanyakan ke pihak kampus untuk mengetahui aturan yang berlaku.

Rekomendasi universitas-universitas terbaik di India

IITB. Sumber: financial express.com

Untuk pilihan universitas terbaik di India, berikut universitas-universitas yang dapat kamu pilih:

  1. Indian Institute of Technology Bombay (IITB)
  2. Indian Institute of Science
  3. Indian Institute of Technology Madras (IITM)
  4. Indian Institute of Technology Delhi (IITD)
  5. Indian Institute of Technology Kharagpur (IIT-KGP)

Jadi, apakah kamu tertarik untuk kuliah di India, Kawan Rantau? Banyak sekali lho kesempatan yang terbuka untuk kuliah di negara ini. Apalagi, banyak juga beasiswa yang bisa kamu daftar, seperti beasiswa PhD yang merupakan hasil kerja sama India dan ASEAN.

Negara yang menarik, bukan?

For Your Information

Apa keistimewaan dari India?

Pada tahun 2018, sistem pendidikan India menduduki peringkat ke-26 menurut QS Higher Education System Strength Ranking.

Apakah saya harus menggunakan bahasa India untuk kuliah di India?

Tidak. Seluruh sistem pendidikan di India menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Apa hal yang harus saya ketahui sebelum memutuskan kuliah di India?

Kamu bisa membaca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Mumbai?