fbpx

Selamat Hari Perempuan Internasional! Berikut Jurusan Gender Terbaik di Dunia

Tanggal 8 Maret tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional. Hari ini ditujukan untuk merayakan pencapaian perempuan di bidang sosial, ekonomi, budaya, dan politik. Tentu, semangat kesetaraan gender terus digaungkan. Lalu, di manakah jurusan gender terbaik di dunia?

University of Sussex – Inggris

Jurusan gender terbaik - University of Sussex
Sumber: sussex.ac.uk

Sebagai universitas yang menaungi jurusan development studies terbaik di dunia, University of Sussex juga memberikan perhatian terhadap kajian gender. Gender telah menjadi salah satu unsur utama dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Sussex.

Kajian gender di University of Sussex akan berfokus pada gender, teori feminis dan queer, serta metodologi berbasis gender. Tentu, jurusan ini akan cocok bagi kamu yang ingin berkarir di mana isu gender memainkan peran penting.

Dengan berkuliah di jurusan ini, kamu akan mendapatkan pemahaman lebih lanjut mengenai berbagai topik, mulai dari pembentukan identitas dan konstruksi sosial akan gender, hingga aspek politik dari penelitian gender dan feminis.

Untuk masuk ke jurusan ini, setidaknya kamu harus memiliki latar belakang dari jurusan ilmu sosial atau humaniora. Meskipun jurusan lain juga dapat dipertimbangkan.

University of California, Berkeley – Amerika Serikat

Sumber: eastbaytimes.com

Kajian Gender dan Perempuan dari University of California, Berkeley menjadi salah satu jurusan gender terbaik di dunia. Dengan berkuliah di jurusan ini, kamu akan dikenalkan dengan analisis yang saling beririsan antara gender, perempuan, dan juga seksualitas.

Kemudian, kamu juga akan diajarkan untuk berfokus pada gender dan seksualitas sebagai kategori analisis dan pemahaman mengenai power dalam kehidupan sosial dan historis. Tentu, teori feminis menjadi salah satu dasar analisis dalam kajian ini.

Sejumlah topik yang akan dipelajari di jurusan ini adalah, feminisme di dunia transnasional, politik representasi, kajian ilmu feminis, gender dan tempat kerja, gender dan kesehatan, serta kebudayaan visual queer.

Australian National University – Australia

Jurusan gender terbaik - Australian National university
Sumber: anu.edu.au

Gender, Sexuality and Culture merupakan salah satu jurusan yang ditawarkan oleh ANU College of Arts and Social Sciences. Melalui jurusan ini, kamu akan diajak menyelami pengetahuan serta kemampuan interdisiplin untuk menganalisis gender, seksualitas, dan kategori lainnya berdasarkan perspektif kritis. Dengan demikian, kamu akan mampu melihat aspek kritis mengenai hubungan gender dan peran budaya dalam mempertahankan norma sosial

Di jurusan ini, kamu diharapkan mampu mengembangkan kapasitasmu dalam melihat masyarakat, identitas, dan budaya. Sejumlah pendekatan serta kerangka metodologis pun digunakan di jurusan ini, seperti teori feminis, teori queer, teori poskolonialisme, dan juga pos-strukturalisme.

Uppsala University – Swedia

Sumber: http://www.uu.se

Apakah kamu punya bayangan bagaimana jenis kelamin dan gender diteorisasi? Bagamana jenis kelamin atau gender bersinggungan dengan aspek lainnya dari power? Apa itu politik identitas dan mengapa gender termasuk ke dalamnya? Pertanyaan-pertanyaan itulah yang akan kamu bahas lebih lanjut di kajian gender, Uppsala University.

Mempelajari gender di Uppsala University, maka kamu akan secara kritis terikat dengan teori-teori jenis kelamin dan gender dan menggunakan penelitian feminis untuk menemukan jawabannya.

Sebagai kajian yang interdisiplin, kamu tidak hanya akan mempelajari gender dalam pakem tradisi ilmu sosial dan humaniora, tapi juga dari berbagai disiplin yang berkaitan. Jurusan yang satu ini akan sangat dekat dengan penelitian yang dilakukan oleh Centre for Gender Research dari Uppsala University.

Seoul National University University – Korea Selatan

Jurusan gender terbaik - Seoul National University
Sumber: hacinema.net

Kajian gender di Seoul National University telah ada sejak tahun 1999. Program ini ditujukan untuk memberikan pengajaran bagi para mahasiswa yang tertarik pada kajian gender serta ingin melakukan penelitian gender di Korea.

Dengan berkuliah di jurusan ini, kamu akan diajak memahami struktur dari hubungan sosial antara laki-laki dan perempuan serta mencari solusi atas isu-isu sosial yang menyebabkan diskriminasi dan marginalisasi perempuan di masyarakat.

Sejumlah topik yang dapat kamu teliti adalah, kebijakan perempuan, budaya, organisasi sosio-kultural di bidang seksualias, gender dan agamana, sejarah feminis, motherhood dan reproduksi, serta kajian maskulinitas.

Tentu pembahasan mengenai gender telah menjadi salah satu bahasan penting dalam ilmu sosial. Tak heran apabila kepedulian terhadap isu gender semakin meningkat. Banyak pula para mahasiswa yang ingin mempelajari isu ini lebih jauh.

Demikianlah daftar jurusan gender terbaik di dunia. Selamat hari perempuan internasional, Kawan Rantau. Semoga semangat kesetaraan gender terus hadir dan membuat dunia menjadi lebih baik ke depannya.

Kamu juga bisa membaca 5 universitas yang paling menghargai kesetaraan gender versi Times Higher Education dan rekomendasi buku gender untuk kamu yang memiliki minat terhadap isu ini.

For Your Information

Apa itu hari perempuan internasional?

Tanggal 8 Maret tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional. Hari ini ditujukan untuk merayakan pencapaian perempuan di bidang sosial, ekonomi, budaya, dan politik.

Di mana saya bisa kuliah gender?

Kamu bisa mempelajari gender di negara mana saja, Kawan Rantau. Mulai dari universitas di benua Eropa, Amerika, hingga Asia.

Di mana jurusan gender terbaik di dunia berada?

Kamu bisa membaca ulasan kami mengenai hal tersebut di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di California?