fbpx

Apa yang Membedakan Harvard dan Stanford University?

Selain Massachusetts Institute of Technology (MIT), Harvard dan Stanford University termasuk universitas paling prestisius di Amerika Serikat, bahkan dunia. Keduanya telah berlomba untuk menyajikan kualitas pendidikan terbaik bagi semua orang. Lalu, apa sebetulnya perbedaan dari keduanya? Apa yang menjadi ciri khas masing-masing?

Filosofi Pengajaran

Harvard University. Sumber: collegeconsensus.com

Sama-sama menjadi universitas yang begitu kuat reputasi akademisnya, nyatanya kedua universitas ini memiliki filosofi pengajaran yang berbeda.

Pada dasarnya, Harvard University lebih berfokus pada tradisi keilmuan, sedangkan Stanford akan lebih banyak memberikan pengetahuan praktis.

Tujuan utama dari Stanford University adalah untuk mempersiapkan lulusannya untuk menghadapi dunia kerja secara langsung. Hal ini tentunya berbeda dengan Harvard yang lebih banyak berfokus pada penemuan ilmu pengetahuan. Diyakini bahwa peningkatan pengajaran akan bermanfaat bagi pendidikan di masa depan.

Dengan demikian, tak heran apabila jurusan-jurusan di Stanford memang lebih praktikal. Sedangkan, ketika kamu berkuliah di Harvard, kamu akan lebih banyak belajar tentang teori.

Program yang ditawarkan

Stanford University. Sumber: tarikalovegraden.com

Harvard University memiliki sejumlah fakultas yang memiliki reputasi sangat baik di dunia, mulai dari seni dan sains, teknik dan ilmu terapan, bisnis, teologi, pemerintahan, kedokteran, hingga hukum. Ada banyak sekali program yang ditawarkan, mulai dari arsitektur, biofisik, bisnis, ekonomi, hingga kehutanan.

Untuk Stanford University, tak jauh berbeda dengan Harvard. Stanford juga menawarkan program yang sangat beragam, mulai dari teknik, humaniora, pendidikan, bisnis, kesehatan dan hukum.

Harvard Business School dikenal sebagai sekolah bisnis terbaik di dunia. Di sini, kamu bisa belajar mengenai manajemen bisnis dan juga penelitian pasar yang baik. Di sisi lain, Stanford School of Engineering merupakan tempat terbaik bagimu untuk mempelajari perkembangan teknologi di bidang akademik.

Program-program terbaik di Harvard University

Harvard Business School. Sumber: mbamission.com

Harvard University telah berdiri sejak tahun 1639. John Harvard lah yang kala itu mendirikannya. Awalnya, universitas ini ditujukan untuk mengajari para penduduk asli Amrika. Sayangnya, tujuan tersebut tidak dapat betul-betul berhasil. Akhirnya, antara tahun 1800-1870, terjadi trasnformasi di dalam Harvard dan akhirnya menjadi fondasi berdirinya Harvard hingga sekarang.

Berikut merupakan program-program terbaik yang bisa kamu pilih di Harvard University:

  1. Accounting and Finance
  2. Anthropology
  3. Architecture
  4. Business & Management
  5. Law

Program-program terbaik di Stanford University

Stanford University telah berdiri sejak akhir abad ke-19. Universitas ini didirikan oleh Gubernur dari California sebagai bentuk penghargaan untuk anaknya yang telah meinggal dunia di usia muda.

Berikut merupakan program-program terbaik yang bisa kamu pilih di Stanford University:

  1. Anatomy and Physiology
  2. Chemical Engineering
  3. Education
  4. Computer Science
  5. Electrical and Electronic Management

Dari program-program terbaik yang ditawarkan, memang jelas bahwa sistem pengajaran di Harvard jauh lebih menitikberatkan pada teori. Sedangkan, hal-hal praktis akan lebih banyak kamu temukan di Stanford.

Jadi, kira-kira universitas manakah yang akan kamu pilih di antara Harvard dan Stanford University? Jangan lupa membaca tentang universitas Ivy League Asia, alias deretan kampus-kampus ternama di Asia.

For Your Information

Apa universitas terbaik di Amerika Serikat?

Selain MIT, Harvard dan Stanford University menjadi dua universitas di Amerika Serikat yang terus berlomba menjadi universitas terbaik di Amerika Serikat?

Manakah yang paling baik di antara Harvard dan Stanford University?

Hal ini tergantung dari kualitas pendidikan seperti apa yang kamu cari karena kedua universitas ini memiliki tradisi pengajaran yang berbeda.

Apa yang membedakan Harvard dan Stanford University?

Baca artikel ini untuk tahu perbedannya, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di California?