fbpx

Temukan Jurusan Bisnis Terbaik di 3 Universitas Malaysia Berikut Ini

Melanjutkan studi di Kawasan Asia Tenggara bisa menjadi pilihan bagi para pelajar Indonesia. Salah satu negara tujuan favorit tentu saja adalah Malaysia. Kedekatan secara historis dan geografis membuat banyak pelajar Indonesia yang tertarik melanjutkan studi di Negeri Jiran. Kali ini, kami akan membahas 3 universitas di Malaysia yang menawarkan jurusan bisnis terbaik. Kira-kira, universitas mana saja yang termasuk ke dalam daftar ini? Berikut pembahasan kami selengkapnya.

1. Universiti Malaya (UM)

Sumber: vulcanpost.com

Fakultas Bisnis dan Akuntansi dari Universiti Malaya (UMFBA) telah secara penuh terakreditasi oleh Association of MBAs (AMBA) dan Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) International. Akreditasi tersebut menunjukkan pencapaian standar tertinggi untuk pendidikan pascasarjana bisnis di UMFBA, khususnya di bidang kurikulum, pengajaran, penelitian, dan fasilitas. Akreditasi tersebut pada akhirnya memberikan program-program yang ada di UMFBA diakui kredibilitas dan statusnya secara internasional.

Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2020, UMFBA berhasil menduduki peringkat ke 51-100 dunia. Hal ini menjadikan UMFBA sebagai universitas terbaik di Malaysia untuk jurusan bisnis.

Dengan berkuliah di UMFBA, kamu akan diajari langsung oleh para ahli di bidang bisnis. Kemudian, UMFBA juga merupakan lingkungan kampus yang beragam. Kamu bisa menemukan banyak sekali pelajar maupun pengajar dari berbagai negara di universitas satu ini. Otomatis, universitas ini memang terbuka bagi pelajar internasional. 

Untuk program sarjana, UMFBA menawarkan program Bachelor of Accounting (BAcc), Bachelor of Business Administration (BBA), dan Bachelor of Finance (BFin). Apabila kamu tertarik untuk menjalani perkuliahan di UMFBA, kamu harus memenuhi persyaratan kecakapan Bahasa Inggris, baik IELTS atau TOEFl, yang disyaratkan.

2. Universiti Putra Malaysia (UPM)

Sumber: http://www.cikguayu.my

Putra Business School merupakan sekolah bisnis yang ada di UPM. Sekolah satu ini telah berdiri sejak tahun 1997 dan menjadi salah satu sekolah bisnis nasional terbaik di Malaysia. Tak lupa, sekolah ini juga memiliki reputasi yang baik di tingkat internasional.

Pada dasarnya, PBS merupakan sekolah pascasarjana bisnis pertama yang mendapatkan akreditasi AACBS. Selain itu, PBS juga berhasil mendapatkan akreditasi untuk Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st Century Organisation (ABEST21).

Sekarang ini, PBS berhasil menduduki peringkat sekolah bisnis terbaik kedua di Malaysia. Dalam pemeringkatan QS, PBS berhasil memasuki daftar 200 universitas bisnis terbaik sedunia.

Sejumlah program studi yang bisa kamu temukan di PBS adalah sebagai berikut:

  1. Master of Economics
  2. Master of Entrepreneurship
  3. Master of Finance
  4. Master of Business Administration
  5. Master of Science
  6. Doctor of Philosophy

3. Universiti Sains Malaysia

Sumber: educationmalaysia4u.blogspot.com

Universitas terakhir yang masuk ke dalam daftar ini adalah Universiti Sains Malaysia. Meskipun berfokus pada bidang sains, USM juga menawarkan salah satu jurusan terbaik di negara tersebut.

Untuk Graduate School of Business (GSB), mereka didirikan untuk memenuhi kebutuhan industri serta mempromosikan keberlanjutan bisnis di Malaysia. Pada akhirnya, GSB menjadi salah satu rujukan sekolah bisnis terbaik di Kawasan Asia. Tak heran apabila dalam pemeringkatan QS pun, GSB dari USM berhasil masuk ke daftar 200 universitas terbaik dunia.

Pengembangan dari GSB pada dasarnya sejalan dengan tujuan besar dari USM sebagai universitas berkelanjutan. Kemampuan dari GSB untuk menggabungkan kajian administrasi bisnis dengan berbagai penelitian di disiplin lainnya dapat menghasilkan perubahan agen di bidang manajemen bisnis lainnya. Hal inilah yang menjadi salah satu ciri khas dari GSB di USM.

Pilihan sekolah bisnis lainnya di Malaysia dapat kamu temukan di Taylor’s University dan juga Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Tentunya, melanjutkan studi bisnis di Malaysia bisa menjadi alternatif pilihanmu untuk studi di luar negeri. Apakah kamu setuju, Kawan Rantau?

Baca juga daftar 3 universitas terbaik di Malaysia dalam hasilkan lulusan siap kerja.

For Your Information

Apa yang membuat Malaysia jadi favorit pelajar internasional?

Kedekatan secara historis dan geografis membuat banyak pelajar Indonesia yang tertarik melanjutkan studi di Negeri Jiran.

Apa saja universitas terbaik di Malaysia untuk jurusan bisnis?

Temukan jawabannya di artikel ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Kuala Lumpur?