fbpx

Vanier Canada Graduate Scholarship (CGS): Beasiswa PhD di Kanada

Vanier Canada Graduate Scholarship (Vanier CGS) merupakan skema beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Kanada sejak tahun 2008. Tujuan dari pemberian beasiswa ini adalah untuk memperkuat daya tarik Kanada bagi para mahasiswa doktoral kelas dunia. Kemudian, Kanada juga berupaya untuk menjadi salah satu pusat penelitian dan pendidikan tinggi global. Dengan demikian, berikut merupakan informasi lebih lanjut mengenai Vanier CGS, skema beasiswa PhD di Kanada.

Siapa yang bisa mendaftar?

Brock University. Sumber: brocku.ca

Untuk bisa mendaftar beasiswa Vanier CGS, maka kamu harus memenuhi sejumlah persyaratan yang ada. Pertama, yang harus kamu tahu, beasiswa Vanier ini terbuka bagi siapa saja, baik untuk warga negara Kanada maupun internasional. Jadi, kamu tetap bisa mendaftar.

Lalu, untuk bisa dipertimbangkan menjadi penerima Vanier CGS, maka kamu haruslah dinominasikan oleh salah satu institusi Kanada yang telah menerima kuota Vanier CGS. Sejumlah universitas yang memiliki kuota tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Brock University
  2. Carleton University
  3. McGill University
  4. McMaster University
  5. Simon Fraser University
  6. University of Toronto
  7. York University

Beasiswa Vanier ini terbuka untuk para mahasiswa yang pertama kali melanjutkan studi doktoral. Selain itu, penerima beasiswa juga tidak diperkenankan untuk mendapatkan beasiswa atau fellowship lainnya dari institusi lain.

Bagaimana proses pendaftaran yang ada?

York University. Sumber: glassdoor.co.in

Tentunya, proses pendaftaran beasiswa ini cukup kompleks. Berikut uraian mengenai proses pendaftaran untuk beasiswa Vanier CGS:

  1. Pendaftar menominasikan diri atau dinominasikan oleh institusi terpilih
  2. Pendaftar menyiapkan aplikasi pendaftaran dan menyerahkannya pada institusi terpilih. Tenggat waktu pendaftaran tergantung dari masing-masing institusi.
  3. Institusi terpilih melakukan proses seleksi internal.
  4. Institusi terpilih meneruskan rekomendasi pendaftaran kepada Sekretariat Vanier paling lambat 3 November 2020.
  5. Sekretariat Vanier meninjau ulang seluruh berkas pendaftaran yang diterima.
  6. Sekretariat memberikan rekomendasi kepada Tri-Agency Programs (TAP) Steering Committee.
  7. TAP Steering Committee memberikan keputusan akhir mengenai beasiswa Vanier CGS.
  8. Kandidat penerima diberitahu hasilnya pada April 2021

Sejumlah dokumen yang harus kamu siapkan untuk mendaftar beasiswa ini meliputi, borang pendaftaran Research Net (termasuk surat referensi), CV, dua lembar pernyataan kepemimpinan personal, dua surat referensi kepemimpinan, proposal penelitian, referensi proyek, transkrip nilai, serta linimasa studi doktoral.

Apabila kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai mekanisme pendaftaran beasiswa Vanier CGS di Kanada ini, maka lebih baik kamu menanyakan pihak universitasmu. Hal ini disebabkan tidak semua universitas mendapatkan kuota dari Vanier dan masing-masing universitas memiliki tenggat waktu internal masing-masing.

Setiap tahunnya, Vanier CGS menyediakan 166 beasiswa bagi siswa yang membutuhkan. Jumlah dana beasiswa yang diterima bisa mencapai $50.000 per tahun untuk tiga tahun. Menarik, bukan?

Baca juga Australian Research Council Discovery Project, beasiswa PhD di ANU, Australia.

For Your Information

Apa itu Vanier CGS?

Vanier Canada Graduate Scholarship (Vanier CGS) merupakan skema beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Kanada sejak tahun 2008. Tujuan dari pemberian beasiswa ini adalah untuk memperkuat daya tarik Kanada bagi para mahasiswa doktoral kelas dunia.

Siapa yang bisa mendaftar beasiswa Vanier CGS?

Beasiswa ini terbuka bagi warga Kanada dan juga mahasiswa internasional. Jadi, kamu sebagai orang Indonesia juga bisa mendaftar beasiswa ini, Kawan Rantau.

Bagaimana cara mendaftar beasiswa Vanier CGS?

Baca informasi lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Montreal?