fbpx

Zoombombing, Upaya Mengacaukan Kelas Daring di Zoom

Dalam beberapa minggu terakhir, Zoom telah menjadi salah satu platform paling berguna untuk melakukan video conference. Baik sekolah, universitas, ataupun perusahaan menggunakan platform ini selama pandemi COVID-19 melanda. Sayangnya, terdapat satu fenomena yang agaknya cukup menganggu para pengguna, yakni Zoombombing, upaya mengacaukan pertemuan seperti kelas daring di Zoom.

Mengapa Zoom jadi populer?

kelas daring zoom
Sumber: blog.zoom.us

Salah satu alasan mengapa Zoom sangatlah populer karena platform ini memungkinkan banyak pengguna untuk melakukan video call secara bersamaan. Kemudian, juga ada fitur penjadwalan yang mudah diatur.

Masalah keamanan dan privasi

Akhir-akhir ini, Zoom dilaporkan memiliki kekurangan di aspek keamanan dan privasi. Hal ini menyebabkan apa yang disebut sebagai Zoombombing. Adanya celah tersebut membuat “tamu-siber” tak diundang dapat masuk ke dalam “kelas” dan mengacaukan pertemuan yang sedang berjalan.

Slah satu insiden yang terjadi adalah video pornografi yang terputar selama mata kuliah “Introduction to Storytelling” berlangsung di Arizona State University.

Yang lebih mengkhawatirka, tak perlu jadi peretas genius untuk mengacaku kelas daring di Zoom. Dilansir dari CNET, sangatlah mudah bagi seseorang untuk masuk ke dalam pertemuan Zoom. Asalkan kamu memiliki akses pada tautan tak terproteksi dan juga kode Zoom yang bisa ditemukan di mana saja di Google atau media sosial, maka kamu bisa masuk ke “pertemuan” mana saja.

Tanggapan pihak Zoom

kelas daring zoom
Eric Yuan. Sumber: bloomberg.com

Untungnya, pihak Zoom telah menyadari celah dalam fitur keamanan mereka. Maka dari itu, mereka segera melakukan tindakan untuk menanggulangi permasalahan ini. Harapannya, insiden Zoobombing tidak akan terjadi lagi ke depannya.

Menurut The Verge, Zoom akan segera menyelesaikan permasalahan keamanan dan privasi untuk 30 hari ke depan. Eric Yuan selaku CEO dari Zoom menyatakan bahwa Zoom tidak pernah menyangka bahwa akan ada kenaikan jumlah pengguna Zoom seperti sekarang ini.

Kalau kamu bagaimana, Kawan Rantau? Apakah ada pengalaman lain yang kamu alami selama menggunakan Zoom untuk melaksanakan kelas daring?

Baca juga daftar tur vitual museum yang bisa kamu kunjungi di rumah.

For Your Information

Apa itu Zoom?

Zoom merupakan salah satu platform yangmemungkinkan banyak pengguna untuk melakukan video call secara bersamaan.

Apa itu Zoobombing?

Upaya mengacaukan pertemuan seperti kelas daring di Zoom oleh tamu-siber tak diundang.

Apa kekurangan dari Zoom?

Baca artikel ini untuk tahu pembahasannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?