fbpx

Taiwan Mencabut Larangan Perjalanan untuk 13 Negara

Taiwan merupakan salah satu negara di Asia yang berhasil menanggulangi COVID-19 dengan baik. Di saat negara lain melakukan kebijakan lockdown, para warga di Taiwan bisa beraktivitas seperti biasa. Maka dari itu, tak heran apabila Taiwan mencabut larangan perjalanan untuk 13 negara.

Tentunya, hal ini menjadi angin segar bagi para pelajar internasional. Dengan adanya pencabutan tersebut, maka pelajar dapat kembali ke Taiwan dan melanjutkan perkuliahan.

Pelajar internasional di Taiwan

Sumber: unsplash.com

Pada akhir tahun 2019, terdapat lebih dari 63.000 pelajar internasional di Taiwan. Hal ini menunjukkan bahwa Taiwan telah menjadi salah satu negara tujuan para pelajar internasional untuk dipertimbangkan.

Berdasarkan hasil survei dari Foundation for International Cooperation in Higher Education of Taiwan (FICHET), 85.6% pelajar internasional di Taiwan berasal dari Asia. Sedangkan sisanya berasal dari kawasan lainnya, seperti Afrika dan Eroopa.

Sejumlah alasan dikemukakan para pelajar mengapa mereka memilih untuk melanjutkan studi di Taiwan. Beberapa di antaranya menyatakan bahwa Taiwan termasuk negara yang menjunjung tinggi kebebasan dan keterbukaan. Selain itu, banyaknya beasiswa yang tersedia serta biaya perkuliahan yang terjangkau membuat Taiwan menjadi lebih diminati.

Mencabut larangan perjalanan untuk 13 negara

Agar para pelajar internasional dapat kembali ke Taiwan, maka Taiwan mencabut larangan perjalanan untuk sejumlah negara. Beberapa di antaranya adalah Australia, Bhutan, Brunei, Fiji, Hong Kong, Makau, Mongolia, Selandia Baru, Palau, Thailand, dan Vietnam.

Apabila para pelajar dari negara tersebut kembali ke Taiwan, maka mereka akan menjalani masa karantina setibanya di Taiwan. Mereka juga akan diminta untuk tinggal sementara di tempat karantina yang telah disediakan.

Bagaimana dengan Indonesia?

Sumber: architectsjurnal.co.uk

Memang untuk saat ini pelajar Indonesia belum diperbolehkan kembali ke Taiwan. Akan tetapi, pihak Kementerian Pendidikan Taiwan secara berkala akan meminta Central Epidemic Command Center (CECC) untuk menyediakan daftar terbaru mengenai negara berisiko rendah yang diperbolehkan masuk ke Taiwan.

Dengan demikian, apabila keadaan di Indonesia terus membaik, kemungkinan Taiwan juga bisa mencabut larangan penerbangan bagi warga negara Indonesia.

Baca juga pembahasan mengenai Pemerintah Perancis yang mengutamakan para pelajar internasional.

For Your Information

Bagaimana kondisi Taiwan selama pandemi COVID-19?

Taiwan merupakan salah satu negara di Asia yang berhasil menanggulangi COVID-19 dengan baik. Di saat negara lain melakukan kebijakan lockdown, para warga di Taiwan bisa beraktivitas seperti biasa.

Mengapa Taiwan mencabut larangan perjalanan untuk sejumlah negara?

Baca pembahasan kami selengkapnya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Taipei?