fbpx

TOEFL vs IELTS: Mana yang Harus Kamu Pilih dan Pelajari?

Sebagai seseorang yang bukan merupakan penutur bahasa Inggris, kamu pasti akan mengenali yang namanya tes TOEFL dan IELTS. Apalagi, kamu sedang mempersiapkan diri untuk mendaftar kuliah di luar negeri, pasti hasil dari salah satu tes ini disyaratkan dalam aplikasi pendaftaranmu. Lalu, apa sebetulnya perbedaan dari TOEFL dan IELTS? apakah pilih TOEFL atau IELTS? Berikut ulasan kami tentang TOEFL dan IELTS lebih jauh

TOEFL vs IELTS

Definisi TOEFL dan IELTS
Sumber: planetoverseas.in

TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Sesuai dengan namanya, maka tes ini jelas digunakan untuk menilai kecakapan bahasa Inggris bagi orang-orang yang bukan penutur bahasa Inggris. Tes yang satu ini biasanya digunakan sebagai salah satu syarat untuk masuk ke perguruan tinggi. Dengan demikian, tes TOEFL biasanya hanya ditujukan untuk keperluan akademik.

Hal tersebutlah yang membedakan TOEFL dan IELTS. Memang, dalam hal tujuan, kedua tes ini memiliki fungsi yang sama, yakni untuk menilai kecakapan bahasa Inggris seseorang yang bukan penutur bahasa Inggris. Akan tetapi, IELTS atau International English Language Testing System tidak hanya digunakan dalam bidang akademik. IELTS juga digunakan sebagai tes untuk urusan imigrasi ke Inggris dan Kanada.

Kedua jenis tes ini tentu memiliki jenis kesulitan masing-masing. Tak ada yang bisa dikatakan lebih mudah ataupun sulit. Yang harus kamu sadari, kamu bisa mengambil salah satu jenis tes ini apabila kamu ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Kemudian, hasil tes ini hanya akan berlaku selama 2 tahun setelah kamu melakukan tes. Jadi, kamu harus mempersiapkan baik-baik ketika akan menggunakan sertifikat yang harus kamu miliki.

Jadi pilih TOEFL atau IELTS?

Toefl dan IELTS: Mana yang haru Kamu Pilih
Sumber: masterportal.com

Tentu kamu penasaran, apabila kedua tes ini sama-sama bisa digunakan, mana yang harus dipilih? Ternyata, ada sejumlah hal yang bisa menjadi panduan bagi kamu ketika ingin memilih antara tes TOEFL atau IELTS.

Kamu akan merasa cocok mengambil tes TOEFL apabila kamu merasa nyaman untuk menjawab soal pilihan ganda dan lebih memilih menggunakan standar American English. Iya, benar sekali. Tes TOEFL biasanya lebih banyak disyaratkan untuk masuk perguruan tinggi di Amerika. Jadi, penggunaan standar American English menjadi kewajiban.

Sedangkan, untuk IELTS lebih ditujukan untuk persyaratan masuk perguruan tinggi di Inggris dan negara persemakmurannya. Tak heran apabila jenis tes yang satu ini cocok bagi kamu yang mudah memahami berbagai macam jenis dialek bahasa Inggris. Kemudian, apabila kamu juga lebih nyaman membicarakan topik non-akademik dalam bahasa Inggris, maka kamu sangatlah cocok untuk memilih IELTS. Bagaimanapun, tujuan dari IELTS tak hanya untuk tes di bidang akademik saja.

Akan tetapi, bukan berarti tidak ada universitas yang menerima kedua jenis tes ini. Jadi, pastikan juga universitas yang kamu tuju menerima jenis tes kecakapan bahasa Inggris yang mana saja.

Bagaimana cara saya mempelajarinya?

Sumber: ehef.com

Tentu sebagai bahasa yang bukan bahasa asli, kamu perlu mempelajarinya. Terdapat berbagai macam program persiapan TOEFL maupun IELTS yang ditawarkan oleh berbagai lembaga kursus bahasa Inggris.

Akan tetapi, tidak semua orang merasa nyaman dengan jadwal kursus yang ditawarkan. Dalam artian, tidak semua orang betul-betul bisa meluangkan waktunya untuk mengikuti kursus secara luring setiap harinya. Maka dari itu, ada berbagai platform daring yang menyediakan program persiapan TOEFL dan IELTS yang akan memudahkanmu. 

Jadi, tunggu apalagi, Kawan Rantau? Mari kita mempersiapkan diri kita untuk belajar lebih giat lagi. Bagaimanapun, tes TOEFL dan IELTS akan menjadi satu tahapan penting yang harus kamu lewati untuk mendaftar perkuliahan di luar negeri.

Kamu juga bisa membaca tentang beasiswa bergengsi kuliah di luar negeri 2020 yang tidak boleh kamu lewatkan. Tentu kamu juga bisa membaca lebih jauh tentang seluk beluk TOEFL lebih lengkap melalui tautan berikut ini.

For Your Information

Apa itu TOEFL?

TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Sesuai dengan namanya, maka tes ini jelas digunakan untuk menilai kecakapan bahasa Inggris bagi orang-orang yang bukan penutur bahasa Inggris.

Apa perbedaan TOEFL dengan IELTS?

Salah satu pembeda utama adalah, IELTS atau International English Language Testing System tidak hanya digunakan dalam bidang akademik. IELTS juga digunakan sebagai tes untuk urusan imigrasi ke Inggris dan Kanada.

Mana yang harus pilih antara TOEFL dan IELTS?

Kamu bisa membac artikel ini untuk tahu mana yang tepat bagi kebutuhanmu.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?