fbpx

Termasuk Tsinghua, Berikut 10 Universitas Terbaik di China

Negeri Tirai Bambu telah menjadi salah satu negara alternatif untuk melanjutkan kuliah. Hal ini disebabkan oleh kualitas pendidikannya yang baik dan juga biaya perkuliahan yang terjangkau. Apabila kamu berminat untuk berkuliah di China, berikut daftar 10 universitas terbaik di China.

Kesepuluh universitas terbaik ini disusun berdasarkan pemeringkatan mereka dalam QS World University Rankings 2020.

10. Beijing Normal University

Sumber: chinadaily.com.cn

Learn, so as to instruct others. Act, to serve as example to all.”

Demikianlah motto dari Beijing Normal University. Telah berdiri sejak tahun 1902, BNU telah menjadi universitas yang memiliki rekam jejak yang baik dan komprehensif dalam penelitian, khususnya di bidang sains dan humaniora, serta pendidikan.

Saat ini, BNU telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 500 universitas dan organisasi internasional dari 30 negara lebih. Setiap tahunnya, ada 2.000 pelajar internasional yang menjalani perkuliahan di BNU.

Universitas yang terletak di Beijing ini telah mendapatkan gelar sebagai world-class universities pada tahun 2017.

9. Tongji University

Sumber: studyinchinas.com

Tongji University merupakan salah satu universitas kunci di China. Universitas ini termasuk institusi pendidikan tinggi prestisius yang secara langsung berada di bawah kepemimpinan Kementerian Pendidikan. Selain itu, Tongji juga didukung oleh Pemerintah Kota Shanghai.

Bertujuan untuk mengembangkan China dan melayani dunia dengan sains dan teknologi, Tongji terus berkembang. Bahkan, universitas ini memberikan sejumlah dukungan teknis yang kuat untuk sejumlah strategi nasional. Salah satu di antaranya adalah Belt and Road Initiative.

8. Wuhan University

Sumber: ISAC Teach in China Program

Sama seperti Tongji University, Wuhan University juga termasuk salah satu universitas kunci di China. Universitas ini mendapat dukungan penuh dalam bidang infrasktruktur dan konstruksi dari pemeirntah pusat maupun lokal.

Asal mula dari Wuhan University dapat ditarik kembali pada Ziqiang Institute yang telah didirikan pada tahun 1893. Institut tersebut terus berkembang dan akhirnya berganti nama menjadi Wuhan National University pada tahun 1928. Wuhan University dapat dikatakan merupakan salah satu universitas nasional paling komprehensif dan modern pertama di China.

Sekarang ini, terdapat 6 fakultas dan 37 departemen di Wuhan University. Bidang yang terlingkup di universitas ini beberapa di antaranya adalah filsafat, ekonomi, hukum, pendidikan, sastra, sejarah, saind, teknik, agrikultur, kedokteran, manajemen, dan seni.

7. Nanjing University

Sumber: mendjouel.com

Nanjing University merupakan salah satu universitas papan atas di China. Universitas ini juga terkenal sebagai salah satu universitas pertama yang menerima pelajar internasional di China daratan. Setiap tahunnya, ada lebih dari 3.000 pelajar internasional yang berkuliah di Nanjing.

Hingga sekarang, Nanjing telah pernah menerima lebih dari 25.000 pelajar dari 120 negara. Setelah lulus, para pelajar ini telah berkarir di bidang masing-masing, mulai dari politik, bisnis, akademis, dan lainnya.

6. University of Science and Technology of China

Sumber: archdaily.com

University of Science and Technology of China (USTC) merupakan universitas bereputasi baik di seluruh negeri, bahkan dunia. Universitas ini didirikan oleh Chinese Academy of Sciences (CAS) pada tahun 1958 di Beijing. Pendirian USTC ini merupakan langkah strategis dari pemerintah China untuk memenuhi kebutuhan sains dan teknologi di China serta untuk meingkatkan nilai kompetisi China di tingkat internasional.

Pendirian dari USTC ini pada akhirnya dijuluki sebagai “a great event in the history of education and science of China.” Pada tahun 1970, USTC pindah ke lokasinya yang sekarang di Hefei, Provinsi Anhui.

5. Shanghai Jiao Tong University

Sumber: umji.sjtu.edu.cn

Shanghai Jiao Tong University (SJTU) didirikan pada tahun 1896 sebagai Nanyang College. Terletak di Shanghai, STJU memberikan suasana kehidupan kampus yang secara budaya kaya dan beragam.

Fasilitas yang lengkap seperti perpustakaan, asrama, dan juga laboratarium penelitian tersedia di universitas seluas 400 hektare ini. Kemudian, STJU juga memberikan kesempatan bagi para mahasiswanya untuk melakukan pertukaran pelajar dan magang di universitas mitra di luar negeri.

4. Zhejiang University

Sumber: timeshighereducation.com

Didirikan pada tahun 1897, Zhejiang University awalnya dikenal sebagai Qiushi Shuyuan (Qiushi Academy), salah satu institusi pendidikan tinggai modern pertama di China. Pada September 1998, Zhejiang University baru hadir berdasarkan amalgamasi dari empat universitas seperti Zhejiang University, Hangzhou University, Zhejiang Agricultural University, dan Zhejiang Medical University.

Terletak di Hangzhou, Zhejiang University memiliki iklim yang hangat dan pemandangan yang indah. Maka dari itu, universitas ini menjadi tempat yang tepat untuk pengajaran, penelitian, dan juga pembelajaran.

3. Fudan University

Sumber: smapse.com

Fudan University telah didirikan sejak tahun 1905 sebagai Fudan Public School. Institusi ini merupakan institusi pendidikan tinggi pertama yang didirikan oleh pendidik modern terkenal di China, Ma Xiangbo.

Nama Fudan berasal dari Biography of Yuxia dalam Classic of History, ketika fu berarti kembali dan dan berarti fajar. Kedua karakter tersebut dapat ditemukan dalam salah satu kutipan terkenal “brilliant are the sunshine and moonlight, again the morning glory after the night.”

Pada tahun 2020, Fudan University berhasil menduduki posisi ke-40 dalam pemeringkatan QS. Hal ini menjadikan Fudan sebagai universitas terbaik ketiga di China.

2. Peking University

Sumber: pinterest.com

Peking University merupakan salah satu universitas kunci dan paling komprehensif di China. Universitas ini dikenal sebagai “Yan Yuan” atau the garden of Yan. Peking University terletak di Distrik Haidian dia bagian barat Beijing, tidak jauh dari Taman Yuanmingyuan dan Istana musim panas.

Peking University pada akhirnya menjadi pusat pengajaran dan penelitian dalam berbagai bidang. Mulai dari ilmu terapan, sosial, humaniora, kedokteran, manajemen, dan pendidikan. Menduduki posisi ke-22 dalam pemeringkatan QS, pada akhirnya membuat Peking University menjadi universitas terbaik kedua di China.

1. Tsinghua University

Sumber: beyondborders.dtu.dk

Terletak di pinggiran kota Beijing bagian barat laut, Tsinghua University menghadirkan nilai-nilai budaya China dan juga barat. Hal ini sebagai bentuk upaya Tsinghua mendidik para mahasiswa dengan integritas.

Tsinghua telah berdiri sejak tahun 1911 dan awalnya berfungsi sebagai sekolah persiapan siswa yang akan bersekolah di Amerika Serikat. Maka dari itu, Tsinghua disebut sebagai Tsinghua Xuetang (Tsing Hua Imperial College).

Hingga sekarang, Tsinghua dikenal sebagai salah satu universitas paling prestisius dan berpengaruh di China. Tujuan utama dari Tsinghua adalah mengembangkan solusi inovatif untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di China dan dunia.

Demikian daftar 10 universitas terbaik di China. Apakah kamu tertarik untuk mendaftar salah satunya, Kawan Rantau?

Baca juga 5 universitas yang tawarkan jurusan ilmu sosial terbaik.

For Your Information

Mengapa saya harus kuliah di China?

China menawarkan kuliatas pendidikan yang baik dengan biaya terjangkau.

Di mana universitas terbaik di China berada?

Bacalah artikel ini untuk tahu jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?