fbpx

Universiti Malaya: Universitas dengan Jurusan Kedokteran Terbaik di Malaysia

Jurusan kedokteran masih menjadi primadona bagi para pelajar di bidang IPA. Tak heran apabila banyak juga pelajar yang ingin mempelajari jurusan kedokteran di luar negeri. Malaysia, sebagai negara tetangga, akhir-akhir ini terus menjadi negara alternatif para pelajar asal Indonesia. Maka dari itu, kami akan membahas secara lengkap mengenai Universiti Malaya yang notabene merupakan universitas dengan jurusan kedokteran terbaik di Malaysia.

Tentang Kedokteran Universiti Malaya

Univesiti Malaya, universitas dengan jurusan kedokteran terbaik di Malaysia

Pada dasarnya, terdapat berbagai pemeringkatan yang tersedia untuk mengukur kualitas dan reputasi dari satu jurusan. Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings 2020, jurusan kedokteran dari Universiti Malaya (UM) berhasil menduduki peringkat ke 101-150 dunia. Hal tersebut mengantarkan UM menjadi universitas dengan jurusan kedokteran terbaik di Malaysia.

Fakultas Kedokteran dari UM telah berdiri sejak tahun 1969. Telah ada lebih dari 6.000 dokter dan juga 5.000 ahli medis yang menjadi lulusan dari FK UM. Salah satu visi utama dari FK UM adalah menjadi penghubung antara pendidikan kedokteran dan juga sistem kesehatan terpadu di Malaysia. Maka dari itu, FK UM selalu berupaya untuk memperdalam pemahaman mengenai kedokteran serta mengembangkan penelitian di bidang tersebut.

Program yang ditawarkan

Di FK UM, kamu bisa menemukan sejumlah program, mulai dari program Sarjana hingga Pasca Sarjana. Berikut merupakan sejumlah program yang tersedia di universitas tersebut:

  1. Sarjana
    Medicine
    – Biomedical Science
    – Nursing
  2. Pascasarjana
    Clinical Master’s Degree
    – Programme by Coursework
    – Programme by Mix Mode
    – Programme by Research

Persyaratan pendaftaran

Univesiti Malaya, universitas dengan jurusan kedokteran terbaik di Malaysia
Sumber: govinsider.asia

Untuk bisa mendaftar di program Bachelor of Medicine and Bachelor of Surgery (MBSS), maka kamu harus mengikuti BioMedical Admissions Test (BMAT) terlebih dahulu. Tes satu ini merupakan tes tertulis yang berjalan selama 2 jam dengan tiga bagian berbeda. 

Pada dasarnya, tes ini digunakan untuk mengukur pemahaman kamu mengenai sains dan matematika, kemampuan memecahkan masalah, dan kemampuan mengomunikasikan gagasan dalam tulisan.

Kemudian, persyaratan lainnya yang harus kamu penuhi adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki nilai akhir sekolah menengah dengan rata-rata di atas 80%.
  2. Merupakan lulusan diploma dari institusi yang diakui dengan minimal IPK mencapai 3.00
  3. Memiliki nilai kecakapan berbahasa Inggris minimal 500 untuk TOEFL PBT, 173 (CBT), atau 60 (IBT). Untuk IELTS, kamu haruslah memiliki skor minimal 5.0-6.5.

Untuk persyaratan di Fakultas Kedokteran sendiri, kamu bisa menemukan persyaratan lengkapnya di tautan berikut ini.

Demikianlah informasi mengenai Universiti Malaya yang menawarkan jurusan kedokteran terbaik di Malaysia. Apabila kamu tertarik untuk melanjutkan studi di universitas satu ini, maka persiapkan terlebih dahulu dokumen-dokumen yang kamu butuhkan.

Baca juga informasi mengenai kehidupan mahasiswa kedokteran yang melingkupi kerja keras tanpa akhir.

For Your Information

Apa keistimewaan dari jurusan kedokteran Universiti Malaya?

Berdasarkan pemeringkatan QS, jurusan kedokteran dari Universiti Malaya berhasil menjadi jurusan kedokteran terbaik di Malaysia.

Apa saja program kedokteran yang ditawarkan di UM?

Beragam, Kawan Rantau. Kamu bisa menemukan program kedokteran, keperawatan, maupun ilmu biomedis.

Apa persyaratan untuk masuk program kedokteran di UM?

Jawaban selengkapnya ada di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Kuala Lumpur?