fbpx

UC International First Year Scholarship, Beasiswa S1 di Selandia Baru

Bicara tentang lanjut kuliah di luar negeri sudah bukan menjadi suatu hal yang baru. Biasanya, para pelajar Indonesia akan memilih negara-negara tetangga yang cukup dekat untuk melanjutkan studi, contohnya saja Singapura dan juga Malaysia. Akan tetapi, ternyata Kawasan Oseania seperti Australia dan juga Selandia Baru juga memiliki daya tarik tersendiri lho. Apalagi, ternyata banyak sekali beasiswa yang ditawarkan bagi pelajar internasional. Salah satunya adalah UC International First Year Scholarship, beasiswa S1 yang diberikan oleh University of Canterbury, Selandia Baru.

Penasaran lebih lanjut soal beasiswa yang satu ini? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

Sekilas tentang UC International First Year Scholarship

Sumber: canterbury.ac.nz

UC International First Year Scholarship adalah beasiswa yang diberikan kepada siswa-siswi internasional beprestasi untuk menjalani program sarjana di University of Canterbury. University of Canterbury sendiri merupakan universitas tertua kedua di Selandia Baru setelah University of Otago. Sampai saat ini, University of Canterbury menduduki peringkat ketiga universitas terbaik di Selandia Baru.

Nah, bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di University of Canterbury menggunakan beasiswa, maka kamu bisa memilih berbagai program S1 yang mereka ditawarkan. Setidaknya, terdapat 5 departemen yang menaungi, yakni seni, bisnis dan hukum, pendidikan, kesehatan, dan pembangunan manusia, teknik, dan juga sains. Jelas bahwa University of Canterbury menawarkan program yang dari berbagai disiplin ilmu.

Apa saja yang ditawarkan?

Beasiswa UC International First Year Scholarship ini merupakan salah satu beasiswa yang cukup kompetitif. Pasalnya, tiap tahunya hanya akan ada 25 orang saja yang mendapatkan beasiswa ini. Nilai beasiswanya pun akan berbeda-beda, yakni mulai dari NZ $10,000, NZ $15,000, hingga NZ $20,000 per tahunnya. Oh ya, beasiswa ini hanya berlaku untuk satu tahun saja, ya.

Siapa saja yang bisa mendaftar? 

Sumber: canterbury.ac.nz

Sesuai dengan judulnya, beasiswa ini memang ditujukan untuk seluruh siswa internasional, termasuk kamu, para siswa Indonesia. Yang pasti, kamu bukanlah warga negara atau memiliki visa tinggal di Selandia Baru.

Persyaratan lainnya juga cukup mendasar kok, sebenarnya. Berikut daftarnya:

  1. Sebelum mendaftar beasiswa ini, pastikan kamu telah memenuhi persyaratan pendaftaran studi S1 di University of Canterbury. Petunjuk lebih lengkap mengenai langkah-langkah pendaftaran dapat kamu baca di sini.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan di University of Canterbury.
  3. Memenuhi persyaratan kemampuan berbahasa Inggris
  • IELTS, nilai minimal 6.0, dan masing-masing 5.5 di setiap komponen.
  • TOEFL iBT, minimal nilai total 80 dengan nilai 19 di komponen reading, writing, dan listening.
  • TOEFL PBT, nilai minimal 550.

Apa saja yang harus disiapkan?

ilustrasi-pendaftaran-beasiswa-s1-university-of-canterbury-selandia-baru
Sumber: canterbury.ac.nz

Tidak terlalu banyak dokumen yang kamu butuhkan untuk mendaftar beasiswa ini. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Bukti kewarganegaraan yang kamu miliki. Kamu bisa menggunakan KTP atau paspor.
  2. Bukti keterlibatan dalam suatu komunitas atau pengabdian masyarakat, kesulitan finansial, atau latar belakang etnis.
  3. Daftar pemberi rekomendasi.
  4. Transkrip nilai hasil belajarmu selama di sekolah menengah. 

Cara mendaftar dari beasiswa ini pun cukup mudah. Kamu dapat mendaftar beasiswa ini dengan mengisi formulir pendaftaran secara online. Sebelumnya, pastikan kamu sudah mendaftar pada program studi S1 di University of Canterbury, ya. 

Nah, untuk tenggat pendaftarannya sendiri akan jatuh pada tanggal 31 Maret tiap tahunnya. Jadi, kamu masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan semua hal yang kamu butuhkan untuk mendaftar beasiswa ini, anak rantau. Semangat terus, ya!


Ingin mengetahui cerita lain di Christchurch?