fbpx

Mengulas Jurusan Sastra Anak yang Bukan Hanya Tentang Sastra

Secara sederhana, sastra anak adalah kayasastra yang dibuat untuk anak-anak. Biasanya, apabila kita membicarakan karya fiksi seperti novel, sastra anak akan lebih banyak menggabungkan teks dengan ilustrasi. Hal ini dimaksudkan supaya anak lebih mudah mencerna cerita yang disajikan. Lalu, apa sih yang sebetulnya dipelajari di jurusan sastra anak?

Sekilas tentang Sastra Anak

Jurusan sastra anak
Sumber: bl.uk

Apabila kamu menganggap bahwa sastra anak hanya sekadar membahas tetek-bengek dari karya sastra anak, maka kamu salah besar. Sastra anak memang akan membahas apresiasi dan komposisi dari suatu karya tertulis untuk anak, tapi juga membahas kajian mendalam mengenai literasi anak dan media pembelajaran yang dapat digunakan bagi anak.

Dapat dibilang, sastra anak atau children’s literature merupakan kajian akademis dari sastra anak. Berhubung kajian ini merupakan kajian yang multidisiplin, kebanyakan jurusan ini berada di bawah naungan fakultas sastra maupun pendidikan.

Apa yang dipelajari?

Sastra anak akan menyediakan berbagai mata kuliah yang menarik dan tidak biasa. Kamu akan belajar membaca dan menganalisis suatu karya sastra, membuat resensi buku, menulis dan menerbitkannya, dan juga mendapat pengetahuan teoretis dan praktis tentang pendekatan pedagogi untuk mengajar sastra.

Dengan menjadi lulusan sastra anak, maka kamu diharapkan memiliki kapasitas untuk mengajar anak-anak. Otomatis, kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Tidak mungkin kamu bisa mengajar tanpa memiliki kemampuan berkomunikasi, bukan? Selain itu, kemampuan berpikir kritismu juga akan semakin terasah dengan melakukan analisis teks.

Universitas yang menawarkan

Jurusan Sastra anak
University of Reading. Sumber: readingchronicles.co.uk

Sejumlah universitas di berbagai tempat telah menawarkan jurusan sastra anak, contohnya adalah University of Reading dan University of Glasgow. Program master Children’s Literature di University of Reading merupakan salah satu jurusan sastra anak tertua di dunia. Dengan berkuliah di jurusan ini, maka kamu bisa mendapatkan pendekatan serta sejarah dari sastra anak itu sendiri.

Untuk University of Glasgow, program studi yang ditawarkan adalah Children’s Literature, Media and CultureProgram perkuliahan dua tahun ini akan mengaak kamu mempelajari interaksi antara anak, teks, dan juga media.

Kehidupan setelah lulus kuliah

Pada dasarnya, lulusan sastra anak dapat berkarir di berbagai bidang karena jurusan ini bersifat interdisiplin. Beberapa orang memilih untuk menjadi guru karena memang tujuan dari jurusan ini adalah di bidang pendidikan.

Akan tetapi, kamu juga bisa berkarir di dunia penerbitan, khususnya penerbit buku anak. Kamu bisa menjadi penulis maupun editor. Dengan pengetahuan yang kamu miliki, kamu akan lebih sensitif terhadap karya-karya yang disajikan. Kemudian, ada pula yang memutuskan untuk menjadi seorang pustakawan.

Sastra anak memang merupakan jurusan yang unik. Jadi, tak heran apabila kamu menjadi lulusan jurusan ini, akan ada bidang pekerjaan spesifik yang membutuhkanmu.

Baca juga Universitas di Jerman ini Tawarkan Jurusan Filsafat Terbaik

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?