fbpx

RVC, University of London: Sekolah Kedokteran Hewan Terbaik di Dunia

Pada abad ke-18, profesi dokter hewan telah mulai dikenal di Inggris. Hal ini pada akhirnya mendorong pendirian satu sekolah kedokteran hewan pada tahun 1791. Akhirnya, The Royal Veterinary College (RVC) menjadi sekolah kedokteran hewan pertama di dunia. Dengan bertambahnya usia, ternyata RVC juga berhasil menjadi sekolah kedokteran hewan terbaik di dunia.

Megapa RVC menjadi unik?

RVC - Kedokteran Hewan Terbaik Dunia
Sumber: rvc.ac.uk

Sebagai salah satu institusi kedokteran hewa tertua di dunia, RVC telah berhasil menunjukkan kualitas pendidikan yang mumpuni. Tak heran apabila RVC berhasil menduduki peringkat pertama untuk sekolah kedokteran hewan terbaik versi QS World University Rankings 2019.

Lulusan-lulusan dari RVC nantinya mendapat kesempatan untuk berkarir di Queen Mother Hospital for Animals, rumah sakit hewan terbesar di Eropa. Selain sebagai dokter hewan, para lulusan dari RVC juga dapat berkarir sebagai peneliti, perawat hewan, dan juga pemimpin di industri maupun pemerintahan.

Sekilas tentang sejarah RVC

Pada musim pacuan kuda pada tahun 1769 dan 1770, seekor kuda beranama Eclipse berhasil mendominasi permainan. Kemudian, pada tahun 1770, Eclipse pensiun dan meninggal pada tahun 1798.

Kala itu, para ahli hewan dibutuhkan untuk mengetahui apa penyebab kematian Eclipse dan rahasianya memenangi sejumlah permainan dengan gemilang. Charles Benoit Vial de St Bel merupakan satu-satunya dokter hewan waktu itu yang mendapatkan dukungan untuk mendirikan sekolah kedokteran hewan. Hingga akhirnya, RVC pun hadir sebagai jawaban.

Setidaknya terdapat tiga kajian yang dapat kamu dalami ketika berkuliah di RVC, yakni kedokteran hewan, keperawatan hewan, dan biosains.

Perkuliahan di RVC, Sekolah Kedokteran Hewan Terbaik Dunia

RVC - Kedokteran Hewan Terbaik dunia
Sumber: twitter.com

RVC memiliki dua kampus, yang pertama berada di pusat kota London da satunya lagi berada di Hertfordshire. Akan tetapi, kamu tak perlu khawatir karena kampus RVC sangatlah mudah dijangkau dengan transportasi yang ada.

Sejak tahun 1971, para mahasiswa asing telah diterima dengan terbuka di RVC. Apalagi, pendiri dari RVC sendiri pada dasarnya bukanlah orang Inggris. Maka, kamu tidak perlu takut apabila ingin berkuliah di universitas ini.

Untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa, RVC menawarkan berbagai bentuk perkuliah, mulai dari jenjang S1 maupun S2 dengan skema riset atau full-time taught. Tak hanya itu, ada juga short courses yang ditawarkan apabila kamu penasaran dengan universitas yang satu ini.

Sebagai sekolah kedokteran hewan terbaik di dunia, RVC berhasil mendapatkan akreditasi penuh dari European Association of Establishments for Veterinary Education (EAEVE) dan American Veterinary Medical Association (AVMA). Dengan demikian, RVC adalah sekolah kedokteran hewan pertama yang mendapatkan akreditasi tersebut.

Dengan kualitas pendidikan yang terjamin, maka sangatlah tepat apabila kamu memilih RVC sebagai universitas tujuanmu untuk mendalami kedokteran hewan. Apalagi, London telah menjadi kota pelajar terbaik selama beberapa tahun terakhir. Kota yang sangat multikultur tersebut, akan menawarkan pengalaman yang tak terkira bagimu.

Dengan semakin meningkatnya akan kebutuhan dokter hewan, tak heran apabila pendalaman akademis ilmu ini menjadi penting. Bagaimanapun, para hewan yang ada di sekitar kita juga membutuhkan kita.

Baca juga University of Santo Tomas, Universitas Tertua di Asia

Ingin mengetahui cerita lain di London?