fbpx

Termasuk Beijing dan Shanghai, Berikut Daftar 3 Kota Ramah Pelajar di China

Bukanlah suatu rahasia apabila China dikenal sebagai pusat perekonomian di Kawasan Asia. Tidak hanya itu, China juga merupakan pusat teknologi dan juga bisnis. Maka dari itu, minat pelajar untuk menempuh studi di negara satu ini terus meningkat. Pada akhirnya, China menjadi salah satu negara tujuan favorit para pelajar internasional. Kali ini, kami akan membahas 3 kota ramah pelajar yang ada di China. 

Well, daftar ini kami ambil dari pemeringkatan QS Best Student Cities 2019.

Beijing

Kota ramah pelajar di China - Beijing
Sumber: qantas.com

Ibu kota dari China ini telah menjadi pusat perpolitikan dari zaman Kekaisaran. Maka dari itu, kamu bisa menemukan berbagai peninggalan bersejarah kota ini. Setidaknya, terdapat 7 situs peninggalan dunia UNESCO yang berada di Beijing. Salah satu situs yang terkenal adalah Tembok Besar China yang terletak tak jauh dari China.

Dari semua kota yang ada di China, Beijing memiliki fokus pada sejumlah topik seperti sejarah, bahasa, perekonomian, dan kebudayaan China. Pembelajaran tersebut kemudian akan dipengaruhi oleh gaya pengajaran Konfusius. 

Meskipun terlihat serius, ternyata Beijing juga menyajikan berbagai pilihan kuliner dan juga bersantai. Kemudian, Beijing juga dikenal sebagai pemilik sistem kereta bawah tanah yang paling efisien di dunia.

Berdasarkan pemeringkatan QS, Beijing berhasil menduduki peringkat ke-32 dan mengukuhkan posisinya sebagai kota pelajar terbaik di China. Sejumlah universitas terbaik yang dapat kamu temukan di Beijing adalah sebagai berikut:

  1. Tsinghua University
  2. Peking University
  3. Beijing Normal University

Shanghai

Sumber: globaltimes.cn

Apabila pusat pemerintahan China terletak di Beijing, maka Shanghai dikenal sebagai pusat perdagangan dan keuangan di China. Kemudian, di kota ini juga terdapat salah satu pelabuhan tersibuk di dunia.

Sebagai salah satu penyangga sektor industri China, maka Shanghai mendapatkan keuntungan dalam hal perkembangan di bidang arsitektur maupun budaya. Kebanyakan, para pelajar internasional memilih untuk kuliah di Shanghai karena kenyamanan dan konektivitas yang ditawarkan.

Sebagai kota terbesar secara populasi di dunia, Shanghai juga dikenal sebagai pertemuan kebudayaan timur dan barat. Kamu bisa menemukan gedung-gedung pencakar langit dan bangunan tradisional di kota ini. 

Dalam pemeringkatan QS, peringkat Shanghai hanya terpaut satu posisi saja dari Beijing, yakni di peringkat ke-33. Pilihan universitas terbaik yang ada di Shanghai adalah sebagai berikut:

  1. Fudan University
  2. Shanghai Jiao Tong University
  3. Tongji University

Nanjing

Kota ramah pelajar di China - Nanjing
Sumber: archdaily.com

Nanjing merupakan kota ketiga di China yang berhasil memasuki peringkat 100 kota pelajar terbaik versi QS. Kali ini, ibu kota pada masa Dinasti Ming ini berhasil menduduki peringkat ke-99.

Pada dasarnya, Nanjing dikenal sebagai Southern Capital dan merupakan pusat kebudayaan, pendidikan, penelitian, transportasi, dan sejarah terbesar di China. Nanjing juga dikenal sebagai satu dari empat ibu kota kuno terbesar di China.

Nanjing merupakan kota paling ramah ditinggali dan juga indah. Dengan populasi mencapai 11.7 juta jiwa, kamu bisa menemukan atmosfer yang lebih longgar di Nanjing, apalagi kalau dibandingkan dengan kota-kota besar seperti Beijing dan Shanghai. Lalu, salah satu faktor mengapa Nanjing tepat bagi pelajar adalah biaya hidupnya yang lebih terjangkau.

Universitas pilihan yang ada di Nanjing dan termasuk ke dalam pemeringkatan QS adalah Nanjing University dan Southeast University.

Selain ketiga kota di atas, kamu juga bisa memilih Wuhan dan juga Shenzhen sebagai kota pilihanmu untuk tinggal di China, Kawan Rantau. Pada dasarnya, setiap kota di China memiliki ciri khas masing-masing dan hal itulah yang membuat mereka menjadi kota pelajar terbaik.

Baca juga daftar 10 universitas terbaik yang ada di China.

For Your Information

Mengapa China menjadi semakin populer di mata pelajar internasional?

Bukanlah suatu rahasia apabila China dikenal sebagai pusat perekonomian di Kawasan Asia. Tidak hanya itu, China juga merupakan pusat teknologi dan juga bisnis. Maka dari itu, minat pelajar untuk menempuh studi di negara satu ini terus meningkat.

Dimana kota ramah pelajar terbaik di China?

Baca ulasannya di artikel ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?