fbpx

Pilih 3 Universitas Ini untuk Kuliah MBA Paling Terjangkau di Asia

Mendapatkan gelar Master of Business Asministration (MBA) tentu merupakan hal yang sangat prestisius. Akan tetapi, tak dapat dipungkiri bahwa biaya kuliah MBA kadang kala membuat kantong meringis. Jadi, sebaiknya pilih 3 universitas ini kalau kamu ingin kuliah MBA dengan biaya yang cukup terjangkau di Asia.

Nanyang Business School, Nanyang Technological University (Singapura)

Salah satu sudut kampus NTU. Sumber: unsplash.com

Meskipun judulnya universitas teknik, ternyata NTU juga menawarkan salah satu program kuliah bisnis terbaik di Asia. Melalui Nanyang Business School, kamu bisa mendapatkan gelar MBA yang prestisius.

Biaya perkuliahan kuliah MBA di NTU ini cukup terjangkau. Untuk program selama 12 bulan, kamu diharuskan membayar USD $44.300. Nilai ini cukup rendah apabila dibandingkan dengan biaya perkuliahan yang harus kamu bayarkan di University of Chicago Booth School of Business yang akan merogoh kocekmu hingga USD $73.000 untuk kuliah MBA.

Indian Institute of Management Ahmedabad (India)

Indian Institute of Management Ahmedabad. Sumber: thewire.in

Indian Institute of Management Ahmedabad merupakan salah satu sekolah bisnis tertua dan tertinggi rankingnya di India. IIMA memang ditujukan untuk menjadi institut di bidang manajemen terbaik di India. Pada tahun 2008, IIMA berhasil menjadi sekolah manajemen pertama di India yang menerima akreditasi EQUIS (European Quality Improvement System) dari EFMD (European Foundation for Management Development).

Program MBA di universitas ini memasang tarif biaya perkuliahan kurang-lebih USD $33,000 untuk program berdurasi 12 bulan.

Hong Kong University of Science and Technology

Sumber: linkedin.com

Universitas muda lainnya yang menawarkan program MBA terbaik di Asia adalah Hong Kong University of Science and Tehcnology. Berhubung universitas ini berada di Hong Kong, maka kamu bisa merasakan langsung suasana bisnis di tempat terhubungnya budaya dan juga bisnis di Asia.

Memang, biaya yang kamu keluarkan untuk kuliah MBA di universitas ini lebih tinggi dibandingkan dua universitas sebelumnya, yakni mencapai USD $75,300.

Akan tetapi, apabila dibandingkan dengan biaya kuliah program MBA di universitas lainnya di Hong Kong, biaya kuliah MBA di Hong Kong University of Science and Tehcnology termasuk lebih rendah. Sejumlah universitas di Hong Kong mematok biaya hingga USD $295.000 untuk program MBA.

Itulah 3 universitas di Asia yang tawarkan kuliah MBA dengan biaya terjangkau. Bagaimanapun, biaya kuliah juga harus menjadi pertimbanganmu ketika memilih untuk kuliah di luar negeri. Tetap semangat ya, Kawan Rantau.

Kamu juga bisa membaca ulasan kami tentang sekolah bisnis terbaik di Asia, ada INSEAD dan juga NBS lho di dalamnya.

For Your Information

Apakah saya bisa kuliah MBA di luar negeri?

Tentu bisa. Ada banyak universitas di luar negeri yang menawarkan jurusan MBA terbaik, contohnya adalah di Nanyang Technological University (Singapura), Indian Institute of Management Ahmedabad (India), dan Hong Kong University of Science and Technology (Hong Kong).

Apakah kuliah MBA murah?

Tak dapat dipungkiri bahwa biaya untuk kuliah MBA cukup membuat kantong meringis. Akan tetapi, ada juga sejumlah universitas yang menawarkan biaya kuliah MBA yang cukup terjangkau dan relatif lebih murah dibanding sekolah bisnis lainnya.

Berapa biaya kuliah MBA di Asia?

Tengok artikel yang satu ini untuk tahu besarnya biaya yang harus kamu keluarkan untuk kuliah MBA.

Ingin mengetahui cerita lain di Hong Kong?