fbpx

THE Latin America University Rankings 2020 Dirilis: Brazil Mendominasi

Times Higher Education (THE) kembali hadir dengan THE Latin America University Rankings 2020. Apabila sebelumnya THE merilis THE Asia University Rankings 2020 yang notabene memetakan peringkat universitas-universitas yang ada di Asia, maka kali ini giliran kawasan Amerika Latin yang akan dibedah.

Bagaimana hasil dari pemeringkatan di Amerika Latin ini? Siapakah yang akan memimpin?

Brazil mendominasi, tapi Chili berhasil memimpin

Pontifical Catholic University of Chile. Sumber: chinalawandother.wordpress.com

Pada dasarnya, persaingan peringkat universitas di Amerika Latin akan didominasi oleh Brazil, Chili, dan juga Meksiko. Meskipun Brazil menduduki hampir seluruh posisi di sepuluh besar, nyata Pontifical Catholic University of Chile berhasil menyabet posisi pertama dalam THE Latin America University Rankings 2020.

Pontifical Catholic University of Chile berhasil mempertahankan posisinya dari tahun lalu. Salah satu aspek yang menonjol dari universitas yang ada di Chili ini adalah keberhasilan mereka dalam mendorong transfer pengetahuan dan lingkungan penelitian yang mendukung.

Kemudian, University of Sao Paulo dan University of Campinas yang berada di Brazil berhasil menduduki posisi kedua dan ketiga.

Meksiko dan Kolombia menurun

Untuk tahun ini, tampaknya universitas-universitas di Meksiko mengalami penurunan peringkat. Banyak institusi di Meksiko yang turun peringkat karena mendapat nilai rendah di bidang pengajaran dan penelitian.

Kemudian, ada juga Kolombia yang terlempar dari sepuluh besar setelah universitas unggulan di sana, University of the Andes, turun dua peringkat ke posisi 11. Hal ini disebabkan oleh penurunan skor di bidang sitasi.

Pemeringkatan secara kesuluruhan

University of Sao Paulo. Sumber: Britannica.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Brazil memang berhasil mendominasi pemeringkatan ini dengan 61 institusi yang berhasil masuk. Kemudian, pencapaian tersebut diikuti oleh Chili dengan 30 institusi dan Kolombia dengan 23 institusi.

Secara keseluruhan, ada 166 universitas dari 13 negara yang termasuk dalam THE Latin America University Rankings 2020. Uruguay menjadi satu-satunya negara baru yang masuk dalam pemeringkatan tahun ini dengan ORT Uruguay University.

Sepuluh besar universitas terbaik di Amerika Latin

  1. Pontificial Catholic University of Chile, Chili
  2. University of Sao Paulo, Brazil
  3. University of Campinas, Brazil
  4. Monterrey Institute of Technology, Meksiko
  5. Federal University of Minas Gerais, Brazil
  6. Federal University of Sao Paulo, Brazil
  7. Pontifical Catholic University of Rio de Janeiro, Brazil
  8. University of Chile, Chili
  9. Federal University of Santa Catarina, Brazil
  10. Sao Paulo State University, Brazil

Baca juga hasil dari pemeringkatan Japan University Rankings 2020.

For Your Information

Apa itu THE Latin America University Rankings?

Apabila sebelumnya THE merilis THE Asia University Rankings 2020yang notabene memetakan peringkat universitas-universitas yang ada di Asia, maka kali ini giliran kawasan Amerika Latin yang akan dibedah.

Siapa yang mendominasi THE Latin America University Rankings 2020?

Brazil berhasil mendominasi dengan 61 institusi, diikuti oleh Chili dan Meksiko.

Universitas mana saja yang masuk daftar 10 universitas terbaik?

Temukan jawabannya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Mexico City?