fbpx

Tips Ujian Inburgering untuk Berkuliah atau Tinggal di Belanda

Ujian Inburgering merupakan ujian dasar kemasyarakatan yang wajib dilakukan bagi Kawan Rantau yang tertarik untuk berkuliah atau tinggal di Belanda. Dengan mengikuti ujian ini, Kawan Rantau bisa mendapatkan MVV (Machtiging tot Voorlopig Verbliff) atau Izin Tinggal Sementara. Ada beberapa tips ujian Inburgering yang bisa Kawan Rantau coba. Yuk, simak tips ujian Inburgering untuk berkuliah atau tinggal di Belanda berikut ini.

Mengenal abjad dan cara pengucapannya

Sumber: https://unsplash.com/@plhnk

Mempelajari abjad dan cara pengucapan akan sangat membantu untuk mempelajari bahasa baru. Sebenarnya, pengucapan abjad dalam Bahasa Belanda tidak jauh berbeda dengan Bahasa Indonesia ejaan lama. 

Ciri khasnya, pengucapan Bahasa Belanda pada huruf G dapat dibaca menggunakan rongga tenggorokan, mirip saat belajar mengaji Alquran.

Tip: Kamu dapat mengunduh aplikasi belajar bahasa seperti Duolingo untuk mengenal abjad dan cara pengucapan dalam bahasa Belanda.

Perbanyak kosakata dan artinya

Sumber: eatoutindo.com

Untuk memperbanyak kosakata, Kawan Rantau dapat  membaca dan mendengarkan percakapan Bahasa Belanda melalui film atau musik. 

Bacalah setidaknya 5-10 kosakata baru setiap hari dan pelajari artinya. Selain itu, Kawan Rantau juga dapat belajar dari buku Naar Nederland yang dilengkapi dengan video dan audio CD tentang materi ujian Inburgering.

Tip: Kamu dapat menonton film-film berbahasa Belanda, seperti Total Recall, The Black Book, atau melihat daftar tontonan dengan audio berbahasa belanda di Netflix.

Sering berkomunikasi dan menulis dalam bahasa Belanda

Sumber: https://unsplash.com/@nicolebaster

Setelah mempelajari kosakata bahasa Belanda, cobalah untuk berkomunikasi atau menulis dalam bahasa Belanda, baik melalui pesan singkat, email, atau berkomunikasi ke penutur aslinya.

Ketika belajar bahasa apa pun, menggunakan bahasa secara aktif akan sangat membantu untuk meningkatkan kemahiran kita, terlebih bila kamu bisa melakukannya dengan penutur asli.

Tips untuk setiap bagian ujian

Sumber: dutchnews.nl

KNS – Kennis van de Nederlandse Samenleving (Pengetahuan Kemasyarakatan Belanda)

Pelajari materi ujian dan jawaban dari buku Naar Nederland. Jangan hanya menghapal gambar dan jawaban, pahami pertanyaan dan jawabannya baik-baik karena ada 100 soal berupa gambar suatu objek yang harus kamu jawab namanya dalam bahasa Belanda.

TGN – Toets Gesproken Nederlands (Tes Berbicara Dutch)

Jangan diam atau menjawab “Ik weet het niet” (Saya tidak tahu) meskipun kamu benar-benar tidak tahu jawabannya. 

Jawab kalimat soal sebisa kamu dengan mengulang kata atau kalimat yang kamu dengar saat mendengarkan serta menirukan intonasi dari pemberi soal, lalu jawab dengan kalimatmu

Memang tidak mudah, tapi yang paling penting jangan ada jeda hening atau diam. Karena itu, kamu perlu memperkuat pondasi kemahiran berbahasa Belanda dengan menambah kosakata setiap harinya.

GBL – Geletterheid en Begrijpend Lezen (Tes Pemahaman dan Membaca Dutch)

Dengan belajar membaca teks berbahasa Belanda dengan baik, kamu pasti akan lulus bagian ujian ini. Jangan lupa simak petunjuk yang diberikan baik-baik sebelum menjawab soal. 

Pada bagian ujian ini, Kawan Rantau harus mengisi, membaca, dan menjawab setiap soal dengan suara yang jelas.

BACA JUGA: Mengenal Ujian Inburgering untuk Melanjutkan Kuliah di Belanda

Itu dia beberapa tips ujian Inburgering yang kami berikan untuk Kawan Rantau yang berencana berkuliah atau tinggal di Belanda.

Dengan mempelajari ilmu dasar, Kawan Rantau pasti bisa melalui ujian Inburgering dengan baik. Semoga tips ujian Inburgering ini bermanfaat untuk Kawan Rantau, ya!

For Your Information

Apa itu ujian Inburgering?

Ujian Inburgering adalah ujian bahasa Belanda. Ujian ini juga menjadi syarat penerbitan visa bila kamu ingin pergi ke Belanda.

Berapa skor minimum untuk lulus ujian Inburgering?

Untuk mendapatkan visa tinggal sementara di Belanda, salah satu syaratnya adalah lulus ujian ini pada tingkat A1. Setibanya di Belanda, kamu harus mengikuti ujian A2 dalam waktu 3 tahun untuk mendapatkan izin tinggal tetap.

Apa tips untuk mengikuti ujian Inburgering?

Simak artikel ini untuk mendapatkan tips lulus ujian Inburgering, ya!

Ingin mengetahui cerita lain di Amsterdam?