fbpx

5 Universitas Pilihan di Amerika Serikat untuk Dalami Fotografi

Dewasa ini, jurusan-jurusan di bidang seni semakin banyak diminati. Mulai dari seni rupa, musik, tari, teater, atau bahkan film. Lalu, apakah kamu tertarik dengan dunia fotografi?

Nah, untuk menjadi fotografer, apalagi yang terkenal, tentu tidaklah mudah. Kamu perlu memiliki pengetahuan yang mumpuni dan tentunya kemampuan yang teruji. Maka dari itu, kali ini kami akan memberikan 5 rekomendasi universitas terbaik di Amerika Serikat (AS) untuk kamu yang ingin mendalami fotografi.

5. Massachusetts College of Art and Design

anakrantau-massart.jpg
Sumber: thoughtco.com

Sebagai universitas seni tertua di AS, MassArt menjadi salah satu universitas seni yang paling disegani. Setidaknya, ada beberapa program yang ditawarkan, mulai dari program sarjana seni murni, magister pengajaran pendidikan seni, arsitektur, serta inovasi desain. Nah, salah satu jurusan yang ditawarkan adalah di bidang fotografi.

Melalui jurusan ini, siswa diharapkan dapat mengeksplorasi fotografi sebagai media seni rupa. Nantinya, para siswa memulai dengan film hitam putih, kemudian beralih ke proyek-proyek lainnya untuk mengembangkan portfolio yang mereka miliki. Ada beberapa pilihan yang dapat kamu pilih, mulai dari fotografi lansekap, film dokumenter, dan lainnya.

4. Columbia College

anakrantau-columbia-college.jpg
Sumber: colum.edu

Program sarjana fotografi di Columbia College merupakan salah satu program yang paling besar dan juga kompetitif di AS. Hal ini disebabkan oleh banyaknya fasilitas yang disediakan oleh pihak universitas, mulai dari workstation, ruang gelap, dan juga berbagai peralatan pendukung lainnya.

Tidak heran bukan apabila Columbia College menjadi incaran?

3. University of California (Los Angeles)

anakrantau-UCLA-fotografi.jpg
Sumber: art.ucla.edu

Jurusan fotografi di UCLA ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara fotografi dengan seni, sehingga kajian di jurusan ini akan berhubungan dengan bagaimana suatu karya seni dapat diciptakan melalui fotografi. Selain dari sisi teknis, ketika kamu berkuliah di UCLA, kamu juga akan mendapatkan kemampuan untuk memahami serta mendiskusikan potensi historis, material, maupuan naratif dari sebuah karya fotografi.

2. Rochester Institute of Technology

anakrantau-rit-fotografi.jpg
Sumber: bigshot.cat.rit.edu

Tidak seperti jurusan fotografi di universitas lain yang menawarkan pendidikan fotografi yang lebih umum, maka RIT hadir dengan menawarkan berbagai bidang kajian fotografi yang lebih spesifik. Kajian tersebut termasuk fotografi periklanan, seni murni, fotojurnalisma, atau bahkan komunikasi fotografis biomedik.

1. Yale School of Fine Art

anakrantau-yale-fotografi.jpg
Sumber: artobserved.com

Ingin merasakan berkuliah dengan intens karena jumlah murid di satu kelas, atau bahkan satu angkatan hanya ada 10 orang? Maka Yale School of Art adalah jawabannya. Ya, salah satu universitas seni yang satu ini hanya menerima 10 orang saja tiap tahunnya untuk jurusan fotografi.

Dengan menjadi siswa di program magister ini, maka kamu bisa menggunakan ruang gelap, studio, serta komputer yang memang menjadi fasilitas yang disediakan oleh kampus. Nantinya, akan ada semacam sidang panel tiap minggunya untuk kamu mempresentasikan hasil karyamu. Wah, jurusan yang cukup bikin merinding ya?

Itulah 5 universitas yang menawarkan program studi fotografi yang cocok untuk kamu yang punya minat di bidang ini. Menjadi fotografer memang tidaklah mudah, akan tetapi dengan berupaya serta belajar sebanyak mungkin, maka impian kamu itu bisa saja tercapai. Tetap semangat ya, anak rantau!


Ingin mengetahui cerita lain di Los Angeles?