fbpx

5 Tips dan Trick Atasi Kesulitan Akademik Saat Kuliah

Dunia perkuliahan jauh berbeda dengan sinetron yang menampilkan huru-hara. Justru, mahasiswa memiliki tanggung jawab moral untuk berbakti kepada masyarakat setelah lulus. Maka dari itu, mahasiswa wajib menggunakan kesempatan langka ini sebaik mungkin supaya dapat bermanfaat untuk lingkungan sekitarnya. Proses belajarnya pun jauh berbeda dengan masa sekolah menengah. Jika kamu adalah mahasiswa baru, rasa cemas terhadap pola belajar di kampus adalah hal wajar. Supaya dapat beradaptasi, berikut 5 trik untuk atasi kesulitan akademik saat kuliah di tahun-tahun pertama.

1. Atasi Kesulitan Akademik dengan Membaca Materi Secara Keseluruhan

Sumber: Pexels

Kamu dapat membaca ulang catatanmu dan menggarisbawahi istilah yang tidak familiar. Sebagai mahasiswa, kamu dituntut aktif mencari sendiri materi untuk mengembangkan pola pikirmu. Buktikan perkataan dosen dengan membaca sebanyak mungkin. Jika kamu masih malas, ubahlah pandangan bahwa membaca itu tugas, melainkan membaca adalah sumber pengetahuan. Ambil buku yang dapat dibaca hingga tuntas, dengan begitu kamu menemukan ilmu karena keinginan sendiri dan malah lebih melekat di otak.

2. Duduk di Depan Dapat Atasi Kesulitan Akademik

Sumber: Pexels

Seringkali mahasiswa rebutan duduk di belakang karena tidak ingin diperhatikan dosen, padahal itu kunci untuk jurang kemalasan. Jika kamu selama ini menjadi pasukan duduk di belakang, maka buatlah keputusan untuk duduk di depan saat mata kuliah yang sulit. Misal, kamu mahasiswa Ekonomi dan mengambil Akuntasi sebagai syarat lulus semester. Lalu, kamu tahu jika duduk di barisan belakang, maka akan tertidur atau tidak dapat melihat papan tulis secara jelas. Jika terus begitu, maka kesempatan mengulang semakin besar. Tidak mau menjadi mahasiswa abadi, kan?

3. Tidak Sistem Kebut Semalam

Sumber: Pexels

Belajar dengan sistem kebut semalam sudah mendarah daging di negara manapun, padahal otak akan terasa penuh jika dipaksa memuat informasi terlalu banyak dalam waktu yang singkat. Mengutip dari Medium, ibarat steak, bumbunya butuh pengasinan selama 8 jam supaya gurih, begitupula otak butuh waktu lama untuk meresap kata per kata dari catatanmu. Belajar seminggu sebelum ujian pun masih belum cukup saking banyaknya kredit mata kuliah yang diambil. Cobalah luangkan waktu 10 menit sebelum tidur untuk membaca materi usai pulang dari kampus.

4. Kelilingi Dirimu dengan Orang Baik

Sumber: Pexels

Atasi kesulitan akademik kuliah dengan support system terbaik. Lingkungan pertemanan di kuliah akan mempengaruhi pola belajar. Jika kamu berteman dengan hedonisme, maka kuliahmu akan berantakan. Akan tetapi jika kamu dikelilingi orang dengan cita-cita besar, maka kamu akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Lingkungan suportif akan membuatmu memiliki semangat untuk terus menggali potensi di perguruan tinggi. Habiskan waktu dengan orang yang memiliki kepercayaan diri dan keahlian yang tidak kamu miliki.

5. Investasikan Waktu Sebanyak Mungkin ke Proyek Sampingan

Freelancer india

Kuliah bukan urusan mengejar nilai A untuk bertahan, melainkan juga mengubah ide menjadi penghasilan. Investasikan waktu sebaik mungkin untuk membangun hobi menjadi pekerjaan sampingan. Selain mendapat uang jajan tambahan, kamu juga melatih keahlian menjadi lebih tajam. Pun, kamu juga selangkah lebih maju dengan memulai karir lebih awal dibandingkan teman-teman yang hanya menghabiskan banyak uang untuk kesenangan fana. Mumpung belum punya tanggungan, ini adalah masa emas berinvestasi untuk diri sendiri.

Demikian 5 trik mengatasi kesulitan akademik saat kuliah. Ingatlah, kegagalan bukan hal permanen. Jika indeks prestasi kumulatif (IPK) masih jauh dari batas minimal yang ditentukan kampus, maka saatnya ubah pola belajar. Manfaatkan waktu kuliah dengan gemilang sebelum terjun ke dunia kerja yang lebih ganas. Kembalilah dengan ilmu, bukan beban. Selamat belajar, anak rantau!


Ingin mengetahui cerita lain di Los Angeles?