fbpx

Universitas di Jerman ini Tawarkan Jurusan Filsafat Terbaik

Pada tahun 2017, jurusan filsafat di Jerman mendapatkan perhatian yang cukup signifikan. Hal ini ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mendaftar jurusan ini hingga tiga kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya. Tak heran apabila universitas-universitas di negara ini berlomba-lomba untuk menawarkan jurusan filsafat terbaik. Dilansir dari QS World University Ranking 2019 by subject, berikut universitas di Jerman yang tawarkan jurusan filsafat terbaik.

Humboldt-Universitat zu Berlin

Humboldt Universitat zu Berlin - Jurusan Filsafat Terbaik di Jerman
Sumber: commons.wikimedia.org

Humboldt-Universitat telah berdiri sejak tahun 1810. Kala itu, Wilhelm von Humboldt berkeinginan untuk menciptakan iklim yang ideal untuk melakukan penelitian dan pengajaran di bidang filsafat tanpa adanya batasan. Ia juga berkeinginan untuk menyediakan pendidikan yang komprehensif bagi para siswa.

Humboldt-Universitat berhasil menjadi 10 universitas terbaik di Jerman. Untuk jurusan filsafat sendiri, Humboldt-Universitat berhasil menduduki posisi pertama versi QS University Ranking di Jerman. Hal ini disebabkan oleh banyaknya tradisi yang ada di jurusan ini, bahkan Johann Gottlieb Fichte dan Georg Wilhem Friedrich Hegel pernah mengajar di sini.

Sekarang, Departemen Filsafat di Humboldt-Universitat ini merupakan salah satu yang terbesar di Jerman. Beberapa fokus pengajaran di departemen ini adalah, Philosophy of Spirit, Philosophy of Science, Logic in Philosophy, Philosophy of Culture, Political Philosophy, dan Ethics. Para mahasiswa filsafat di universitas ini tidak hanya “diajar”, tapi juga mendapat kesempatan untuk terlibat dalam penelitian dan kegiatan pengajaran sedari awal

Ludwig-Maximilians-Universitat Munchen

Ludwig-Maximilians-Universitat Munchen - Jurusan Filsafat di Jerman
Sumber: store2be.com

Seperti yang tertera dalam namanya, Ludwig-Maximilians-Universitat Munchen, terletak di Munich. Telah berdiri sejak tahun 1472, LMU telah berhasil menarik minat dari para akademisi dan mahasiswa berbakat dari seluruh dunia. Hal ini menjadikan LMU sebagai pusat dari gagasan yang dapat menantang dan mengubah dunia yang kompleks.

Untuk jurusan filsafat, LMU membuka program untuk jenjang sarjana dan juga pasca sarjana. Penelitian di bidang filsafat yang menjadi fokus dari LMU adalah, ancient philosophy, Renaissance philosophy, German Idealism, metaphysics, philosophy of mind, epistemology, political philosophy, dan ethics. 

Lebih jauh, fokus dari program ini adalah ilmu filsafat dan logika, yang berhubungan dengan logika formal dan filosofis, prinsip-prinsip filsafat dasar, serta metodologi umum dari ilmu formal dan empiris.

Universitat Frankfurt am Main

Universitat Frankfurt am Main - Jurusan Filsafat di Jerman
Sumber: study.eu

Universitat Frankfurt am Main atau yang juga dikenal sebagai Goethe University Frankfurt merupakan universitas yang terletak di Frankfurt, Jerman. Didirikan pada tahun 1914, univesitas ini hadir dan didanai oleh masyarakat.

Terdiri dari 8 guru besar dan lebih dari 40 dosen, Institute of Philosophy di universitas ini menjadi institut filsafat terbesar dan paling terkenal di Jerman. Institut ini menawarkan program sarjana maupun pasca sarjana. Untuk program sarjana, perkuliahan akan berjalan selama tiga tahun dan menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa pengantar.

Selain ketiga universitas di atas, Eberhard Karls Universitat Tubingen dan Freie Universitaet Berlin juga bisa menjadi pilihan kamu untuk mendalami fisafat di Jerman. Akan tetapi memang kebanyakan universitas ini menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa pengantar. Jadi, kamu harus mendalami bahasa Jerman terlebih dahulu sebelum betul-betul bisa menjalani perkuliahan di sini. Jadi, tetap semangat ya!

Baca juga Mengenal 3 Universitas yang Tawarkan Jurusan Teknik Terbaik di Jepang


Ingin mengetahui cerita lain di Berlin?