fbpx

THE University Rankings by Subject 2021: Sekolah Kedokteran Terbaik Dunia

Pada dasarnya, jurusan kedokteran masih terus menjadi favorit para siswa jurusan IPA. Kemudian, program studi kedokteran di berbagai negara bentuknya berbeda-beda. Sebagai contoh, di Amerika kamu baru bisa menjalani studi kedokteran di jenjang pascasarjana. Sedangkan, di Inggris kamu bisa langsung menempuh studi ini di jenjang sarjana. Kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai jurusan kedokteran terbaik di dunia versi THE University Rankings by Subject 2021.

THE University Rankings by Subject 2021 Dirilis

Sumbe: http://www.oc.ac.uk

Times Higher Education baru saja merilis pemeringkatan terbaru untuk 856 universitas terbaik di dunia di bidang klinis, pra-klinis, maupun kesehatan. Universitas-universitas yang termasuk dalam pemeringkatan tersebut berasal dari 50 negara di dunia.

Pada dasarnya, pemeringkatan ini menggunakan metodologi yang sama dengan World University Rankings, hanya saja lebih banyak menekankan sisi kutipan dan memperingan penilaian pengajaran dan penelitian.

University of Oxford memimpin

Untuk tahun 2020 ini, jurusan kedokteran dari University of Oxford berhasil memimpin. Pada dasarnya, program studi kedokteran di Oxford termasuk bentuk perkuliahan tradisional yakni terbagi menjadi tahapan pra-klinis dan klinis.

Pada tahun awal perkuliahan, para pelajar akan diajar secara teoretis terlebih dahulu dengan sangat sedikit kontak dengan pasien. Kemudian, di tahun selanjutnya, para pelajar ini akan mulai berpindah ke fase klinis dan menghabiskan lebih banyak waktu di Rumah Sakit John Radcliffe.

Sampai saat ini, Oxford berhasil mengungguli sekolah kedokteran unggulan lainnya seperti Harvard University (Amerika Serikat), University of Cambridge (Inggris), dan Stanford University (Amerika Serikat).

Rumah Sakit Joh Radcliffe. Sumber: 001taxis.com

Daftar 10 universitas dengan jurusan kedokteran terbaik

Berikut merupakan hasil dari pemeringkatan THE World University Rankings by Subject 2021 untuk jurusan kedokteran:

  1. University of Oxford, Inggris
  2. Harvard University, Amerika Serikat
  3. University of Cambridge, Inggris
  4. Imperial College London, Inggris
  5. Stanford University, Amerika Serikat
  6. University of Toronto, Kanada
  7. Yale University, Amerika Serikat
  8. John Hopkins University, Amerika Serikat
  9. University College London (UCL), Inggris
  10. Karolinska Institute, Swedia

Demikianlah pembahasan kami kali ini. Pada dasarnya, para lulusan dari jurusan kedokteran menjadi lebih banyak dibutuhkan karena peran mereka yang sangat vital di bidang kesehatan masyarakat. Maka dari itu, menemukan universitas dengan jurusan kedokteran terbaik bisa menjadi pilihanmu untuk bisa mendapatkan kualitas pendidikan terbaik.

Baca juga pembahasan mengenai kehidupan mahasiswa kedokteran yang penuh dengan kerja keras tanpa akhir.

For Your Information

Apa keunikan dari jurusan kedokteran?

Pada dasarnya, jurusan kedokteran masih terus menjadi favorit para siswa jurusan IPA. Kemudian, program studi kedokteran di berbagai negara bentuknya berbeda-beda. Sebagai contoh, di Amerika kamu baru bisa menjalani studi kedokteran di jenjang pascasarjana. Sedangkan, di Inggris kamu bisa langsung menempuh studi ini di jenjang sarjana.

Dimana jurusan kedokteran terbaik berada?

Berdasarkan pemeringkatan THE University Rankings by Subject 2021, University of Oxford berhasil memimpin. Daftar lengkapnya bisa kamu temukan di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Boston?