fbpx

Termasuk Mendeley, Berikut Alat Bantu Menulis Sitasi dan Daftar Pustaka

Ketika mengerjakan tugas kuliah, baik esai maupun makalah, maka kamu tidak akan jauh-jauh dari membuat daftar pustaka dan sitasi. Tidak mencantumkan referensi pada tulisan bisa membuat nilaimu berkurang. Bahkan, dalam kasus yang lebih parah, kamu akan dianggap melakukan plagiarisme. Lalu, adakah alat bantu untuk menulis sitasi dan daftar pustaka untuk memudahkanmu mengerjakan tugas kuliah?

Berikut sejumlah alat bantu menulis sitasi dan daftar pustaka yang bisa kamu manfaatkan. 

Cite This For Me

Alat bantu menulis sitasi - Cite this for me
Sumber: citethisforme.com

Jenis sitasi Harvard? APA? MLA? Chicago? Terkadang jenis sitasi malah membuat kamu bingung dan salah ketika menuliskannya. Maka dari itu, Cite This For Me hadir untuk membantu kamu.

Menggunakan alat satu ini termasuk mudah. Kamu hanya perlu menggunakan Cite This For Me sebagai Chrome extension. Kemudian, kunjungi halaman yang ingin kamu kutip dan klik ikon dari Cite This For Me. Setelah itu, Cite This For Me akan menghasilkan sitasi yang tepat dan kamu hanya perlu menyalinnya.

Dilansir dari situs resminya, kamu bisa menggunakan Cite This For Me untuk mengutip berbagai jenis sumber, mulai dari buku, video, ataupun gambar. Menarik, bukan?

Mendeley

Alat bantu menulis sitasi - Mendeley
Sumber: elsevier.com

Mendeley bukanlah sekadar alat gratis untuk membantu kamu membuat sitasi dan daftar pustaka. Akan tetapi, alat satu ini juga berfungsi sebagai jejaring sosial untuk para akademis yang memungkinkan kamu untuk berbagi hasil penelitian dengan pengguna lain.

Platform ini pada dasarnya dimiliki oleh Elsevier dan memiliki ribuan grup yang akan membantumu menemukan referensi yang tepat. Kemudian, kamu juga bisa terlibat dalam diskusi yang tersedia dalam platform ini.

Zotero

Alat bantu menulis sitasi - Zotero
Sumber: sp.library.miami.edu

Zotero merupakan salah satu jenis alat sitasi yang mirip dengan Mendeley. Sekarang ini, Zoter mendukung lebih dari 9.000 jenis sitasi. Dengan demikian, alat satu ini akan memudahkan kamu untuk menggunakan jenis sitasi apapun yang sesuai dengan panduan yang kamu gunakan.

Lalu, alat satu ini juga bisa langsung kamu integrasikan dengan aplikasi lainnya seperti Word dan Google Docs.

Zotero juga memungkinkan kamu mengatur penelitian sesuai dengan keinginanmu, termasuk menyortir jenis sumber hingga memberikan kata kunci. Dengan demikian, kamu bisa menemukan kumpulan artikel jurnalmu menjadi lebih rapi dan mudah untuk dibaca.

Pastinya, ketiga alat bantu menulis sitasi ini akan sangat memudahkanmu selama di perkuliahan. Selain mudah digunakan, kebanyakan alat ini bersifat gratis. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bisa menggunakannya.

Baca juga informasi mengenai JStor, perpustakaan digital sumber jurnal-jurnal tua.

For Your Information

Mengapa penting untuk mencantumkan sitasi dalam karya tulis?

Hal ini untuk menghindari dugaan upaya melakukan plagiarisme, Kawan Rantau.

Apa saja alat bantu yang bisa saya gunakan untuk membuat sitasi?

Baca artikel ini dan kamu bisa menemukan jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?