fbpx

Inilah Syarat Kelulusan Kuliah di 5 Negara Terkenal

Kuliah di luar negeri bukan hanya enaknya saja, tetapi juga ada pahitnya, terutama ketika sudah menjadi mahasiswa tingkat akhir. Setiap tempat serta jurusan memiliki syarat kelulusan yang berbeda. Nah, apa saja ya syarat kelulusan kuliah di luar negeri? Yuk, simak supaya kamu bisa siap-siap!

1. Syarat Kelulusan di Amerika Serikat: Tugas Akhir

Harvard

Beberapa kampus dan jurusan di Amerika Serikat memiliki istilah senior thesis untuk mahasiswa yang telah memasuki tahun terakhir kuliah atau magang di tingkat S1. Mahasiswa akan dibimbing oleh profesor supaya hasil thesisnya baik dan ilmiah. Ada pula syarat kelulusan yang mewajibkan mahasiswa untuk berkarya dalam bentuk desain atau visual, seperti jurusan Film, Desain, atau Seni. Mahasiswa akan dibimbing oleh profesor supaya hasilnya bagus.

2. Disertasi di Perguruan Tinggi di Inggris

Durham University - England


Lain halnya di Inggris, tugas akhir S1 disebut sebagai disertasi. Ketentuannya bisa berbeda di setiap universitas, jadi perhatikan secara seksama supaya tidak salah panduan. Misalnya, di School of Biological and Biomedical Sciences, Durham University, dikutip dari theguardian.com, mahasiswa mengerjakan disertasi laboratorium, membuat rencana bisnis perusahaan bioscience, atau membuat proyek terkait bidang studi. Wah, sambil tugas akhir masih mengerjakan tugas lain, nih!

3. Sidang Tugas Akhir di Kanada

Sumber: https://kitchener.ctvnews.ca/

Selanjutnya, terdapat major paper untuk memenuhi persyaratan kelulusan di universitas di Kanada. Bentuknya seperti essay yang disusun sepanjang 40 halaman atau lebih, tergantung jurusan, disiplin ilmu, dan kebijakan perguruan tinggi. Misalnya, mahasiswa di Nipissing University harus menyusunnya sebanyak 50 halaman. Penelitiannya memakai pendekatan historiografi dan sudah disetujui oleh supervisory committee. Layaknya di Indonesia, hasil penelitian harus dipresentasikan saat sidang.

4. Fokus Riset demi Gelar Sarjana di India

Sumber: https://commons.wikimedia.org/

Kamu akan menemukan hal-hal tak terduga ketika kuliah di India, seperti biaya hidup yang hampir mirip seperti Jakarta atau kemiripan budaya dengan Indonesia. Selain itu, mekanisme kelulusan di sana juga serupa dengan kampus di Indonesia, yaitu membuat proyek riset pada semester 7 dan 8. Demi menggapai gelar sarjana, rata-rata mahasiswa India fokus mengerjakan riset sesuai disiplin ilmu yang dipelajari saat di tingkat akhir.

5. Syarat Kelulusan di Jepang: Seminar Riset

Sumber: https://www.keio.ac.jp/

Jepang juga menjadi sasaan empuk untuk para pemburu beasiswa dalam melanjutkan jenjang penddikan. Seperti di Keio University, khususnya di Faculty of Economics, mahasiswa harus menempuh total 126 kredit studi untuk lulus dan menerima gelar bachelor. Di tahun ketiga dan keempat, mahasiswa bisa memilih seminar riset, proyek riset independen, atau Professional Career Programme (PCP).

Seminar riset dikerjakan dalam waktu dua tahun di bawah bimbingan profesor, sedangkan proyek riset independen dilakukan bila mahasiswa memiliki ketertarikan pada bidang di luar studi yang dipelajari. Sementara bagi mahasiswa yang tertarik mengambil kelas profesional, bisa mengikuti PCP.

Itulah syarat kelulusan kuliah di luar negeri di beberapa tempat dan jurusan. Supaya tidak menjadi terlalu beban, jadikan tugas akhirmu sebagai karya yang akan dikenang seumur hidup. Jangan lupa untuk jaga pola hidup sehat supaya kamu kuat mengerjakan mahakaryamu. Tetap semangat, ya!


Ingin mengetahui cerita lain di London?