fbpx

Alasan Kuliah di Hong Kong, Kota Ramah Pelajar di Asia Selain Tokyo

Setiap tahunnya, QS World University Ranking juga mengeluarkan perankingan untuk kota ramah pelajar di dunia. Pada tahun 2019, London masih menjadi kota paling ramah pelajar di dunia, disusul oleh Tokyo di posisi kedua. Akan tetapi, kali ini kami akan membahas Hong Kong, kota ramah pelajar di Asia selain Tokyo.

Hong Kong: Kota Ramah Pelajar

Pada tahun 2019, Hong Kong berhasil menduduki peringkat ke-10 dunia untuk kota ramah pelajar versi QS World University Ranking. Ia bersaing dengan kota-kota besar lainnya seperti London, Tokyo, Melbourne, Munich, dan lainnya. Untuk di Asia sendiri, ternyata Hong Kong menduduki posisi kedua setelah Tokyo yang bertengger di posisi pertama.

Memangnya, apa sih yang membuat kota satu ini pas untuk menjadi kota untuk kamu berkuliah? Mari simak alasannya berikut ini.

Kualitas pendidikan terbaik di Asia

The University of Hong Kong. Sumber: Linkedin.com

Selain Singapura sebagai tuan rumah universitas terbaik di Asia, Hong Kong juga kota yang harus kamu pertimbangkan. Sejumlah universitas di Hong Kong berhasil menduduki posisi 50 universitas terbaik di dunia. Sebagai contoh, The University of Hong Kong berada di posisi ke-25 dan The Hong Kong University of Science and Technology di posisi ke-32.

Hal tersebut menjadikan universitas di Hong Kong termasuk universitas terbaik di Asia.

Tempat wisata yang tak terbatas

Sumber: intochintravel.com

Apabila kamu sedang bosan saat libur kuliah, maka kamu bisa melakukan wisata di Hong Kong. Yang menarik, kamu bisa berwisata di berbagai tempat wisata yang luar biasa di negara ini. Mulai dari mendaki gunung, mengunjungi kuil-kuil kuno yang telah berumur ratusan tahun, atau mencicipi kehidupan malam di pusat kota. Kamu juga bisa lho berjemur di pinggir pantai untuk menikmati hari.

Yang pasti, tempat wisata di Hong Kong memang tak terbatas dan cocok untuk semua kalangan. Kamu pun bisa menemukan berbagai tempat wisata tersembunyi yang sayang untuk dilewatkan.

Pertemuan budaya

Tentunya, Hong Kong menjadi salah satu negara bertemunya tradisi barat dan timur. Di Hong Kong, kamu bisa menemukan dua bagian yang sangat berbeda. Di satu satu, kamu akan menemukan pusat keuangan Hong Kong yang dipenuhi oleh para ekspatriat. Kemudian, di sisi lainnya, di Pulau Kowloon, kamu bisa menemukan tradisi timur yang kental.

Bahasa Inggris adalah bahasa utama

Sumber: grad.edu.hk

Ketika merencanakan untuk kuliah di kawasan Asia Timur, biasanya kamu akan merasa kesulitan karena harus menguasai bahasa mereka, seperti Jepang, Mandarin, ataupun Korea. Sedangkan, kalau kamu ingin berkuliah di Hong Kong, kebanyakan universitas di Hong Kong telah menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Kemudian, karena Hong Kong merupakan kota yang sangat multikultur, warganya pun juga sudah terbiasa dengan bahasa Inggris. Jadi, ucapkan selamat tinggal pada kendala bahasa.

Transportasi publik terbaik

Sumber: discoverhongkong.com

Transportasi publik di Hong Kong menjadi salah satu kebanggan dari warga Hong Kong. Sistem MRT, bus bertingkat, dan juga bus merah yang tersedia dapat menjangkau seluruh bagian di Hong Kong. Tentu hal ini akan mempermudah mobilitasmu selama tinggal di sini.

Jadi, apakah kamu sudah tidak sabar untuk mencoba berkuliah di kota ini? Kota yang sangat multikultur ini menjadi menarik karena menyimpan berbagai tradisi. Untuk makanan sendiri, kamu bisa menemukan berbagai macam makanan yang unik. Itulah alasan mengapa Hong Kong pas menjadi kota ramah pelajar di Asia selain Tokyo. Kalau kamu penasaran, tentang biaya hidup di Hong Kong, kamu juga bisa membaca tulisan yang satu ini.

For Your Information

Di manakah kota paling ramah pelajar?

Berdasarkan QS World University Rankings, kota ramah pelajar di dunia tahun 2019 adalah London. Kemudian, disusul oleh Tokyo di posisi kedua. Akan tetapi, kalau kita membacarakan kota ramah pelajar di Asia, maka kamu juga harus memberikan perhatian pada Hong Kong.

Mengapa Hong Kong jadi kota ramah pelajar?

Kualitias pendidikan yang mumpuni menjadi salah satu faktor mengapa Hong Kong menjadi kota ramah pelajar di Asia.

Apa hal menarik dari Hong Kong?

Kamu akan tahu jawabannya kalau kamu membaca artikel yang satu ini. Di sini, kamu akan menemukan alasan lebih lanjut mengapa Hong Kong resmi jadi kota pelajar terbaik di Asia selain Tokyo.

Ingin mengetahui cerita lain di Hong Kong?