fbpx

Tahukah Kamu, Inilah 3 Universitas Terbaik di Thailand

Tiap tahunnya, Thailand berhasil menarik lebih dari 16 juta pengunjung, baik sebagai turis maupun bagpacker. Pemandangan alam yang begitu indah serta kebudayaan yang tetap terjaga, membuat negeri Gajah Putih ini menjadi destinasi wisata favorit. Selain sebagai tempat wisata, Thailand juga menyediakan institusi pendidikan terbaik bagi mahasiswa internasional, lho. Yuk, kenali 3 universitas terbaik di Thailand berikut ini.

Chulalongkorn University

anakrantau-universitas-terbaik-thailand
Sumber: chula.ac.th

Chulalongkorn University merupakan universitas dengan peringkat tertinggi di Thailand. Menduduki peringkat ke-50 dalam QS Asia University Rankings 2018, Chulalongkorn University berhasil menarik minat para mahasiswa asing untuk berkuliah di sini.

Universitas ini telah berdiri sejak tahun 1917 dan didirikan oleh Raja Vajiravudh. Chulalongkorn University terletak di kota Bangkok, ibukota dari Thailand. Terdapat 38 fakultas yang ada di universitas ini. Pada tahun 2019, jumlah mahasiswa di Chulalongkorn University mencapai 37.280 orang.

Apabila kamu berkesempatan untuk berkuliah di sini, maka kamu bisa menemukan sejumlah acara keren yang diadakan di Chulalongkorn. Salah satunya adalah Loy Krathong, sebuah perayaan hari bulan penuh pada bulan November. Kemudian, ada juga Chulalongkorn Academic Exhibition, sebuah pameran pendidikan paling bergengsi di Thailand.

Beberapa disiplin ilmu yang menjadi unggulan dari Chulalongkorn adalah, teknik, bahasa modern, kimia, ilmu biologi, farmasi, dan juga kedokteran.

Mahidol University

Mahidol University - Universitas terbaik di Thailand
Sumber: latrobe.edu.au

Sama-sama terletak di Bangkok, Mahidol University juga menjadi universitas terbaik di Thailand. Berdiri sejak tahun 1888, menjadikan Mahidol University sebagai sekolah kedokteran pertama di Thailand. Hingga saat ini, ilmu kesehatan menjadi unggulan dari universitas yang mendapat ranking ke-58 di Asian Ranking.

Terdapat nilai-nilai utama yang dipegang teguh oleh Mahidol University, yakni Mastery, Altruism, Harmony, Integrity, Determination, Originality, dan Leadership.

Selain kampus utama yang terletak di Bangkok, Mahidol University juga memiliki beberapa kampus lain di provinsi Nakhon Sawan, Kanchanaburi, dan Amnat Charoen.

Chiang Mai University

Chiang Mai University - universitas terbaik di Thailand
Sumber: trip.com

Berpindah ke luar Bangkok, ada Chiang Mai University yang menduduki peringkat ke-112 di Asian Ranking. Universitas ini memang tergolong lebih muda apabila dibandingkan dengan Chulalongkorn dan Mahidol. Iya, Chiang Mai University baru didirikan pada tahun 1965 dan menjadi institusi pendidikan tinggi pertama di Thailand bagian utara.

Kampus utama yang terletak di antara Kota Chiang Mai dan Gunung Doi Suthep, membuatnya terdiri dari hutan lindung yang hijau. Tak heran apabila kampus ini terlihat lebih hijau dan menenangkan.

Agrikultur dan kehutanan mejadi jurusan yang diunggulkan oleh universitas ini.

Selain ketiga universitas di atas, ada juga universitas lainnya yang patut kamu pertimbangkan, yakni: Thammasat University, Kasetsart University, King Mongkut’s University of Technology Thonburi, dan Khon Kaen University.

Baca juga Mengenal 3 Universitas yang Tawarkan Jurusan Teknik Terbaik di Jepang.

For Your Information

Mengapa saya harus kuliah di Thailand?

Selain Singapura dan Malaysia, Thailand bisa menjadi alternatif pilihan destinasi kuliahmu di Asia Tenggara.

Apa keistimewaan dari Chulalongkorn University?

Chulalongkorn University merupakan universitas terbaik di Thailand menurut pemeringkatan QS. Jadi, universitas ini menjadi salah satu universitas yang istimewa di Thailand.

Apa saja universitas terbaik yang ada di Thailand?

Bacalah artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Bangkok?