fbpx

Sudah Rilis! 10 Universitas Terbaik di Dunia Tahun 2020

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai enam metrik yang digunakan oleh QS World University Rankings untuk mengukur peringkat seluruh universitas yang ada di dunia, dan berikut hasilnya!

10. University of Chicago

Sumber: WBEZ

Di tahun sebelumnya, 2019, University of Chichago menduduki peringkat ke-9 di dunia. Periode tahun 2020, universitas ini harus mundur selangkah dan menduduki peringkat ke-10 dalam jajaran Top University dengan skor penilaian 92. Sebagai sebuah universitas riset swasta yang berbasis di kota ketiga terpadat Amerika Serikat, Chichago, memiliki reputasi sangat baik di bidang pendidikan professional. Sebut saja Pritzker School of Medicine, Booth School of Business, dan Harris School of Public Policy Studies.

9. Imperial College London

Sumber: http://www.imperial.ac.uk

Turun satu peringkat dari tahun 2019, yaitu peringkat ke- 8 menjadi peringkat ke-9 untuk periode tahun 2020 dengan skor penilaian 94.1. Imperial College London terletak di South Kensington, sebuah daerah di London yang dijuliki ‘Albertopolis’. Merupakan satu-satunya institusi perguruan tinggi di Inggris yang hanya berfokus pada sains, teknik, kedokteran, dan bisnis.

8. University College London (UCL)

Sumber: UCL

UCL mengalami peningkatan yang cukup signifikan di tahun 2020, dimana dari peringkat ke-10 naik menjadi peringkat ke-8 Top University dengan skor penilaian 94.8. Dikenal dengan reputasi yang sangat baik di bidang penelitian dan pengajaran, dibuktikan dengan hasil penelitiannya yang terkemuka dalam Research Excellence Framework (REF) 2014.

7. University of Cambridge

Sumber: FMT

Turun satu peringkat dari tahun 2019, peringkat ke-6 menjadi peringkat ke-7 untuk periode tahun 2020 dengan skor penilaian 95. Terletak di pusat kota kuno Cambridge, sebelah utara London, University of Cambridge merupakan perguruan tinggi sekaligus institusi penelitian publik  yang melayani lebih dari 18.000 mahasiswa dari berbagai negara.

6. Swiss Federal Institute of Technology (ETH Zurich)

Sumber: ETH Zürich

Naik dari peringkat ke-7 menjadi peringkat ke-6 dengan skor penilaian 95.9, ETH Zurich merupakan salah satu universitas terkemuka di dunia dalam bidang sains dan teknologi dibuktikan dengan alumninya yang sudah lebih dari 20 orang memenagkan hadiah Nobel.

 5. California Institute of Technology (Caltech)

Sumber: Student Portal

Turun satu peringkat di periode tahun 2020 dengan skor penilaian 96.9, Caltech merupakan lembaga pendidikan terkemuka di bidang penelitian serta pendidikan sains dan teknologi yang berlokasi di Pasadena, California. Selain hasil penelitian yang diakui dunia, Caltech juga didukung dengan fasilitas super seperti Jet Propulsion Laboratory (milik NASA), Caltech Seismological Laboratory, dan International Observatory Network.

 4. University of Oxford

Sumber: BBC.com

University of Oxford mengalami kenaikan satu tingkat di periode tahun 2020, merupakan universitas tertua yang berlokasi di Oxford, Inggris. Selain diakui dunia dari segi akademik, universitas ini telah menghasilkan 58 lulusan penerima hadiah Nobel.

3. Harvard University

Sumber: New York Post

Berhasil mempertahankan posisi ke-tiga di tahun 2020 dengan skor penilaian 97.4, Harvard University merupakan institusi pendidikan tertua di Amerika Serikat, rumah bagi perpustakaan akademik terbesar di dunia.

2. Stanford University

Sumber: Stanford University

Tetap bertahan pada posisi ke-2 Top University dengan skor penilaian 98.4, Stanford University terletak di jantung Sillicon Valley, California Utara. Dijuluki sebagai “pabrik miliader”, karena para lulusannya yang banyak menguasai salah satu dari sepuluh sektor perekonomian di dunia.

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Sumber: Culture Trip

MIT berhasil mempertahankan posisinya sebagai yang pertama dan terbaik di dunia sebagai lembaga pendidikan terkemuka di bidang teknologi dan industri serta institusi riset swasta. Lebih dari 59 orang lulusannya telah memenagkan Hadiah Nobel.