fbpx

Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Perkuliahan di Inggris di Tengah COVID-19

Dengan adanya pandemi COVID-19, maka ketidakpastian bagi para pelajar internasional terus hadir. Salah satu pertanyaan yang muncul adalah, apakah perkuliahan di Inggris akan tetap dimulai pada bulan September mendatang atau tidak. Hal ini menjadi salah satu perhatian bagi pelajar yang ingin kembali ke Inggris. Bahkan, bagi para pelajar yang baru memulai perkuliahannya tahun ini.

Masih terlalu dini untuk mengambil keputusan

Sumber: timeshighereducation.com

Well, pada dasarnya bagi kamu yang sedang atau akan melanjutkan perkuliahan di Inggris, masih terlalu dini bagimu untuk mengambil keputusan. Sekarang ini, pihak pemerintah Inggris terus mengawasi perkembangan dari situasi COVID-19 di negara mereka. Akan tetapi, sejumlah universitas telah mengumumkan bahwa perkuliahan tetap akan dimulai pada bulan September.

Meskipun demikian, bukan berarti keputusan universitas tersebut menjadi keputusan final. Pasalnya, pembukaan universitas kembali pada bulan September akan bergantung oleh banyak faktor, mulai dari tingkat penyebaran virus hingga kemungkinan adanya gelombang terbaru dari COVID-19.

Sejumlah universitas menunda awal perkuliahan

Sumber: anthonyseldon.co.uk

Meskipun ada sejumlah universitas yang akan menyelenggarakan kembali perkuliahan pada bulan September, ada juga yang menunda awal perkuliahan. Melalui surel resmi ke mahasiswa, University of Aberdeen mengumumkan bahwa mereka menunda awal perkuliahan untuk semester ke depan.

Anthony Seldon selaku Vice-chancellor di University of Buckingham menyatakan bahwa banyak pihak yan mengingkan suapaya tahun ajaran baru dimulai pada bulan Januari. Salah satu alasannya adalah, banyak pelajar internasional yang tidak bisa pergi ke Inggris atau mengikuti tes kecakapan Bahasa Inggris.

Akan tetapi, menurut Sheldon hal tersebut sepertinya tidak akan terjadi. Akan lebih baik apabila penundaan perkuliahan hanya sampai Oktober 2020. Bulan Oktober menjadi salah satu pilihan yang memungkinkan untuk sekarang ini.

Perkuliahan yang dimulai pada bulan September akan dilakukan secara daring

Sumber: thenational.ae

Berhubung ada sejumlah universitas yang akan tetap memulai perkuliahan pada bulan September, maka kemungkinan besar mereka akan melaksankan perkuliahan secara daring. Bagaimanapun, kebijakan lockdown dan larangan penerbangan masih diberlakukan di berbagai negara di dunia.

Salah satu universitas yang mengonfirmasi bahwa pelaksanaan perkuliahan di semester ke depan akan dilakukan secara daring adalah University of Menchester. Perkuliahan daring tersebut akan dimulai pada akhir September dan pihaknya sedang menyiapkan metode yang lebih baik untuk pelaksanaan perkuliahan daring.

Dengan demikian, jelas bahwa perkuliahan di Inggris akan dilaksanakan dalam dua pilihan. Pertama, betul-betul menunda awal perkuliahan hingga semester ke depan, dan kedua, perkuliahan akan tetap dimulai pada bulan September. Akan tetapi, pelaksanaan perkuliahan akan dilakukan melalui metode daring secara parsial atau bahkan sepenuhnya.

Baca juga negara-negara yang tetap siap menyambut kedatangan pelajar interasional.

For Your Information

Apakah perkuliahan di Inggris akan tetap dimulai pada bulan September 2020?

Well, ada sejumlah perbedaan pendapat, Kawan Rantau. Baca pembahasan lengkapnya di artikel ini.

Apakah COVID-19 berdampak pada tahun ajaran ke depan?

Tentu, Kawan Rantau. Banyak universitas yang menunda awal perkuliahan untuk tahun ajaran ke depan.

Ingin mengetahui cerita lain di Edinburgh?