fbpx

University of Texas Lakukan Kerja Sama dengan UAE University untuk Topik Luar Angkasa

Baru-baru ini, University of Texas at Austin melakukan kerja sama dengan National Space & Science Technology Centre dari United Arab Emirates (UAE) University untuk penelitian luar angkasa.

Kedua universitas tersebut berkomitmen untuk melakukan kerja sama di berbagai bidang, termasuk pemetaan puing-puing luar angkasa, observasi radio dan optik, observasi dan pengawasan objek astronomi sementara, pelacakan pesawat ruang angkasa, dan lainnya. Hal ini disampaikan langsung University of Texas.

Kemudian, pada dasarnya kerja sama tersebut direncanakan sebagai bentuk kontribusi dari dua universitas terhadap inisiatif United Nations Office of Outer Space Affairs’ (UNOOSA).

“Kamu telah meluncurkan eyesonthesky.org untuk menggarisbawahi masalah lingkungan selanjutnya yang mengancam kemanusiaan, yakni luar angkasa. Kami sangat senang dapat bermitra dengan NSSTC dari UAE University untuk bersama-sama menjalankan program ini,” ujar Moriba Jah, Associate Professor di bidang Aerospace Engineering and Engineering Mechanics.

‘Kami sedang mengembangkan domain digital kembar luar angkasa bernama ASTRIAGraph yang kami bagikan melalui kemitraan ini. Domain ini dapat memberikan dampak dalam penyampaian kebutuhan lebih dari sains dan teknologi.”

Tentang Centre for Space Research dari University of Texas

Kerja sama luar angkasa University of Texas dan UAE University
Sumber: insidehighered.com

Center for Space Research (CSR) merupakan pusat penelitian di University of Texas yang memiliki misi untuk merumuskan penelitian yang berhubungan dengan ilmu bumi, kelautan, dan eksplorasi luar angkasa.

Untuk penelitian luar angkasa sendiri, terdapat sejumlah topik khusus yang terlingkup di University of Texas, yakni sebagai berikut:

  1. Metode navigasi dan penentuan orbit lanjutan
  2. Pemodelan bidang gravitasi planet
  3. Eksplorasi bulan
  4. Eksplorasi Mars
  5. Eksplorasi planet terluar

Tentang National Space Science and Technology Center dari United Arab Emirates University

Kerja sama luar angkasa University of Texas dan UAE University
Sumber: glassdoor.com

National Space Science and Technology Center (NSTTC) merupakan pusat penelitian yang didirikan di bawah otoritas UAEU, Badan luar angkasa UAE, dan Telecommunication Regulatory Authority (ICT-Fund).

Pendirian dari pusat penelitian ini adalah untuk menyalurkan keinginan UAE dalam memperkuat peran dan kontribusi mereka dalam ilmu luar angkasa dan teknologi luar angkasa.

Fokus utama dari NSSTC adalah penelitian dan pengembangan, pendidikan tinggi, dan jangkauan masyarakat.

Kerja sama luar angkasa antara University of Texas dan UAE University ini menunjukkan bahwa pada dasarnya, dalam setiap penelitian pengetahuan, dibutuhkan berbagai sudut pandang untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga kemitraan yang demikian terus menjadi suatu hal yang normal di antara universitas-universitas dunia.

Baca juga alasan mengapa kerja sama universitas dengan industri menjadi sangat penting di Kawasan Asia.

For Your Information

Apa kerja sama yang dilakukan oleh University of Texas dan UAE University?

Kedua universitas tersebut melakukan kerja sama untuk penelitian luar angkasa.

Apa saja bentuk kerja sama yang dilakukan?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Dubai?