fbpx

THE World University Rankings 2021 Dirilis! Oxford Kembali Memimpin

Selain QS World University Rankings, THE World University Rankings juga menjadi salah satu rujukan bagi civitas akademika di berbagai universitas di dunia. Tentu saja kriteria yang dinilai dalam kedua pemeringkatan tersebut akan berbeda. Nah, tepat pada 2 September 2020, THE World University Rankings 2021 baru saja dirilis. Lalu, apa saja garis besar dari hasil pemeringkatan ini?

Berikut merupakan pembahasan kami mengenai pemeringkatan satu ini.

Popularitas universitas di China meningkat

Sumber: tsinghua.edu.cn

Pada tahun ini, universitas-universitas di China berhasil mendapatkan pencapaian yang baik dalam pemeringkatan THE World University Rankings 2021. Berdasarkan data yang dihimpun oleh THE, dalam hal penelitian, universitas China berhasil mengungguli luaran dari universitas di Amerika Serikat.

China merupakan rumah bagi universitas terbaik di Asia berdasarkan Asian University Ranking. Tentu saja universitas yang dimaksud adalah Tsinghua University. Kemudian, dalam pemeringkatan dunia, Tsinghua berhasil naik tiga peringkat ke posisi 20. 

Stagnansi universitas di Amerika Serikat

Di sisi lain, sejumlah universitas di Amerika Serikat mengalami stagnansi. Untuk universitas yang berada pada tingkatan 201-300 sejak tahun 2016, belum berhasil untuk masuk 100 besar dunia. Bahkan, beberapa universitas di tingkatan ini malah menurun performanya.

Meskipun demikian, perlu digarisbawahi bahwa universitas Amerika masih mendominasi posisi 10 besar THE World University Rankings 2021. Bahkan, delapan dari 10 besar dalam peringkat tersebut ditempati oleh universitas Amerika. 

Sayangnya, posisi puncak masih tetap diduduki oleh University of Oxford. Hal ini membuat University of Oxford kembali menjadi universitas terbaik di dunia versi THE selama lima tahun berturut-turut.

Daftar sepuluh universitas terbaik

Berikut merupakan daftar dari 10 universitas terbaik dalam pemeringkatan THE tahun ini:

  1. University of Oxford, Inggris
  2. Stanford University, Amerika Serikat
  3. Harvard University, Amerika Serikat
  4. California Institute of Technology, Amerika Serikat
  5. Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat
  6. University of Cambridge
  7. University of California, Berkeley, Amerika Serikat
  8. Yale University, Amerika Serikat
  9. Princeton University, Amerika Serikat
  10. University of Chicago, Amerika Serikat

Universitas dari negara lainnya yang mendapat peringkat atas beberapa di antaranya adalah sebagai berikut: ETH Zurich, Swiss (peringkat ke-14), University of Toronto, Kanada (peringkat ke-18), Tsinghua University, China (peringkat ke-20), dan National University of Singapore, Singapura (peringkat ke-25).

Pemeringkatan THE ini pada dasarnya melingkupi 1.500 universitas dari 93 negara di dunia. Maka dari itu, pemeringkatan ini berupaya untuk memberikan gambaran dari kualitas masing-masing universitas di dunia.Baca juga hasil pemeringkatan QS World University Rankings 2021 yang dipimpin oleh MIT.

For Your Information

Apa univesitas terbaik versi THE World University Rankings 2021?

University of Oxford berhasil menduduki peringkat pertama selama lima tahun berturut-turut.

Apa saja garis besar dari THE World University Rankings 2021?

Temukan jawaban lengkapya di artikel ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?