fbpx

Meski Terdampak COVID-19, Swedia Masih Jadi Favorit Pelajar

Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak bagi seluruh bidang, termasuk untuk pendidikan tinggi. Banyak pelajar yang membatalkan rencana studi mereka untuk kuliah di luar negeri tahun ini. Akan tetapi, ternyata terdapat pertumbuhan yang positif di Swedia. Yap, ternyata Swedia masih menjadi negara favorit bagi para pelajar internasional.

Ada penambahan jumlah

swedia favorit pelajar
Sumber: Study-Domain.com

Sejak Maret, universitas-universitas di Swedia telah menerapkan pembelajaran jarak jauh. Kemudian, untuk pendaftaran perkuliahan sendiri telah ditutup pada bulan April.

Swedia dikenal sebagai salah satu negara tujuan favorit para pelajar internasional. Kualitas pendidikan yang mumpuni serta biaya yang murah menjadi sejumlah alasan mengapa para pelajar tertarik untuk belajar di negara ini. Hal ini disampaikan oleh Douglas Washburn, marketing manager dari Swedish Institute dan Study in Sweden.

“Tahun ini menjadi salah satu tahun yang sangat positif bagi universitas-universitas yang ada di Swedia,” terang Washburn. “Kami melihat adanya peningkatan jumlah pelajar internasional yang mendaftar di Swedia sebanyak 12% dibandingkan dengan tahun lalu.”

Sejumlah pelajar tertarik untuk belajar di Swedia karena nilai-nilai progresif yang ada, seperti keberlanjutan dan kesetaraan. Selain itu, Swedia juga dikenal sebagai negara yang aman dan juga modern.

Ketidakpastian jalannya perkuliahan di musim gugur

swedia favorit pelajar
Sumber: http://www.oru.se

Meskipun jumlah pendaftar di universitas yang ada di Swedia meningkat, jalannya perkuliahan di semester ke depan masih menjadi tanda tanya. Akan tetapi, kemungkinan pembelajaran daring masih menjadi pilihan.

University of Boras, salah satu institusi pendidikan tinggi di Swedia menyatakan ada 57% peningkatan jumlah pendaftar untuk semester musim gugur. Akan tetapi, untuk pelaksanaan perkuliahan diumumkan akan diselenggarakan secara digital.

Universitas lainnya di Swedia belum mengeluarkan pernyataan lebih lanjut. Akan tetapi, banyak yang berharap bahwa kabar positif akan segera hadir.

Baca juga popularitas Jerman yang meningkat di mata pelajar.

For Your Information

Mengapa saya harus kuliah di Swedia?

Swedia dikenal sebagai salah satu negara tujuan favorit para pelajar internasional. Kualitas pendidikan yang mumpuni serta biaya yang murah menjadi sejumlah alasan mengapa para pelajar tertarik untuk belajar di negara ini.

Bagaimana prospek pelajar internasional di Swedia seteah COVID-19?

Baca artikel ini untuk tahu detailnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Stockholm?