fbpx

Tak Perlu Jago Bahasa Belanda untuk Kuliah di University of Twente

Ketika memutuskan untuk kuliah di sejumlah negara di Eropa, kadang kali ada batu sandungan yang membuat pelajar internasional kebingungan, yakni tentang bahasa. Meskipun sudah ada universitas yang menawarkan program berbahasa Inggris, tidak semua program menawarkan hal tersebut. Nah, sejak 1 Januari 2020, University of Twente telah resmi menjadi universitas pertama di Belanda yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

Tentang University of Twente

University of Twente. Sumber: http://www.utwente.nl

Membicarakan universitas teknik di Belanda, maka kamu tidak akan bisa terlepas dari University of Twente (UT). Universitas yang terletak di Enschede, Belanda ini, tergabung dalam 4TU, perkumpulan universitas teknik di Belanda bersama dengan Delft University of Technology, Eindhoven University of Technology, dan Wageningen University and Research Center.

Dengan demikian, UT menjadi salah satu universitas teknik paling presitisius di Belanda.

UT dan bahasa Inggris

University of Twente

Sebagai universitas yang berada di Belanda, tak heran apabila bahasa resmi atau pengantar perkuliahan di UT menggunakan bahasa Belanda. Akan tetapi, terdapat kebijakan baru yang diterapkan oleh UT sejak 1 Januari 2020, yakni menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi dari UT.

Apa artinya? Dengan adanya kebijakan ini, maka seluruh pegawai dan juga pelajar di UT harus menggunakan bahasa Inggris di kampus. Seluruh perkuliahan dan dokumen resmi dari UT juga akan menggunakan bahasa Inggris.

Tujuan dari penggunaan bahasa Inggris ini adalah sebagai salah satu alat bagi UT untuk mewujudkan ambisinya dalam mejalin kerja sama di lingkungan internasional. Hanya ada pengecualian untuk dua mata kuliah yang diajarkan–yang masih menggunakan bahasa Belanda, yakni Technical Medicine dan Applied Physics.

Visi UT 2020

Sumber: incubase.com

Menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi merupakan salah satu bagian dari visi UT pada tahun 2020. UT menginginkan supaya lulusannya mampu menjadi warga dunia dan juga menawarkan lingkungan pembelajaran internasional.

Selain itu, salah satu tujuan dari UT adalah menarik minat dari para pelajar internasional untuk memilih UT sebagai universitas tujuan di Belanda. Memang ada kemungkinan bahwa sejumlah pegawai di UT akan mendapatkan kesulitan berbahasa, akan tetapi pihak UT telah menyediakan layanan dan juga pelatihan yang dibutuhkan.

Nah, jadi kalau kamu kamu ingin kuliah di Belanda tapi sama sekali buta dengan bahasa Belanda, kamu bisa memilih University of Twente untuk jadi universitas tujuanmu.

Kamu juga harus membaca alasan mengapa sebaiknya kamu belajar hukum di Belanda. Mungkin saja kamu berpikiran untuk melanjutkan studimu di sana, Kawan Rantau!

For Your Information

Apakah saya bisa kuliah di Belanda?

Bisa, Kawan Rantau. Ada banyak kesempatan bagimu untuk lanjut kuliah S1, S2, maupun S3 di Belanda.

Apakah saya harus bisa berbahasa Belanda bila berkuliah di Belanda?

Hal ini tergantung kebijakan dari masing-masing universitas. Ada universitas yang menyediakan program berbahasa Inggris untuk pelajar internasional.

Apa keistimewaan dari University of Twente?

Sejak 1 Januari 2020, University of Twente telah resmi menjadi universitas pertama di Belanda yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Dengan demikian, apabila kamu berkuliah di UT, kamu tak perlu jago bahasa Belanda. Informasi selengkapnya dapat kamu baca di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Enschede?