fbpx

Mengenal Jurusan Keadilan Sosial Terbaik di Dunia

Tanggal 20 Februari diperingati sebagai World Day of Social Justice atau Hari Keadilan Sosial dunia. Tak dapat dipungkiri bahwa ketidaksetaraan masih terus terjadi. Maka dari itu, hari keadilan sosial hadir untuk terus menyuarakan upaya kesetaraan gender, hak masyarakat adat, dan juga migran. Berikut kami ulas mengenai jurusan-jurusan keadilan sosial terbaik di dunia.

Social Justice and Education – University College London (Inggris)

Sumber: developmentconnection.com

Program social justice and education dari University College London bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai keadilan sosial dari perspektif sosiologi dan filsafat. Sejumlah isu yang menjadi fokus di UCL di antaranya adalah mengenai ras, kelas, gender dan seksualitas, serta pendidikan.

Bagi yang tertarik mendaftar di program yang satu ini, setidaknya kamu harus memiliki gelar sarjana di bidang pendidikan atau sosiologi. Sejumlah pengalaman di bidang pendidikan bisa sangat dipertimbangkan.

Social Justice and Equity Studies – Brock University (Kanada)

Jurusan keadilan sosial
Sumber: brocku.ca

Kajian keadilan sosial telah menjadi salah satu kajian yang mulai berkembang di universitas-universitas di Kanada. Program Social Justice and Equity Studies memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mendapatkan materi serta meakukan penelitian di bidang keadilan sosial dan kesetaraan.

Melalui program ini, kamu akan diajak menggunakan berbagai perspektif yang secara historis termarginalkan. Dengan demikian, semangat emansipatori dari jurusan ini terasa begitu mendalam.

Gender, Race, Sexuality, and Social Justice – The University of British Columbia (Kanada)

Sumber: grad.ubc.ca

Program Gender, Race, Sexuality, and Social Justice menjadi salah satu program paling interdisiplin di The University of British Columbia. Dengan menjalani perkuliahan di program ini, kamu bisa melakukan penelitian dengan mengambil teori dari ilmu sosial, humaniora, sains, pendidikan, dan juga hukum.

Sejumlah kajian yang bisa dieksplorasi lebih lanjut di jurusan ini adalah, teori ras kritis, kajian etnik, kajian masyarakat adat, kajian media, politik dan metodologi feminis, kesejatan, sejarah dan otobiografi, pembangunan internasional, migrasi, gender, seksualitas, keadilan sosial, dan juga kebijakan sosial. Sungguh jurusan yang begitu kompleks, bukan?

Social Justice and Human Rights – George Mason University (Amerika Serikat)

Jurusan keadilan sosial
Sumber: linkedin.com

Dengan mengambil program Social Justice and Human Rights, kamu akan mendapatkan pondasi mendasar mengenai dampak sosial, politik, budaya, hisoris, dan ekonomi dari ketidakadilan sosial dan isu hak asasi manusia. Program ini menekankan pada pendekatan secara global dan interseksional.

Washington D.C., lokasi George Mason University berada, sangatlah tepat bagi kamu yang ingin mempelajari kedua isu ini karena kamu akan mendapatkan kesempatan untuk bertemu dan bekerja dengan para aktivis dari berbagai organisasi kemanusiaan.

Sejumlah isu yang terus didalami di universitas ini adalah, keadilan rasial, hak pendidikan, hak disabilitas, hak masyarakat adat, hak hewan, perdagangan manusia, dan lainnya. Selain itu, kamu pun akan mempelajari isu tersebut di berbagai konteks regional, seperti timur tengah, Eropa, Afrika Timur, hingga Amerika Latin.

Pada dasarnya, jurusan keadilan sosial hadir karena adanya ketidakpuasan terhadap ketidaksetaraan yang terus muncul. Maka dari itu, dengan semangat World Day of Social Justice, memilih jurusan keadilan sosial merupakan suatu hal yang tepat.

Baca juga mengenai jurusan-jurusan HAM terbaik di dunia.

For Your Information

Hari apa yang diperingati pada 20 Februari?

Tanggal 20 Februari diperingati sebagai World Day of Social Justice atau Hari Keadilan Sosial dunia.

Apa tujuan memperingati hari keadilan sosial sedunia?

Hari keadilan sosial hadir untuk terus menyuarakan upaya kesetaraan gender, hak masyarakat adat, dan juga migran. Faktanya, ketidaksetaraan masih terus terjadi di dunia ini. Maka dari itu, kesadaran akan hal ini harus terus ditingkatkan.

Di manakah saya bisa kuliah jurusan keadilan sosial?

Baca artikel berikut ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di London?