fbpx

IVY League Asia, Deretan Kampus Ternama di Benua Asia

Kuliah di luar negeri merupakan impian bagi banyak orang Indonesia. Benua Asia menjadi salah satu tempat yang mempunyai kualitas pendidikan mumpuni. Meskipun belum tersebar merata di seluruh penjuru dunia Asia, akan tetapi sudah ada beberapa perguruan tinggi yang dinobatkan sebagai Asian IVY League. Penasaran Universitas apa aja? Yuk, ikuti artikel berikut ini!

6. Tsinghua University

Perguruan tinggi ternama di Asia yang satu ini disebut sebagai MIT nya China. Kampus ini menekankan pada bidang STEM, yaitu Science, Technology, Engineering, and Mathematics. Tsinghua merupakan kampus yang didirikan di masa dinasti Qing pada tahun 1911 sebagai bukti kebangkitan melawan Amerika Serikat di bidang ilmu pengetahuan alam dan pendidikan. Kampus ini melahirkan sejumlah nama politikus terhormat di sana. Keren, ya!

Bagi kamu yang menyukai bidang sosial, jangan khawatir karena kampus ini membuka jurusan tersebut. Sesuai visinya, Tsinghua University ingin mengembangkan departemen non-STEM. Kampus kebanggaan rakyat Tiongkok itu telah mendirikan jurusan hukum, ekonomi, komunikasi, jurnalisme, dan manajemen sejak tahun 1990-an. Program tersebut bekerja sama dengan Harvard, Yale, Princeton, dan Duke University.

5. University of Tokyo

SONY DSC

Universitas ini didirikan pada pemerintahan Meiji di tahun 1877 dan berkembang pesat hingga saat ini. Perguruan tinggi yang satu ini merupakan kampus incaran masyarakat Jepang, loh! Alumninya juga tidak ecek-ecek, di antaranya enam perdana Menteri Jepang dan tujuh penerima hadiah nobel. Wah, jenius sekali ya!

IVY League di Benua Asia ini membuka jurusan STEM, pertanian, dan obat-obatan. UTokyo semakin mantap melebarkan sayapnya dengan memulai dua program sarjana yang sepenuhnya berbahasa Inggris di tahun 2012. Jurusan tersebut disediakan untuk mahasiswa internasional yang memiliki ketertarikan dalam bidang lingkungan. Buat kamu yang tertarik bisa pelajari beberapa kesempatan beasiswa ke Jepang.

4. Peking University

Universitas ini berdiri di tahun 1898 dan sering nangkring di jejeran teratas perguruan tinggi termahsyur di Asia. Kampus yang terletak di dataran Cina ini membuka jurusan humaniora, ilmu sosial, dan ilmu pengetahuan. Peking University menjadi kampus bergengsi di kalangan murid SMA di sana.

3. Seoul National University

Seoul Daehakgyo, begitulah masyarakat Korea Selatan menyebut kampus kebanggaan mereka. Di negaranya sendiri, SNU masuk ke 3 perguruan tinggi terbaik Korea Selatan dengan singkatan SKY. Kampus ini bersanding dengan Korea University (KU) dan Yonsei University. Penerimaan mahasiswa baru sangat kompetitif, yakni hanya menampung 2,5% siswa teratas yang mengikuti ujian masuk nasional. Kompetensi para lulusan juga memiliki reputasi baik di dunia kerja. Salah satunya yaitu Ban Ki-Moon, seorang Sektretaris Jenderal PBB saat ini.

2. University of Hongkong

IVY League Asia selanjutnya datang lagi dari dataran Cina. University of Hongkong mempunyai pamor yang tinggi di kalangan mahasiswa internasional. Hal itu dibuktikan melalui data di tahun 2012 kampus ini menampung 6.800 mahasiswa asing. Penerimaan mahasiswa baru lokal pun terbilang kompetitif.

1. National University of Singapore

National University of Singapore

Sampailah kita di urutan pertama kampus ternama dan terbaik di Asia. Jaraknya tidak jauh dari Indonesia, loh! Jika kamu ingin merasakan atmosfer belajar dengan orang terpilih, namun takut homesick, maka kampus ini bisa jadi pilihan. Tahun 2014 perguruan tinggi ini menempati peringkat pertama di Asia oleh QS University Rankings. NUS juga memiliki kampus di luar negeri di Silicon Valley, Philadelphia, Shanghai, Beijing, Stockholm, India, dan Israel.

Nah, sampai di sini perkenalan dengan kampus ternama di Benua Asia. Bagaimana, tertarik untuk mencoba melamar ke sana? Jika tertarik, subscribe mailing list kita untuk mendapatkan segala sumber informasi untuk belajar dan tinggal di luar negeri. Semangat belajar! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?