fbpx

Kelulusan Mahasiswa Kedokteran Columbia University Dipercepat

Kelulusan mahasiswa kedokteran tingkat akhir di Columbia University Vagelos College of Physicians and Surgeons (VP&S) akan dipercepat satu bulan. Kemudian, para lulusan kedokteran Columbia ini akan ditawari pekerjaan sementara di New York-Presbyterian Hospital untuk menangani pandemi COVID-19. Mulanya, para mahasiswa ini akan diluluskan pada 20 Mei, akan tetapi kemudian dipercepat menjadi pada 15 April.

Meningkatnya kebutuhan akan tenaga kesehatan

Dengan jumlah kasus COVID-19 yang terus meningkat, tak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan akan tenaga kesehatan terus meningkat. Sejumlah rumah sakit di sejumlah negara mulai kewalahan untuk menangani para pasien. Jumlah kasus yang terkonfirmasi di New York terus meningkat tiap harinya.

Maka dari itu, pada akhirnya pihak Columbia University mengingatkan mahasiswanya bahwa pada saat ini peran mereka lah sangat dibutuhkan. Keadaan yang begitu kritis dan penting ini membuat Columbia University memutuskan untuk mempercepat kelulusan para mahasiswa tahun akhir VP&S. Ya, kelulusan para mahasiswa kedokteran itu akhirnya dipercepat satu bulan.

Harapannya, keberadaan para lulusan kedokteran ini bisa membantu menangani pandemi COVID-19.

New York University mengambil langkah yang sama

Kelulusan mahasiswa kedokteran New York University dipercepat
Sumber: med.nyu.edu

“Saya adalah seorang New Yorker dan ini adalah lingkungan saya. Ketika lingkungan saya tersakiti, maka saya akan maju,” ujar Gaby Mayer, salah seorang mahasiswa kedokteran New York University (NYU).

Gaby Mayer merupakan salah seorang mahasiswa kedokteran NYU yang secara sukarela untuk lulus lebih cepat dan terjun untuk bekerja di tengah pandemi COVID-19.

“Mereka memang sebentar lagi lulus, jadi pada dasarnya mereka telah terlatih dan bisa menjadi solusi akan krisis yang sedang kita hadapi ini,” terang Dr. Linda Tewksbury, Wakil Dekan Urusan Mahasiswa di NYU School of Medicine.

Menurut Dr. Linda Tewksbury, dari 122 mahasiswa, ada sekitar 70 orang yang bersedia untuk lulus lebih cepat. Pilihan untuk lulus lebih cepat ini juga sekaligus menanggapi seruan pemerintah setempat bahwa memang kebutuhan akan tenaga kesehatan seperti dokter meningkat di New York.

Mulanya, para mahasiswa kedokteran NYU ini akan diluluskan pada 20 Mei. Akan tetapi, untuk memenuhi kebutuhan, pada akhirnya mereka yang bersedia untuk lulus lebih cepat akan diluluskan pada 1 April.

Dengan keadaan seperti ini, memang keputusan untuk mempercepat kelulusan mahasiswa kedokteran menjadi solusi yang tepat. Apalagi, para tenaga kesehatan ini menjadi garda terdepan untuk menghadapi COVID-19. Tidak dapat dipungkiri pula bahwa banyak rumah sakit yang kekurangan tenaga kesehatan.

Pada dasarnya, semua pihak memang terdampak akan COVID-19 ini, mulai dari para pelajar hingga para ilmuwan. Sebaiknya, kita tetap terus menjaga kesehatan dan lakukan social distancing. Tetap semangat ya, Kawan Rantau!

For Your Information

Mengapa kelulusan para mahasiswa kedokteran dipercepat?

Hal ini menyusul semakin dibutuhkannya tenaga kesehatan seperti dokter di rumah sakit untuk menangani pandemi COVID-19.

Mengapa para mahasiswa kedokteran ini bersedia untuk lulus lebih cepat?

“Saya adalah seorang New Yorker dan ini adalah lingkungan saya. Ketika lingkungan saya tersakiti, maka saya akan maju,” ujar Gaby Mayer, salah seorang mahasiswa kedokteran New York University (NYU).
Gaby Mayer merupakan salah seorang mahasiswa kedokteran NYU yang secara sukarela untuk lulus lebih cepat dan terjun untuk bekerja di tengah pandemi COVID-19.

Apa langkah selanjutnya dari para mahasiswa kedokteran yang lulus lebih cepat?

Silakan baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di New York?