fbpx

Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Kuliah Jurnalistik

Berkarir di dunia media merupakan tujuan karier bagi orang-orang yang memilih berkuliah di jurusan jurnalistik. Biasanya, jurusan ini berada di bawah naungan Departemen Ilmu Komunikasi. Meski demikian, ada banyak lho keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan kuliah di jurusan jurnalistik. Berikut beberapa di antaranya:

Lapangan pekerjaan yang beragam

Keuntungan jurusan jurnalistik
Sumber: ijnet.org

Meskipun biasanya tujuan karier dari para lulusan jurnalistik adalah berkarir di dunia media, ternyata banyak sekali lapangan pekerjaan yang bisa kamu ambil. Kamu bisa mencoba berkarir di rumah produksi perfilman, konsultan humas, maupun perusaan pemasaran dan periklanan. Yang terpenting, pekerjaan tersebut berhubungan dengan bagaimana kamu berhubungan dengan orang lain melalui lisan ataupun tulisan.

Kesempatan untuk travelling

Kerja seorang jurnalis tak cukup berada di satu tempat saja. Kerap kali,kamu butuh melakukan beberapa perjalanan langsung ke lapangan. Hal ini tentunya memberikan kamu kesempatan untuk travelling ke berbagai tempat di dunia.

Kemudian, tidak hanya ketika sudah bekerja, pada saat kamu menempuh jurusan ini pun, kamu juga pasti mendapatkan sejumlah tugas untuk melakukan liputan atau semacamnya. Tugas tersebut pada akhirnya juga memberikan kesempatan bagimu untuk menjelejahi tempat baru sesuai dengan topik yang kamu angkat.

Memiliki skill yang beragam

Keuntungan jurusan jurnalistik
Sumber: cjr.org

Ketika kamu memilih untuk berkuliah di jurusan ini, akan banyak sekali skill yang kamu asah. Mulai dari kemampuan berkomunikasi baik secara tertulis maupun lisan, kemampuan melakukan wawancara, hingga kemampuan yang berhubungan dengan teknologi informasi dan teknis.

Lalu, dengan begitu banyaknya tugas yang harus kamu selesaikan, kamu akan terbiasa dengan tenggat waktu yang padat dan juga pengaturan waktu yang tepat. Maka dari itu, kemampuan untuk dapat bekerja antar tim juga bisa kamu kembangkan selama berkuliah di jurusan ini.

Terakhir adalah tentang media sosial. Dengan semakin tinggiya penggunaan media sosial sebagai salah satu media informasi, para lulusan jurnalistik juga diharapkan memiliki kemampuan untuk cakap mengelola media sosial.

Pada dasarnya, jurusan jurnalistik hadir untuk mencetak orang-orang yang mampu memberikan infromasi yang dapat dipercaya untuk kemudian dijadikan pertimbangan untuk pengambilan keputusan.

LSE - Keuntungan jurusan jurnalistik
Sumber: ft.com

Salah satu kampus terbaik bagi kamu yang ingin kuliah di jurusan ini adalah London School of Economics and Political Science (LSE). Pada tahun 2019, berdasarkan QS World University Rankings 2019 by Subject, LSE berhasil menduduki posisi pertama di Inggris dan ketiga di dunia.

Kampus yang satu ini cukup unik karena fokus di jenjang pasca sarajana. Ada beberapa pilihan program studi yang ditawarkan oleh LSE, yakni Komunikasi dan Media Global; Media, Komunikasi dan Pembangunan; serta Politik dan Komunikasi.

Bagi Departemen Media dan Komunikasi, LSE, perubahan yang terjadi dalam dunia media dan komunikasi akan membentuk dan dibentuk oleh perkembangan sosio-teknis, politik-ekonomi, budaya, dan juga sejarah.

Yaa, itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila memilih jurnalistik sebagai jurusan kuliah. Tertarik untuk memilih jurusan yang satu ini?

Baca juga Jurusan Manajemen Informasi dan Perpustakaan Terbaik ada di Kanada

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?