fbpx

Ontario Buka Universitas Berbahasa Perancis Pertama di Tahun 2021

Apabila kamu ingin berkuliah menggunakan bahasa Perancis tapi bukan di negeri Eiffel itu, maka kamu bisa memilih alternatif untuk kuliah di Kanada. Nah, kabar terbaru dari negeri tersebut, di tahun depan, Ontario akan memiliki universitas pertama berbahasa Perancis di Kanada.

Tentang Universite de l’Ontario francais

Sumber: onfr.tfo.org

Setelah kesepakatan tercapai antara pemerintah provinsi dan juga federal dari Toronto, akhirnya Universite de l’Ontario francais akan resmi menerima mahasiswa baru untuk September 2021.

Sejak September 2019, Pemerintah Kanada dan Ontario telah menandatangani Memorandum of Understanding mengenai komitmen mereka dalam mendirikan Universite de l’Ontario francais.

Universitas ini hadir menjadi universitas berbahasa Perancis di Ontario karena pada dasarnya dibutuhkan lebih dari 620,000 penutur bahasa Perancis di Ontario.

Dengan demikian, Universite de l’Ontario francais hadir untuk menguatkan komunitas penutur bahasa Peracis di Ontario. Selain itu, hal ini juga merupakan bagian dari investasi masa depan untuk terus mengembangkan masyarakat di Kanada.

Apa saja program yang ditawarkan?

Sumber: unsplash.com

Dilansir dari CIC News, Universitas ini akan mulai menerima pendaftaran murid baru pada April 2020. Sejumlah program pun ditawarkan, mulai dari human plurality, globalised economy, urban environment, dan juga digital culture.

Kemudian, program lainnya seperti manajemen, komunikasi, pekerja sosial, hukum, dan sosiologi, akan dibuka pada musim gugur dengan menggandeng sejumlah institusi mitra.

Selain itu, universitas ini pun telah mengupayakan berbagai kemitraan dengan institusi di Afrika, Asia, dan Eropa untuk menarik minat para pelajar internasional. Yaa, bukankah merupakan pengalaman yang unik ketika kamu kuliah menggunakan bahasa Perancis tapi bukan di Paris?

Bahasa Perancis dan Kanada

Sumber: Unsplash.com

Pendirian universitas ini memang bukanlah suatu hal yang mengherankan. Bagaimanapun, bahasa Perancis telah menjadi bahasa resmi kedua di Kanada. Berdasarkan hasil sensus pada tahun 2016, Ontario merupakan rumah bagi 622.415 penutur bahasa Perancis.

Selain itu, di tingkat nasional, ada setidaknya 10.4 juta orang di Kanada yang mampu berbahasa Perancis. Dengan demikian, adanya universitas ini menjadi satu hal yang penting bagi Kanada.

Kemudian, pada 31 Januari 2020, Universite de l’Ontario francais baru saja meluncurkan jurnal berbahasa Perancis bernama Enjeux et Societe. Jurnal ini merupakan hasil kerja sama Universite de l’Ontario francais bersama dengan Universite du Quebec a Trois-Rivieres. Pada jurnal ini, isu yang dibahas adalah isu-isu mayor di abada ke-21, seperti pluralitas dan lingkungan urban.

Peluncuran jurnal ini menjadi salah satu bentuk persiapan pembukaan Universite de l’Ontario francais secara resmi nantinya. Bagaimanapun, ilmu pengetahuan akan terus menjadi dasar utama dari Universite de l’Ontario francais.

Apakah kamu tertarik, Kawan Rantau, untuk berkuliah di sini? Mengapa tidak.

Baca juga keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapatkan bila berkuliah di Kanada.

For Your Information

Mengapa kita bisa kuliah dengan bahasa Perancis di Kanada?

Bahasa Perancis telah menjadi bahasa resmi kedua di Kanada. Berdasarkan hasil sensus pada tahun 2016, Ontario merupakan rumah bagi 622.415 penutur bahasa Perancis.

Mengapa penting mendirikan universitas berbahasa Perancis di Kanada?

Sejak September 2019, Pemerintah Kanada dan Ontario telah menandatangani Memorandum of Understanding mengenai komitmen mereka dalam mendirikan Universite de l’Ontario francais. Universitas ini hadir menjadi universitas berbahasa Perancis di Ontario karena pada dasarnya dibutuhkan lebih dari 620,000 penutur bahasa Perancis di Ontario.

Apa saja program yang ditawarkan di Universite de l’Ontario francais?

Sejumlah program pun ditawarkan, mulai dari human plurality, globalised economy, urban environment, dan juga digital culture. Kemudian, program lainnya seperti manajemen, komunikasi, pekerja sosial, hukum, dan sosiologi, akan dibuka pada musim gugur dengan menggandeng sejumlah institusi mitra. Informasi lebih lanjut soal universitas yang satu ini bisa kamu temukan lebih jauh di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Toronto?