fbpx

Mengenal Universitas yang Tawarkan Kajian Migrasi Terbaik di Dunia

Pada dasarnya, setiap orang pasti pernah melakukan perpindahan. Meskipun demikian, banyak yang menganggap bahwa seseorang melakukan migrasi karena mereka menemui masalah. Apakah betul demikian? Kalau kalian ingin tahu kebenarannya, maka ada baiknya kalian mencoba untuk mendalaminya dengan mengambil kajian migrasi di bangku perkuliahan. Berikut merupakan universitas terbaik bagi para mahasiswa yang ingin mendalami kajian migrasi.

University of Oxford – Inggris

Memahami migrasi internasional dan domestik melalui lensa politik, sosial, ekonomi, maupun hukum merupakan satu hal yang penting. Bagaimanapun, kajian migrasi merupakan kajian yang sangat kompleks sehingga memahami dari berbagai lensa merupakan hal yang wajib dilakukan ketika menjalani perkuliahan di University of Oxford.

Untuk jenjang S2, kamu diharuskan menjalani masa pperkuliahan selama sembilan bulan. Selama berkuliah di sini, kamu akan diajarkan bagaimana melakukan analisis untuk migrasi dan mobilitas global melalui konteks sejarah, maupun sebagai bagian dari proses pembangunan dan perubahan sosial.

University of San Fransisco – Amerika Serikat

Sumber: usfca.edu

Ada sekitar 230 juta warga dunia yang tinggal di luar negara asalnya. Dewasa ini, migrasi internasional telah menjadi salah satu isu yang cukup fundamental. Kajian migrasi dari University of San Fransisco akan berfokus pada tantangan yang akan dihadapi oleh warga dunia, yakni bagaimana menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi para migran dan pengungsi di seluruh dunia.

Akan terdapat 5 mata kuliah inti yang harus diambil, ditambah dengan 4 mata kuliah khusus, dan 3 seminar penelitian. Yang menarik, kamu juga berkesempatan untuk menyelesaikan semester keduami di Universidad Iberoamericana di Meksiko.

Berbeda dengan di Oxford, di University of San Fransisco kamu harus menempuh waktu 2 tahun untuk mendapatkan gelar MA dari kajian migrasi.

University of Wellington – Selandia Baru

Sumber: educationcentral.co.nz

Apabila kamu ingin mengambil kajian migrasi di kawasan Oseania, maka University of Wellington bisa menjadi jawabannya. Untuk jenjang magister, Kajian Migrasi dari University of Wellington akan terjadi menjadi dua semester.

Pada semester pertama, kamu akan mendapatkan mata kuliah inti seperti pendekatan terhadap kajian migrasi yang menganalisis bagaimana fenomena migrasi dapat terjadi dan bagaimana teori serta konsep dari migrasi berkembang. Pada semester ini pula kamu diharapkan untuk mempersiapkan proposal penelitian.

Untuk semester kedua, kamu akan diminta untuk menyelesaikan penelitian yang telah kamu susun di semester satu. Akan tetapi, kamu juga bisa medapatkan kesempatan untuk melakukan magang dan penelitian di organisasi yang berkecimpung di isu migrasi.

Selain ketiga universitas di atas, kamu juga bisa memilih kajian etnik dan migrasi di Linkoping University, Swedia; kajian migrasi internasional dan kebijakan publik di London School of Economics and Political Science, Inggris; atau kajian migrasi di Universitat Pompeu Fabra Barcelona, Spanyol.

Yang pasti, cukup banyak pilihan untuk mendalami kajian migrasi di universitas-universitas ternama di dunia. Mendalami kajian migrasi bagi orang Indonesia sangatlah relevan karena pada dasarnya Indonesia merupakan negara transit para pengungsi.

Yang harus dipahami adalah migrasi bukanlah suatu masalah. Bagaimana cara kita memandang fenomena ini dari berbagai lensa lah yang menjadi penting.

Kamu juga bisa membaca ulasan kami tentang perbedaan dari jurusan ilmu politik dan hubungan internasional.

For Your Information

Mengapa saya harus kuliah kajian migrasi?

Karena migrasi telah menjadi salah satu isu yang fundamental di abad ke-21. Ada sekitar 230 juta orang yang melakukan migrasi dan tidak tinggal di negara asalnya.

Apakah kajian migrasi relevan untuk dipelajari?

Tentu. Meskipun pada dasarnya kajian migrasi memiliki sisi historis yang sangat panjang, kajian migrasi masihlah relevan untuk dipelajari.

Di manakah universitas yang menawarkan kajian migrasi terbaik di dunia?

Kenapa kamu tidak mencoba berkunjung ke artikel ini dan menemukan jawabannya?

Ingin mengetahui cerita lain di Oxford?