fbpx

TF LEaRN Programme: Program Student Exchange di NUS

Temasek Foundation Leadership Enrichment and Regional Networking (LEaRN) Programme merupakan program student exchange yang diselenggarakan di NUS (National University Singapore), Singapura. Tujuan dari diselenggarakannya program ini adalah mempersiapkan pemimpin di generasi selanjutnya.

Selain itu, program ini juga bertujuan sebagai tempat bertukar budaya, berjejaring, mengembangkan komunitas, dan melatih kepemimpinan.

Siapa yang bisa mendaftar?

Sumber: ece.nus.edu.sg

Program ini diselenggarakan khusus bagi para mahasiswa yang berasal dari Asia Tenggara, China, Hong Kong, India, Jepang, Korea Selatan, dan juga Taiwan. Dengan demikian, kamu sebagai orang Indonesia berkesempatan untuk mendaftar program ini.

Akan tetapi, persyaratan lainnya yang harus kamu penuhi adalah, kamu harus dinominasikan oleh universitas asalmu. Jadi, cari tahu informasi lebih lanjut mengenai program ini di kantor internasional di universitasmu sekarang, ya.

Oh, ya, apabila kamu bisa lolos untuk mengikuti program ini, maka kamu juga bisa mendapatkan tunjangan sebesar S$6.500 (Rp67.066.285,-). Jadi, kamu bisa hidup dengan bahagia ketika mengikuti program ini di Singapura.

Apa saja yang dipelajari?

Setidaknya, akan terdapat empat jenis program yang harus diikuti oleh masing-masing peserta student exchange. Berikut penjelasannya:

  • Kursus akademik.
    Peserta akan mengambil 3-4 modul di NUS dan harus mendapatkan nilai B atau lebih selama mereka menjalani exchange.
  • Keterlibatan komunitas
    Peserta diharuskan untk menghabiskan setidaknya 15 jam di proyek pelibatan komunitas di Singapura.
  • Host Programme
    Setiap peserta akan dijamu oleh para mahasiswa NUS TF LEaRN.
  • Aktivitas TF LEaRN
    Seluruh aktivitas TF LEaRN bersifat wajib. Aktivitas tersebut termasuk dalam upacar penyambutan, LEaRN Service Leadership Event, Friendship Day, dan LEaRN Young Asian Leaders Forum. Peserta exchange juga bisa saja diminta untuk menyelenggarakan suatu acara.

Kapan program ini dilaksanakan?

Program student exchange ini akan diselenggarakan di NUS dan berlangsung selama 1 semester, yakni untuk Agustus sampai Desember 2020.

Bagaimana cara mendaftar program ini?

Para mahasiswa yang telah dinominasikan oleh universitas asalnya, bisa segera melengkapi persyaratan pendaftaran dan menyerahkannya pada NUS. Tenggat waktu untuk mendaftar program ini adalah hingga 10 April 2020.

Apabila kamu punya pertanyaan lebih lanjut mengenai program ini, kamu bisa membaa infonya di sini.

Well, kapan lagi sih, bisa mendapat kesempatan untuk student exchange di Singapura? Jadi, program TF LEarN ini bisa menjadi kesempatan bagimu untuk mencicipi rasanya belajar di universitas nomor 1 di Asia itu.

Kamu juga bisa membaca tentang JYPE, program student exchange di Tohoku University, Jepang.

For Your Information

Apa itu TF LEaRN Programme?

Temasek Foundation Leadership Enrichment and Regional Networking (LEaRN) Programmemerupakan program student exchange yang diselenggarakan oleh National University of Singapore (NUS), Singapura.

Saya orang Indonesia, apakah saya bisa mendaftar TF LEaRN Programme?

TF LEarn Programme ini ditujukan bagi mahasiswa dari Asia Tenggara, China, Hong Kong, India, Jepang, Korea Selatan, dan juga Taiwan. Otomatis, kamu sebagai orang Indonesia bisa mendaftar program ini.

Bagaimana cara saya mendaftar TF LEaRN Programme?

Kamu bisa mendapatkan jawaban lengkapnya di artikel ini, Kawan Rantau.