fbpx

Universiti Malaya: Universitas Terbaik di Malaysia untuk Jurusan Psikologi

Sekarang ini, jurusan psikologi telah menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati. Apalagi, berbagai bidang industri telah mulai menyadari pentingnya para lulusan jurusan ini. Kemudian, pada dasarnya bidang psikologi memiliki berbagai macam cabang, mulai dari psikologi klinis hingga sosial. Kali ini, kami akan membahas mengenai jurusan psikologi di Universiti Malaya. Berdasarkan pemeringkatan QS, UM berhasil menjadi universitas terbaik di Malaysia untuk jurusan psikologi.

Tentang jurusan psikologi di Universiti Malaya

Sumber: en.wikiedia.org

Ketika membicarakan jurusan psikologi terbaik di Malaysia, maka kita tidak bisa begitu saja mengabaikan keberadaan dari jurusan psikologi di Universiti Malaya. Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2020, psikologi UM berhasil menduduki peringkat ke 251-300 dunia. Hal ini mengantarkan psikologi UM menjadi jurusan psikologi satu-satunya yang masuk ke pemeringkatan ini.

Di Universiti Malaya sendiri, setidaknya ada dua jenis jurusan psikologi yang tersedia, yakni Psychological Medicine yang masuk ke dalam Fakultas Kedokteran dan Educational Psychology and Counselling yang masuk di Fakultas Pendidikan.

Tentang Psychological Medicine

Departemen Psychological Medicine dari FK UM telah berdiri sejak tahun 1965. Dengan demikian, departemen ini telah berdiri setelah satu tahun FK UM berdiri pada tahun 1964. Sebelumnya, departemen ini dipimpin oleh Profesor N.N. Wagner, ahli psikologi klinis dari Amerika Serikat. Profesor Tan Eng Seong merupakan psikiater Malaysia pertama yang memimpin departemen ini.

Pada dasarnya, tujuan utama dari departemen ini adalah untuk memfasilitasi pendidikan dari para pelajar sarjana untuk mampu mengenali dan mengobati kondisi psikiatrik dasar, menyediakan informasi dan penjelasan mendasar kepada pasien, dan memahami kondisi psikiatrik yang lebih kompleks.

Kemudian, para pelajar pascasarjana di departemen ini diharapkan menjadi seorang ahli psikiatri dengan kemampuan klinis yang mumpuni.

Selain menjadi institusi pengajaran, departemen psychological medicine dari UM juga menyediakan sejumlah layanan untuk melayani berbagai kondisi psikiatri. Hal ini termasuk depresi, gangguan tidur, gangguan kecemasan, gangguan anak dan pemuda, hingga adiksi obat-obatan. 

Yang pasti, departemen ini tidak hanya menjadi tempat belajar, tapi juga tempat layanan terbuka bagi masyarakat.

Tentang Educational Psychology and Counselling

Sumber: http://www.malaymail.com

Kalau departemen satu ini merupakan bagian dari Faculty of Education dari UM. Tujuan utama dari departemen ini adalah untuk memberikan pengetahuan, pelatihan, dan penelitian di bidang pendidikan dan konseling. Kabar baiknya, program-program yang ada di departemen ini terdiri dari semua tingkat, yakni tingkat sarjana, magister, maupun pascasarjana.

Program yang telah berdiri sejak tahun 1997 ini menawarkan dua jenis gelar, yakni Bachelor of Counselling dan Bachelor of Early Childhood. Para pelajar internasional banyak yang tertarik untuk menjalani studi ini, mulai dari China, Singapura, Indonesia, Iran, hingga Arab Saudi. Sampai sekarang, kedua program yang telah disebutkan telah menghasilkan lebih dari 500 lulusan.

Untuk program pascasarjana, departemen ini menawarkan lima jenis program. Kelima program tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Master of Early Childhood Education
  2. Master of Counselling
  3. Master of Education (Special Education)
  4. Master of Education (Measurement and Evaluation)
  5. Master of Education (Education Psychology)

Demikianlah informasi lengkap kami mengenai jurusan psikologi di Universiti Malaya. Sebagai universitas terbaik di Malaysia untuk jurusan psikologi, tentu Universiti Malaya terus mengembangkan diri dan memperbaiki kualitas pengajarannya. Jadi, tak ada salahnya apabila kamu memilih jurusan ini untuk melanjutkan studi kamu, Kawan Rantau.

Baca juga pembahasan mengenai jurusan rekreasi dan ekoturisme yang ada di Universiti Putra Malaysia.

For Your Information

Dimana jurusan psikologi di Malaysia berada?

Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2020, psikologi UM berhasil menduduki peringkat ke 251-300 dunia. Hal ini mengantarkan psikologi UM menjadi jurusan psikologi satu-satunya yang masuk ke pemeringkatan ini.

Apa saja bidang psikologi yang diajarkan di Universiti Malaya?

Sampai saat ini ada dua program utama, yakni psikologi klinis dan psikologi pendidikan.

Ingin mengetahui cerita lain di Kuala Lumpur?