fbpx

THE Young University Rankings 2020: HKUST dan NTU Memimpin

Apabila QS memiliki pemeringkatan QS Top 50 Under 50 untuk memeringkat universitas-universitas muda di dunia, maka Times Higher Education (THE) juga memiliki sistem pemeringkatan serupa. Sistem pemeringkatan tersebut bernama THE Young University Rankings 2020.

Kedua sistem pemeringkatan ini sama-sama memeringkat universitas di dunia yang berumur kurang dari 50 tahun.

Bersamaan dengan QS Top Under 50 2021, THE Young University Rankings 2020 juga dirilis pada hari yang sama, yakni pada 24 Juni 2020. Hasil dari kedua sistem pemeringkatan ini cukup berbeda, meski keberadaan universitas di Asia sama-sama kuat.

HKUST dan NTU memimpin

HKUST. Sumber gz.ust.hk

Asia menjadi rumah bagi dua universitas terbaik versi THE Young University Rankings 2020. Hong Kong University of Science and Technology (Hong Kong) berhasil memimping di peringkat pertama untuk ketiga kalinya.

Sedangkan, posisi kedua diduduki oleh Nanyang Technological University (NTU), Singapura. NTU sendiri berhasil naik satu peringkat dari peringkat tahun sebelumnya.

Kedua universitas ini pada dasarnya memiliki profil yang hampir serupa. Keduanya sama-sama unggul di bidang international outlook dan dampak sitasi. Kemudian, kedua universitas ini juga mencapai nilai tinggi untuk lingkungan penelitian dan transfer pengetahuan.

Pada tahun sebelumnya, Ecole Polytechnique Federale de Lausanne (Swiss) menduduki peringkat kedua. Sayangnya, universitas ini harus keluar dari daftar peringkat karena telah mencapai usia ke-51 pada tahun lalu.

Universitas di Eropa dan Asia lainnya menyusul

Meskipun posisi teratas dikuasai oleh universitas di Asia, peringkat sepuluh besar untuk pemeringkatan ini diisi oleh universitas di Eropa maupun Asia.

University PSL (Perancis), Sant’Anna School of Advanced Studies – Pisa (Italia), dan Korea Advanced Institute of Science and Technology – KAIST (Korea Selatan), berhasil menduduki posisi lima besar.

Salah satu pencapaian luar biasa diraih oleh University of Paris. Universitas yang baru saja merger pada tahun lalu ini berhasil mengambil posisi ke-11 dalam pemeringkatan ini.

Secara keseluruhan, sistem perankingan ini melingkupi lebih dari 400 universitas yang berasal dari 66 wilayah. Sistem pemeringkatan dari THE Young University Rankings pada dasarnya sama dengan THE World University Rankings. Hanya saja, ada sejumlah indikator yang lebih ditekankan dalam penilainnya. Kemudian, poin reputasi pun tidak terlalu ditekankan.

Daftar 10 universitas muda terbaik dunia versi THE Young University Rankings 2020

NTU. Sumber: nature.com

Berikut merupakan 10 universitas yang masuk ke dalam 10 besar pemeringkatan THE Young University Rankings:

  1. Hong Kong University of Science and Technology (Hong Kong)
  2. Nanyang Technological University (Singapura)
  3. University PSL (Perancis)
  4. Sant’Anna School of Advanced Studies – Pisa (Italia)
  5. Korea Advanced Institute of Science and Technology – KAIST (Korea Selatan)
  6. Maastricht University (Belanda)
  7. City University of Hong Kong (Hong Kong)
  8. Pohang University of Science and Technology – Pohang (Korea Selatan)
  9. Sorbonne University (Perancis)
  10. Pompeu Fabra University (Spanyol)

Demikianlah pembahasan mengenai pemeringkatan universitas muda versi THE kali ini, Kawan Rantau. Meskipun baru berdiri, universitas-universitas ini berhasil menunjukkan kualitas mereka yang tak kalah dari universitas bergengsi lainnya yang telah berumur ratusan tahun.

Baca juga pemeringkatan THE Asia University Rankings 2020 yang dipimpin oleh Tsinghua University.

For Your Information

Apa itu THE Young University Rankings?

Apabila QS memiliki pemeringkatan QS Top 50 Under 50 untuk memeringkat universitas-universitas muda di dunia, maka Times Higher Education (THE) juga memiliki sistem pemeringkatan serupa. Sistem pemeringkatan tersebut bernama THE Young University Rankings 2020.

Universitas mana saja yang termasuk ke dalam pemeringkatan ini?

Temukan jawabannya di artikel berikut ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Hong Kong?