fbpx

THE University Rankings by Subject 2021: Sekolah Sains Terbaik Dunia

Pada dasarnya, ilmu fisik melingkupi sejumlah ilmu sains, termasuk matematika,kimia, ilmu bumi, hingga fisika dan astronomi. Berdasarkan pemeringkatan terbaru untuk THE University Rankings by Subject 2021, terdapat 1.149 universitas yang termasuk dalam jajaran sekolah sains terbaik di dunia. Universitas asal Amerika Serikat masih mendominasi dengan 165 universitas.

Persebaran sekolah sains terbaik di dunia

Sumber: unsplash.com

Dalam peringkat 10 besar. Lagi-lagi universitas asal Amerika Serikat berhasil mendominasi. Hanya ada tiga institusi yang berasal dari luar Amerika, yakni University of Oxford dan University of Cambridge dari Inggris, dan ETH Zurich dari Swiss.

Negara-negara lainnya yang juga mendominasi pemeringkatan ini adalah China (79 universitas), Inggris (59). Jepang (54), Jerman (44), Kabada (30), dan Australia (24).

Pemeringkatan ini menggunakan metodologi yang sama dengan Times Higher Education World University Rankings 2021 dengan sejumlah penyesuaian, yakni menekankan pada sitasi dan mengurangi bobot nilai untuk pengajaran dan penelitian.

Caltech berhasil unggul

California Institute of Technology (Caltech) memang merupakan universitas yang menekankan pada pengajaran dan penelitian sains. Setidaknya, para staf pengajar di Caltech pernah mendapatkan 74 penghargaan nobel, 71 penghargaan bidang sains dan teknologi Amerika Serikat, serta menjadi kepala peneliti di US Air Force.

Kemudian, sejumlah staf pengajar Caltech juga berasosiasi dengan NASA. The Jet Propulsion Laboratory, yang didirikan pada tahun 1930-an dan dimiliki oleh NASA, beroperasi sebagai salah satu divisi dari Caltech.

Bidang fisika di Caltech merupakan salah jurusan paling populer untuk tingkat sarjana maupun pascasarjana di universitas satu ini.

Berdasarkan pemeringkatan THE World University Rankings by Subject 2021 untuk bidang sains, Caltech berhasil mengungguli sejumlah universitas besar dunia lainnya. Sebagai contoh, Caltech berhasil mengungguli rival besarnya, Massachusetts Institute of Technology (MIT), Harvard University, maupun Princeton University.

Daftar 10 sekolah sains terbaik versi THE

Sumber: myarchetypes.wordpress.com

Berikut merupakan daftar 10 universitas dunia yang tawarkan jurusan sains terbaik:

  1. California Institute of Technology, Amerika Serikat
  2. University of California, Berkeley, Amerika Serikat
  3. Stanford University, Amerika Serikat
  4. Princeton University, Amerika Serikat
  5. Harvard University, Amerika Serikat
  6. Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat
  7. University of Cambridge, Inggris
  8. University of Oxford, Inggris
  9. ETH Zurich, Swiss
  10. Yale University, Amerika Serikat

Pada dasarnya, bidang sains memang masih terus diminati oleh para pelajar. Banyaknya jenjang karir yang ditawarkan untuk lulusan bidang ini menjadi salah satu pendorong mengapa pelajar tertarik untuk mendalami bidang sains.

Baca juga perbedaan-perbedaan mendasar dari MIT dan Caltech, universitas  teknik terbaik di dunia.

For Your Information

Dimana sekolah sains terbaik di dunia berada?

Berdasarkan pemeringkatan THE University Rankings by Subject 2021, California Institte of Technology (Caltech) berhasil menduduki peringkat pertama.

Apa keistimewaan dari Caltech?

Temukan pembahasannya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Boston?