5 Tips Sederhana Belajar Bahasa Inggris Agar Lumer di Mulut

Bahasa Inggris merupakan alat komunikasi internasional yang dipakai di seluruh dunia. Meskipun kamu kuliah di tempat yang tidak memakai bahasa Inggris sebagai pengantar, namun kamu harus tetap mempelajarinya. Bahasa Inggris dapat menjadi amunisi jika kamu kesulitan berbicara dengan bahasa utama di suatu negara non English seperti Korea Selatan, Jepang, dan lain sebagainya. Nah, supaya kamu dapat mempelajarinya dengan cepat tanpa les, maka simak tips sederhana tapi manjur berikut ini!

1. Bisa Karena Biasa

Sumber: youtube.com

Mungkin ini terdengar remeh, namun kamu harus membuat diri familiar dengan bahasa Inggris. Youtuber berprestasi asal Indonesia, Gita Savitri menyebutkan bahwa kita harus dapat membuat indera kita peka dengan bahasa Inggris. Buatlah dirimu dikelilingi oleh orang yang mahir bicara dan menulis dalam bahasa Inggris. Terapkan langkah ini dari kehidupan sehari-hati seperti memasang pengaturan bahasa Inggris pada gawai dan nonton video atau film dalam bahasa Inggris dengan closed caption. Manfaatkan Youtube untuk mempelajari beragam aksen bahasa Inggris melalui wawancara artis yang sifatnya conversational.

2. Tidak Takut Salah Omong

Sumber: Pexels

Kelilingi dirimu dengan orang yang selalu mendorongmu untuk maju dan tidak mengintimidasi. Jangan biarkan dirimu jatuh karena nyinyiran yang tidak berguna ketika kamu sedang belajar bahasa Inggris. Beranikan dirimu dengan bicara dalam bahasa Inggris secara perlahan-lahan. Ingatlah, kamu adalah penentu kesuksesan, tetapi kadangkala orang tidak mau menolongmu jika sudah jatuh ke dasar jurang! Bertemanlah dengan orang yang dapat mendukungmu belajar.

3. Mengandalkan Internet

Sumber: yooreka.id

Bagi kamu yang memiliki hambatan finansial sehingga tidak bisa les, maka andalkan internet untuk belajar bahasa Inggris secara gratis. Cobalah siapan file khusus yang berisi unduhan e-book grammar, dengan begitu kamu dapat membacanya kapan saja tanpa kahwatir kehabisan paket data. Gita Savitri dalam video terbarunya pun turut memberi rekomendasi akses situs belajar bahasa Inggris secara lengkap mulai grammar hingga IELTS di learnenglish.britishcouncil.org. Oh, iya kamu juga dapat melatih pendengaranmu terhadap bahasa internasional ini melalui podcast luar negeri.

4. Belajar Lewat Buku & Berita Internasional

Harry Potter Collection

Tingkatkan kualitas bahasa Inggrismu dengan membaca karena hal itu dapat menambah pembendaharaan kata. Tips ini diperuntukkan bagi kamu yang menyukai pembelajaran sistematis. Selain itu, perdalam struktur kalimat (grammar) dengan mengunduh e-book yang sudah tersebar luas di internet, seperti English Grammar for Dummies. Jika kamu pembaca pemula, cobalah cari bahan bacaan yang tidak terlalu berat supaya dapat dibaca tuntas, misalnya Harry Potter atau The Lord of The Rings.

5. Latihan Menulis Bahasa Inggris

Sumber: Pexels

Jika kamu sedang belajar stuktur kalimat, latihlah dengan langkah sederhana, yaitu mengetik keterangan (caption) di sosial media dalam bahasa Inggris. Umumnya, banyak orang yang mahir secara bicara (speaking), namun belum tentu bisa menulis dengan struktur kalimat yang benar. Pun, kedua aktivitas tersebut memiliki perbedaan dalam membangun kalimat yang rapi.

Demikianlah Tips sederhana belajar Bahasa Inggris dengan cepat tanpa les. Kuncinya ialah tekad yang kuat, maka kamu akan lancar bicara Bahasa Inggris. Ingatlah, jangan khawatir takut salah karena Bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu kita. Jadi, tunggu apa lagi? Segera mantapkan niatmu untuk belajar Bahasa Inggris karena manfaatnya akan terpakai hingga dunia kerja. Supaya lebih jelas, yuk simak video tips belajar Bahasa Inggris ala Gita Savitri berikut ini! Dijamin, sederhana dan mudah, loh!