fbpx

Mengenal Jurnal Ilmu Sosial yang Pasti Kamu Perlukan

Ketika kita akan menulis akademis, maka jelas bahwa kamu membutuhkan bahan bacaan yang kredibel. Sumber bacaan utama yang dapat kamu manfaatkan adalah artikel jurnal. Nah, apabila kamu adalah mahasiswa–atau calon mahasiswa–ilmu sosial, berikut jurnal-jurnal yang dapat kamu manfaatkan.

International Organization

Jurnal ilmu sosial - International Organization
Sumber: cambridge.rog

Salah satu jurnal yang dipakai oleh mahasiswa ilmu sosial, khususnya anak-anak hubungan internasional adalah International Organization. Robert O. Keohane merupakan salah satu penulis HI yang mumpuni. Ia mendorong para peneliti muda untuk ikut berkontribusi untuk penulisan jurnal di International Organization dengan membuat penghargaan bagi artikel jurnal terbaik.

Jurnal yang satu ini melingkupi banyak sekali pembahasan dalam HI, mulai dari kebijakan luar negeri, kebijakan keamanan, isu lingkungan, integrasi Eropa, pola alinasi dan perang, resolusi konflik, pembangunan ekonomi, dan juga gerakan modal internasional.

Citizenship Studies

Jurnal ilmu sosial - Citizenship Studies
Sumber: tandfonline.com

Isu kewarganegaraan dewasa ini telah menjadi salah satu isu yang banyak dibahas. Maka dari itu, Citizensip Studies menjadi salah satu jurnal rujukan yang penting. Dalam Citizenship Studies, artikel jurnal di dalamnya akan membahas diskursus dan praktik dari kewarganageraan sebagai objek pertanyaan kritis.

Citizenship Studies akan sangat cocok digunakan oleh anak-anak jurusan HI, antropologi, geografi, sejarah, politik, dan juga ekonomi. Dengan demikian, kajian kewarganegaraan pada dasarnya merupakan kajian yang sangat interdisiplin.

World Politics

Sumber: cambridge.org

Jurnal World Politics telah ada sejak tahun 1948 dan merupakan salah satu jurnal politik internasional yang paling disegani. Isu-isu yang dibahas dalam World Politics lebih banyak berhubungan dengan hubungan internasional dan perbandingan politik.

Salah satu artikel jurnal yang paling banyak dibaca dari jurnal World Politics adalah, The Political Representation of Economic Interests: Subversion of Democracy or Middle-Class Supremacy? oleh Mads Andreas Elkjaer dan Torben Iversen.

Social Policy

Jurnal ilmu sosial - Journal of Social Policy
Sumber: cambridge.org

Jurnal Social Policy hadir untuk membahas seluruh aspek kebijakan sosial dalam konteks internasional. Dalam jurnal ini, kamu akan banyak menemukan perdebatan mengenai arah dari kebijakan sosial di masa depan, menampilkan data empiris terbaru, memperbarui teori, hingga menganalisis isu-isu dalam pembuatan dan penerapan kebijakan sosial.

Artikel jurnal yang paling banyak dibaca dari Social Policy adalah Institutional Racism and Ethnic Inequalities: An Expanded Multilevel Framework yang dibuat oleh Coretta Phillips.

Journal of Southeast Asian Studies

Sumber: cambridge.org

Jurnal yang satu ini pada dasarnya diterbitkan oleh National University of Singapore (NUS). Tentu, jurnal yang satu ini akan membahas isu-isu yang berkembang di negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Brunei, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Timor Leste.

Southeast Asian Studies akan membahas banyak sekali disiplin akademis. Yang pasti, jurnal ini ditujukan untuk juga mudah dibaca bagi para non ahli.

Itulah sejumlah jurnal di bidang ilmu sosial yang bisa kamu manfaatkan. Kelima jurnal ini punya ciri khas masing-masing dan dapat kamu pelajari sesuai dengan jurusan yang kamu ambil.

Kamu juga bisa membaca tentang preferensi pemilihan buku fisik dengan ebook di kalangan mahasiswa.

For Your Information

Apa sumber bacaan yang paling kredibel untuk menulis akademis?

Salah satu sumber bacaan yang kredibel untuk menulis akademis adalah artikel jurnal.

Apakah jurnal akademis mudah diakses?

Biasanya, pihak universitas akan memberi kamu akses terhadap sejumlah penyedia jurnal akademis yang telah mereka langgan.

Apa saja jurnal yang dibutuhkan oleh mahasiswa ilmu sosial?

Kamu bisa membaca daftarnya di artikel ini.

Related Article