fbpx

Mengenal 5 Universitas Paling Ramah Pelajar Internasional 2020

Apabila kamu sedang mencari tempat paling tepat untuk melanjutkan studi, maka universitas-universitas yang ada di Swiss, Hong Kong, Singapura, dan Inggris haruslah kamu pertimbangkan. Baru-baru ini, berdasarkan penghimpunan data yang dilakukan oleh Times Higher Education, tersebutlah sejumlah universitas yang paling ramah terhadap pelajar internasional tahun 2020.

Indikator ini dilihat dari jumlah pelajar internasional yang terdaftar di universitas tersebut, jumlah staf internasional, nilai kerja sama yang terjalin, hingga reputasi. Keseluruhan institusi yang tercantum memiliki proporsi yang dapat dikatakan baik, atau bahkan tinggi dalam jumlah pelajar dan staf, kolaborasi dengan akademisi lain dari seluruh dunia, dan juga reputasi yang kuat di tingkat global.

Lalu, kira-kira universitas mana sajakah yang menjadi universitas paling ramah pelajar internasional versi THE 2020? Berikut pembahasannya.

1. City University of Hong Kong (Hong Kong)

Universitas paling internasional 2020 - City University of Hong Kong
City University of Hong Kong. Sumber: studyabroad.reading.ac.uk

City University of Hong Kong atau CityU terletak di tengah kota Hong Kong. CityU telah memiliki reputasi yang baik sebagai institusi penghubung antara para akdemisi dan praktisi dalam berbagai bidang untuk menghadapi tantangan global. Selain itu, CityU juga berupaya untuk memberdayakan perubahan positif yang tercipta.

Universitas yang telah berdiri sejak tahun 1984 ini menduduki posisi ke-15 dalam Asia University Rankings 2019 versi THE.

Saat ini, CityU memiliki lebih dari 400 mitra untuk pertukaran pelajar dari 44 negara, dan ada sekitar 1.200 pelajar CityU yang berpartisipasi dalam program pertukaran pelajar tiap tahunnya.

Sebagai universitas yang berlokasi di Hong Kong, yang notabene merupakan kota paling mengglobal di dunia, CityU seolah menjadi cerminan akan pertemuan antara budaya barat dan timur.

2. University of Hong Kong (Hong Kong)

University of Hong Kong - Hong Kong
University of Hong Kong. Sumber: best-masters.com

Misi utama yang disemangatkan oleh University of Hong Kong adalah mempersiapkan para mahasiswanya untuk menjadi warga dunia yang dapat sukses di mana saja.

Hal ini kemudian sejalan dengan misinya yang lain, yakni untuk menjadi Asia’s Global University. Di dalam misi tersebut, University of Hong Kong menginginkan 50% mahasiswanya memiliki dua kali kesempatan untuk melakukan studi di luar Hong Kong selama masa studinya pada tahun 2019. Kemudian, tujuan tersebut meningkat menjadi 100% pada tahun 2020.

Berdiri sejak tahun 1911, sekarang University of Hong Kong memiliki lebih dari 20.000 mahasiswa dengan 8.000 di antaranya merupakan pelajar internasional.

3. École Polytechnique Fédérale de Lausanne (Swiss)

Universitas paling internasional 2020 - Ecole Polytechnique Federale de Lausanne
École Polytechnique Fédérale de Lausanne. Sumber: lausanne.ch

Terletak di jantung Eropa, Swiss menjadi salah satu negara yang menjadi tuan rumah bagi para pelajar internasional. Dengan kenyataan negara ini dikelilingi oleh lima negara sekaligus, yakni Perancis, Italia, Jerman, Austria, dan Liechtenstein, membuat Swiss menjadi tempat berkumpul bagi berbagai macam orang.

École Polytechnique Fédérale de Lausanne merupakan universitas teknik yang paling kosmopolitan. EPFL telah menjadi rumah bagi pelajar, profesor, maupun kolaborator dengan lebih dari 120 kewarganegaraan. Ada tiga misi utama yang diusung oleh EPFL, yakni, pengajaran, penelitian, dan juga inovasi.

EPFL merupakan tempat yang cocok bagi kamu yang ingin mendalami ilmu alam maupun komputer. Uniknya, kamu juga berkesempatan untuk melakukan magang di luar negeri apabila berkuliah di universitas yang satu ini.

4. ETH Zurich (Swiss)

ETH Zurich - Swiss
ETH Zurich. Sumber: mtec.ethz.ch

Telah berdiri sejak tahun 1885, ETH Zurich telah berhasil menjadi pusat inovasi dan ilmu pengetahuan paling modern di Swiss. Dengan berkuliah di ETH Zurich, maka kamu akan menemukan tempat yang tepat untuk mencari solusi efektif untuk menghadapi tantangan global yang ada.

Sampai saat ini, ada 19.000 siswa yang terdaftar di ETH Zurich dan mereka berasal dari 120 negara yang berbeda. Meskipun bahasa pengantar utama perkuliahan di sini adalah Jerman-Swiss, kamu masih bisa menemukan sejumlah program yang diajarkan dalam bahasa Inggris.

5. Chinese University of Hong Kong (Hong Kong)

Universitas paling internasional 2020 - Chinese University of Hong Kong
Chinese University of Hong Kong. Sumber: bsschool.cuhk.edu.hk

Chinese University of Hong Kong (CUHK) telah berdiri sejak tahun 1963. Universitas ini memiliki misi untuk menggabungkan tradisi dengan modernitas supaya bisa memajukan China lebih lanjut.

CUHK memiliki kemitraan dengan lebih dari 270 institusi di lebih dari 30 negara. Ada sekitar 6.000 mahasiswa yang sedang melakukan studi di luar negeri, baik dalam bentuk pertukaran pelajar maupun internship. Dengan demikian, tak heran apabila CUHK menjadi salah satu universitas paling ramah pelajar internasional 2020.

Selain kelima universitas di atas, sejumlah universitas yang juga membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pelajar internasional adalah, Imperial College (Inggris), National University of Singapore (Singapura), University of Oxford (Inggris), University of Cambridge (Inggris), dan Nanyang Technological University (Singapura).

Kamu juga bisa membaca tentang 5 universitas prempuan favorit yang ada di Jepang.

For Your Information

Apa itu universitas paling ramah pelajar internasional?

Universitas paling ramah pelajar internasional termasuk perankingan yang dikeluarkan oleh Times Higher Education.

Apa saja indikator universitas ramah pelajar internasional?

Indikator ini dilihat dari jumlah pelajar internasional yang terdaftar di universitas tersebut, jumlah staf internasional, nilai kerja sama yang terjalin, hingga reputasi. Keseluruhan institusi yang tercantum memiliki proporsi yang dapat dikatakan baik, atau bahkan tinggi dalam jumlah pelajar dan staf, kolaborasi dengan akademisi lain dari seluruh dunia, dan juga reputasi yang kuat di tingkat global.

Universitas mana sajakah yang menjadi universitas paling ramah pelajar internasional tahun 2020?

Sejumlah universitas di Swiss di Hong Kong berhasil menyandang gelar ini. Untuk detailnya, silakan kunjungi artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Hong Kong?