fbpx

Sejumlah Tips Menulis Akademis yang Harus Kamu Tahu

Setelah kamu betu-betul diterima di satu universitas di luar negeri, tentu kamu akan mulai menyiapkan keberangkatanmu. Akan tetapi, adakah hal lain yang juga perlu kamu persiapkan? Yang harus kamu sadari, ketika kamu berada di perkuliahan, kamu akan banyak sekali menemukan tugas akademis. Supaya kamu lebih siap, berikut tips menulis akademis yang harus kamu tahu.

Menulis akademis tentu akan berbeda dengan saat kamu menulis tulisan biasa. Jenis tulisan ini punya standar tersendiri, baik cara penulisan, pengutipan, hingga bahasa yang digunakan. Memiliki kecakapan berbahasa Inggris saja tidak cukup karena belum tentu semua orang dapat menulis akademis dengan benar.

Buat kerangka

Tips menulis akademis
Sumber: pexels.com

Bagi mahasiswa Oxbridge, kerap kali, tugas seperti esai dan paper akan bertumpuk. Tentu saja tugas membuat esai atau paper sudah menjadi makanan sehari-hari seorang mahasiswa. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui cara untuk menuliskannya dengan baik.

Salah satu hal mendasar yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat kerangka terlebih dahulu. Biasanya, kamu akan diberikan topik atau pertanyaan mengenai suatu permasalahan. Setelah melakukan brainstorming, kamu akan mulai memiliki bayangan apa saja yang ingin kamu tuliskan.

Silakan buat kerangka tulisanmu dari ide-ide yang kamu temukan. Apabila kamu merasa kesulitan, kamu bisa minta bantuan pada teman atau seniormu untuk sedikit mengurai topik atau pertanyaan yang kamu dapatkan.

Lakukan riset

Tips menulis akademis
Sumber: pexels.com

Salah satu poin penting dalam menulis akademis adalah menulis berdasarkan data yang temukan. Data tersebut bisa didapatkan melalui riset secara langsung maupun kajian pustaka. Maka dari itu, lakukan riset sebaik mungkin. Gunakan sumber-sumber yang kredibel untuk mendapatkan data yang kamu inginkan, mulai dari artikel jurnal, buku teks, data institusi tertentu, hingga berita.

Kemudian, satu hal yang harus kamu ingat adalah, kamu harus mencantumkan sumber tulisanmu dengan baik. Hal ini tentu berguna untuk menghindari plagiarisme.

Dalam menulis akademis, cobalah untuk objektif. Jangan memasukkan opini pribadimu ke dalam tulisanmu. Cobalah untuk berargumen berdasarkan fakta.

Usahakan singkat tapi padat

Tak perlu banyak kata-kata berbunga di tulisan akademismu. Kamu harus berfokus pada argumen utamamu. Kemudian, sampaikan argumenmu dengan disertai bukti yang kuat.

Suatu tulisan akademis haruslah informatif dan tidak membingungkan. Lalu, tulisan akademis juga harus bisa membuat tulisanmu itu mudah dimengerti oleh orang lain.

Baca ulang dan sunting

Tips menulis akademis
Sumber: ragan.com

Ketika kamu sudah menyelesaikan risetmu dan menuliskannya, maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membaca ulang tulisanmu itu. Pastikan bahwa seluruh komponen dalam tulisanmu telah terpenuhi.

Mulai dari kekuatan argumen, hingga penulisan, seperti grammar tulisanmu. Cek tulisanmu dengan baik untuk menghindari kesalahan. Tentu kamu pasti ingin mendapatkan nilai terbaik, bukan?

Itulah sejumlah tips menulis akademis yang bisa kamu terapkan. Kamu juga bisa membaca tentang Jstor, sumber jurnal-jurnal tua yang tetap kredibel hingga sekarang.

For Your Information

Mengapa menulis akademis itu penting?

Karena menulis akdemis merupakan salah satu komponen penting dalam penilaian di masa perkuliahanmu.

Haruskah saya memasukkan pendapat pribadi dalam tulisan akademis?

Ketika menulis akademis, kamu tidak dapat menuliskan pendapat pribadimu.

Bagaimana cara menulis akademis yang baik?

Kamu bisa membaca tips lengkapnya di artikel ini.