fbpx

Tertarik Sekolah di Inggris? Yuk, Cari Tahu Sistem Pendidikannya!

Sistem pendidikan di Inggris pada umumnya memiliki empat tahapan belajar. Berbeda dengan Indonesia yang mewajibkan belajar 12 tahun. Inggris menggunakan tahapan inti pendidikan dasar atau yang biasa disebut “key stages” dimana mencakup pendidikan dasar dan menengah.

Dibagi menjadi empat bagian; pendidikan dasar, menengah, lanjutan dan pendidikan tinggi. Di Inggris, diwajibkan menghadiri pendidikan dasar dan menengah yang mana berlangsung antara 5 tahun sampai siswa berusia 16 tahun.

Key stage 1; 5-7 tahun, key stage 2; 7-11 tahun, key stage 3; 11-14 tahun, key stage 4; 14-16 tahun. Siswa sendiri akan dinilai di akhir setiap tahap yang mana pada usia 16 tahun ketika siswa mengejar Sertifikat Pendidikan Menengah GCSE (General Certificate of Secondary Education). Setelah itu, mereka dapat memilih untuk melanjutkan ke pendidikan lebih lanjut atau pendidikan tinggi.

Ini dia 5 bagian utama sistem pendidikan Inggris

pendidikan di inggris
Sumber: gov.uk

Pendidikan Dasar

Pada pendidikan dasar, anak-anak akan meninggalkan sekolah dasar pada usia sebelas tahun dan pindah ke sekolah menengah.

Pendidikan Menengah

Dari usia 11-16 tahun, siswa memasuki sekolah menengah dan memulai mempersiapkan diri untuk mengambil GCSE.

Pendidikan Lanjutan

Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, siswa memiliki pilihan untuk menuju pendidikan lanjutan guna mengambil A-Level (Advance Level), BTEC (Business and Tech Education Council) atau kualifikasi lainnya. Jika ingin memulai kuliah atau universitas, siswa diwajibkan harus menyelesaikan pendidikan lanjutan.

Pendidikan Tinggi

Pendidikan tinggi di Inggris adalah perguruan tinggi dan universitas. Siswa biasanya memasuki pendidikan tinggi sebagai diploma dari usia 18 tahun dan seterusnya. Mereka bebas memilih kejuruan dan akademik sesuai keinginan mereka.

Persyaratan Masuk

Setiap pendidikan Inggris memiliki persyaratan yang berbeda dan harus dipenuhi untuk mendapatkan entri di tingkat tersebut. Salah satunya adalah sertifikat bahasa Inggris IELTS, TOEFL, atau UCLES. Apalagi buat kamu yang berasal dari luar Inggris dan ingin menuntut pendidikan internasional. Kamu diharuskan fasih berbahasa Inggris

Saat ini dengan kemajuan teknologi pendidikan maka bersekolah dan berkuliah di Inggris bukan suatu hal yang sulit. Kamu bisa mengambil kelas persiapan IELTS dan kelas bahasa Inggris lainnya untuk membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Tentu saja agar praktis dan fleksibel, kamu bisa menggunakan Cakap, aplikasi belajar bahasa Inggris dengan metode interaksi dua arah. Pesan kelas dengan mudah, atur jadwal belajar sendiri, ketemu secara virtual dengan native teacher, dan akses material secara online. Mudah bukan? Kamu juga bebas memilih paket belajar yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Selain belajar bahasa Inggris secara privat, kamu bisa belajar berkelompok dengan cara gabung Cakap English Club. Yuk, download aplikasinya di Android dan iOS.

Ingin mengetahui cerita lain di Exeter?