fbpx

Mengenal Para Ilmuan yang Menempuh Pendidikan di Oxbridge

Oxbridge dikenal telah mengasilkan para ilmuan dan juga akademisi yang dapat mengubah dunia. Mereka memiliki pengaruh masin-masing di bidangnya. Berikut merupakan para ilmuan yang menempuh pendidikan di Oxbridge.

1. Albert Einstein, Teori Relativitas

anakrantau-ilmuan-lulusan-oxbridge.jpg
Sumber: idntimes.com

Tampaknya, tak ada pelajar di dunia yang tidak mengenal sosok Albert Einstein. Pada tahun 1930-an, Einstein menempuh pendidikannya di Christ Church College beberapa waktu sebelum berpindah ke Amerika Serikat.

Ia dianugerahi penghargaan ‘Person of the Century’ oleh Majalah Time karena penemuan Teori Relativitas-nya berhasil merevolusi fisika yang kita pelajari hingga sekarang.

2. Adam Smith – Invisible Hand

anakrantau-ilmuan-menempuh-pendidikan-oxbridge.jpg
Sumber: dictio.id

Adam Smith menempuh pendidikan di Balliol College (1740-1746) melalui the Snell Fellowship.  Ia merupakan seorang ahli ekonomi dan tokoh terkenal selama masa Scottish Englightenment. Salah satu teorinya yang terkenal di bidang ekonomi adalah invisible hand.

Terminologi invisible hand merujuk pada metafora untuk bagaimana, dalam ekonomi pasar bebas, kepentingan individu dapat berjalan melalui sistem ketergantungan yang pada akhirnya dapat menguntungkan masyarakat secara luas.

3. John Locke – Teori Kontrak Sosial

anakrantau-ilmuan-menempuh-pendidikan-oxbridge-2
Sumber: history.com

John Locke merupakan seorang pemikir yang sering dikenal sebagai Father of Liberalism. Gagasan yang ia meiki begitu banyak, mulai dari kontrak sosial, natural rights, labor theory, hingga teori kesadaran.

Locke menempuh pendidikan sarjananya pada tahun 1652 di Christ Church, Oxford. Kala itu, ia mengambil kedokteran sebagai jenjang yang ia dalami. Selama masa kuliah, Locke banyak bekerja dengan banyak ilmuan dan pemikir terkenal seperti Robert Boyle, Thomas Willist, Robert Hooke, dan Richard Lower.

4. Niels Bohr – Struktur Atom dan Teori Kuantum

anakrantau-ilmuan-menempuh-pendidikan-oxbridge-3.jpeg
Niels Bohr dan Max Planc. Sumber: forfun.com

Pada tahun 1922, Niels Bohr berhasil mendapatkan Pernghargaan Nobel di Bidang Fisika karena berhasil memberikan kontribusi untuk memahami struktur atom dan teori kuantum

Pada tahun 1911, Bohr mendapatkan fellowship dari Carlsberg Founddation untuk pergi ke Inggris. Di sinilah kebanyakan karya teoretis mengenai struktur atom dan molekul digarap oleh Bohr. Di sinilah dia bertemu dengan J.J. Thomson dari Cavedish Laboratory dan Trinity College, Cambridge.

5. Charles Darwin – Teori Evolusi

anakrantau-ilmuan-menempuh-pendidikan-oxbridge-4.jpg
Sumber: thoughtco.com

Charles Darwin merupakan seorang naturalis, geologis, dan juga biologis. Ia dikenal atas kontribusinya terhadap ilmu evolusi. Mulanya, Darwin menempuh pendidikan kedokteran di University of Edinburgh, akan tetapi kemudian ia lebih tertarik untuk menginvestigasi intervetrabra laut. Menempuh pendidikan di University of Cambridge membuat Darwin menemukan passion-nya di ilmu alam.

Itulah beberapa alumni dari Oxbridge yang berhasil menghasikan pengaruhnya di bidang masing-masing. Selain nama-nama di atas, ada juga nama-nama alumni lain di bidang sastra seperti Oscar Wilde, Lewis Carroll, C.S. Lewis, dan Vladimir Nabokow. Nama-nama di bidang politik pun juga begitu banyak. Tony Blair, Benazir Bhutto, John Lionel Kotelawala, Lee Kuan Yew, dan Jawaharlal Nehru merupakan beberapa di antaranya.

Memang tidak dapat dipungkiri bukan kualiitas pendidikan dari Oxbridge ini, Anak Rantau?

Baca juga 5 Pemikir yang Jadikan Paris sebagai Tempat Tinggal.

Ingin mengetahui cerita lain di London?