fbpx

Rekomendasi Buku untuk yang Ingin Mendalami Sosiologi dari Awal

Sosiologi merupakan salah satu rumpun ilmu sosial yang mendalami bagaimana interaksi yang terjadi antar manusia. Ilmu ini begitu dekat dengan kita karena memang membahas isu-isu sosial yang langsung berdampak pada kehidupan kita. Lalu, apakah kamu tertarik untuk mempelajari ilmu ini? Hitung-hitung, sebagai bentuk persiapan apabila kamu ingin meneruskan kuliah di jurusan ini, maka kami sajikan rekomendasi buku sosiologi bagi kamu yang ingin mempelajarinya.

“You can never really understand an individual unless you also understand the society, historical time period in which they live, personal troubles, and social issues.” — C. Wright Mills.

The Sociology Book: Big Ideas Simply Explained – DK Publishing

Rekomendasi buku sosiologi - The Sociology Book
Sumber: id.carrousels.com

The Sociology Book: Big Ideas Simply Explained merupakan seri Big Ideas Simply Explained yang diterbitkan oleh DK Publishing. Sebagai pembaca pemula, maka buku ini menjadi menarik untuk kamu baca karena kamu bisa mendapatkan buku yang memiliki grafis yang cantik disertai dengan teks yang informatif. Berhubung banyak sekali grafis, kamu tidak perlu khawatir buku ini akan menjadi text book yang membosankan

Pembahasan dalam buku ini akan menjadi sangat mendasar. Mulai dari pembahasan asal mula munculnya sosiologi, ketidaksetaraan sosial, kehidupan modern, hidup di dunia goba, kebudayaan dan identitas, kerja dan konsumerisme, peran dari institusi, keluarga, dan lainnya. Dengan demikian, kamu bisa mulai mempelajari sosiologi dengan mudah apabila membaca buku ini.

A General View of Positivism – Auguste Comte

Rekomendasi buku sosiologi - A General View of Positivism
Sumber: booktopia.co.au

Dalam A General view of Positivism ini, Auguste Comte memberikan pandangannya mengenai sebuah filsafat sosial yang dikenal sebagai positivisme. Dalam buku ini jugalah, pertama kalinya terminologi “sosiologi” sebagai ilmu digunakan. Hal ini ditujukan untuk berfokus pada perubahan serta masalah-masalah yang bersinggungan pada aturan sosial yang ada di masyarakat. 

Sejak saat itu, Auguste Comte dikenal sebagai Bapak Sosiologi dan menghasilkan the law of three stages (hukum tiga tahap), yakni (1) teologi; (2) metafisik; dan (3) positif.

The Division of Labor in Society – Emile Durkheim

Rekomendasi buku sosiologi - The Division of Labor in Society
Sumber: goodreads.com

Pada dasarnya, The Division of Labor in Society merupakan hasil disertasi dari Emile Durkheim. Buku ini termasuk salah satu karya yang mempengaruhi teori-teori sosiologi yang ada. Durkheim sendiri banyak dipengaruhi oleh pemikiran-pemikiran dari Auguste Comte.

Dalam buku ini, Durkheim menggambarkan bagaimana sebuah aturan sosial dipertahankan oleh masyarakat berdasar dua jenis solidaritas yang berbeda, yakni mekanik dan organik. Selain itu, buku ini juga menggambarkan pergeseran masyarakat dari “primitif” menuju masyarakat industri maju.

Collapse: How Societies Choose to Fail or Succeed – Jared Diamond

rekomendasi buku sosiologi - Collapse
Sumber: goodreads.com

Untuk Collapse: How Societies Choose to Fail or Succeed akan cocok bagi kamu yang ingin mempelajari isu sosiologi kontemporer. Dalam serial kedua dari Civilizations Rise and Fall karya Jared Diamond ini menampilkan pertanyaan besar, apa penyebab peradaban hebat di masa lalu hancur dan apa yang bisa kita pelajari dari takdir mereka tersebut? 

Kerusakan lingkungan. Perubahan iklim, tumbuhnya populasi secara cepat, serta pilihan-pilihan politik yang tidak bijaksana merupakan sekian faktor yang membuat peradaban tadi hancur. Masalah-masalah tersebut ternyata juga dialami oleh negara-negara di dunia sekarang, seperti yang terjadi di Rwanda, Haiti, China, ataupun Australia.

Demikianlah beberapa rekomendasi buku untuk kamu yang ingin mendalami sosiologi. Sebetulnya, masih banyak sekali buku yang berkaitan dengan sosiologi. Sebagai contoh buku-buku Manuel Castells bagi kamu yang ingin mempelajari identitas lebih jauh maupun Michel Foucault bagi kamu yang tertarik pada isu seksualitas. Semoga, rekomendasi di atas dapat membantu kamu mempelajari sosiologi lebih jauh ya, Anak Rantau.

Baca juga Apa Perbedaan dari Jurusan Sosiologi dan Pekerja Sosial?

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?