fbpx

Erika James Jadi Dekan Perempuan Pertama di Wharton School

Dewasa ini, kesetaraan gender terus diusung, termasuk di bidang pendidikan. Hal ini terlihat dari upaya universitas dunia untuk menjadi universitas yang paling menghargai kesetaraan gender. Kali ini, kabar gembira datang dari salah satu universitas yang tergabung dalam Ivy Leagues, yakni Wharton School, sekolah bisnis di University of Pennsylvania. Mengapa? Karena ini pertama kalinya sekolah bisnis tersebut memilih seorang perempuan–yang juga perempuan kulit berwarna, untuk menjadi dekan di Wharton School.

Tentang Wharton School

Sumber: blog.nomadcredit.com

Dapat dibilang, Wharton School termasuk sekolah bisnis kelas dunia pertama yang didirikan. Sekolah ini telah berdiri sejak tahun 1881 dan memainkan peran penting dalam mengubah kajian bisnis dari perdagangan menjadi profesi yang luar biasa seperti sekarang.

Visi awal dari Warthon adalah untuk membekali lulusannya pengetahuan dan menjadi bagian dari pilar negara. Baik di sektor pemerintahan maupun swasta. Dengan demikian, tak heran apabila James Wharton–pendiri Wharton School–percaya bahwa peran bisnis adalah memajukan masyarakat secara keseluruhan serta menciptakan kesejahteraan dan kesempatan ekonomi baru untuk semua orang.

Penunjukan Erika James untuk Wharton School

Pada 26 Februari 2020, pihak Wharton School telah mengumumkan bahwa Erika H. James akan menduduki posisi dekan Wharton School dan aktif menjabat pada 1 Juli 2020 mendatang. Hal ini diumumkan oleh presiden University of Pennsylvania, Amy Gutmann dan provost Wendell Pritchett.

Erika James sendiri sekarang merupakan dekan dari Goizueta Business School di Emory University sejak tahun 2014. Dalam kepemimpinannya tersebut, Erika berhasil mengenalkan serta memimpin usaha untuk membangun lab inovasi dan kewirausaahan terbuka untuk seluruh mahasiswa.

Selain itu, Erika juga berhasil meningkatkan jumlah pengajar di Goizueta hingga 25%. Hal ini sesuai dengan komitmen Erika untuk menciptakan kolaborasi yang lintas disiplin dan menghargai keberagaman. Kemudian, Erika juga berhasil memperluas kemitraan yang terjalin antara kampus dan pihak luar dan menghasilkan think tank berbasis penelitian.

Tentang Erika James

Sumber: emorybusiness.com

Erika menyandang gelar PhD dan magister di bidang organizational psychology dari University of Michigan. Sebelumnya, ia mendapatkan gelar sarjananya di bidang psikologi dari Pomona College of the Claremont Colleges, di California. Ia juga pernah menjadi asisten profesor di Tulan University’s Freeman School of Business dan visiting professor di Harvard Business School.

Pada dasarnya, Erika memang aktif di dunia pendidikan, khususnya di jurusan bisnis. Ia juga pernah mendapatkan penghargaan Earl Hill Jr. Faculty Achivement dan Diversity Awards dari The Consortium. The Consortium sendiri merupakan organisasi yang memiliki komitmen untuk meningkatkan keberagaman di bidang bisnis, dimulai dari tes masuk perguruan tinggi tingkat magister.

Lalu, Erika juga masuk ke dalam daftar Top 10 Women of Power in Education by Black Enterprise dan Power 100 by Ebony Magazine. Tentu hal ini menunjukkan keterbukaan dari bidang akademik dalam menerima keberagaman, bukan?

Erika menyatakan bahwa penunjukan dirinya ini membuatnya bersemangat. “Cakupan serta platform dari Wharton School dapat memberikan kesempatan untuk menciptakan dampak yang meluas bagi para siswa, akademisi, maupun komunitas bisnis,” ujar Erika.

Penutup

Tentunya, pengalaman Erika yang luar biasa terkait pengembangan kepemimpinan, tingkah laku organisasi, serta keberagaman rasial dan gender, akan membantunya memimpin Wharton School menjadi lebih baik. Dengan memberikan berbagai masukan mengenai tingkah laku manusia–sesuai dengan latar belakang yang dimilikinya, diharapkan budaya kerja di Wharton School akan terus meningkat. Hal tersebutlah yang membuat Erika pantas menjadi dekan perempuan pertama di Wharton School.

Nantinya, Erika akan menggantikan Geoff Garrett, dekan sekarang yang akan pindah menjadi dekat dari Marshall School of Business di University of South Carolina.

Kamu juga bisa membaca tentang S2 Keperawatan University of Pennsylvania. Salah satu jurusan keperawatan terbaik di dunia.

For Your Information

Apa itu Wharton School?

Wharton School termasuk sekolah bisnis kelas dunia pertama yang didirikan dan merupakan bagian dari University of Pennsylvania. Sekolah ini telah berdiri sejak tahun 1881 dan memainkan peran penting dalam mengubah kajian bisnis dari perdagangan menjadi profesi yang luar biasa seperti sekarang.

Siapa itu Erika James?

Erika James adalah dekan perempuan pertama yang ditunjuk oleh University of Pennsylvania untuk memimpin Wharton School.

Apa keistimewaan dari penunjukan Erika James?

Selain memiliki reputasi yang baik di bidang pendidikan, penunjukan Erika James ini membuktikan bahwa seorang perempuan kulit berwarna juga bisa memimpin salah satu sekolah bisnis paling prestisius di dunia ini. Kamu bisa membaca berita lengkapnya melalui artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Pennsylvania?